Film Pendek Karya Moluccas Entertainment Lestarikan Budaya Maluku

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 September 2022 - 16:05 WIB

Film Pendek Karya Moluccas Entertainment Lestarikan Budaya Maluku
Film Pendek Karya Moluccas Entertainment Lestarikan Budaya Maluku

INDUSTRY.co.id - Ambon- - Moluccas Entertainment rumah produksi film, musik dan hiburan bermarkas di Jakarta, memulai produksi bidang audio visual dalam penggarapan film pendek.

Moluccas Entertainment berkolaborasi dengan Badan Pelestarian Nilai Budaya Maluku, wujudkan program pelestarian budaya melalui produksi empat film pendek bertema kearifan budaya lokal.

Direktur Molucas Entertainment Icha Anggraeni mengatakan "Selain hiburan, film juga mampu menjadi media kampanye mengajak banyak orang ikut serta  pelestarian tradisi dan budaya yang mampu menggugah serta menginspirasi masyarakat," ujarnya kepada awak media, Sabtu, (10/9/2022).

Tujuannya untuk ikut serta peduli lingkungan, film ini juga mampu  mengedukasi publik dengan memuat realita dan memasukkan informasi serta pesan positif didalamnya. 

Empat film pendek yang sedang digarap Moluccas Entertainment berjudul:  Lemong Nipis, Tampa Garam, Kewang Kecil dan Marthafonds.

"Kami berharap produksi film bertajuk "Kewang kecil" ini mampu menjadi partisipasi kami untuk ikut peduli melestarikan lingkungan dengan mendokumentasikan dan memperkenalkan kepada dunia sebagai salah satu kekayan alam Indonesia," ungkap Icha, yang bertindak selaku Produser selama shooting di Maluku Ambon.

Harapannya film ini nantinya bisa menjadi salah satu arsip budaya non benda dapat disaksikan oleh generasi kedepannya.

Lebih lanjut Icha menambahkan "Seperti kita ketahui bahwa wilayah Indonesia sangatlah luas dan kaya dimana Indonesia memiliki beragam suku serta budaya yang berbeda termasuk permainan anak nusantara yang beragam yang tumbuh disetiap wilayah di tanah Air ini,"

Salah satu adalah film bertajuk "Lemong Nipis" salah satu permainan yang berasal dari Maluku yg mungkin juga kita kenal dengan permainan Ular naga.

Banyak hal positif yang dapat kita ambil dari berbagai permainan Nusantara ini termasuk mampu mengasah motorik anak, mengajarkan sportifitas dan kerjasama.

Hal ini menarik untuk kita coba kemas dalam bentuk film dokumenter dimana pada nantinya film ini mampu menjadi sumber informasi dan pembelajaran bagi anak anak dan generasi mendatang tentang budaya dan permainan anak Nusantara.

Senada dengan Icha Komisaris PT Tara Sinergy Multimedia (Molucass Entertainment) Yopi Izaac Mengatakan,  "Orang Maluku punya banyak adat istiadat  budaya lokal warisan nenek moyang kami, tentunya harus dilestarikan kepada generasi muda. Hal itulah memotivasi kami untuk diangkat dalam film pendek," jelasnya.

 

Moluccas Entertainmnet memulai produksi film pendeknya, mengambil lokasi shooting di kawasan Maluku dengan pemandangan eksotiknya.

"Kami juga melibatkan Aufa Assegaf aktor asli Maluku yang berpengalaman dalam pembuatan film Cahaya Dari Timur, ungkap Yopi Izaac

"Masing-masing film pendek itu memiliki tema berbeda berisi pesan moral tradisi budaya lokal serta diperankan oleh anak-anak muda Maluku," ujar Yopi.

Sala satu aktornya adalah Aufa Assegaf, pernah membintangi film Cahaya Dari Timur, menjadi pemeran Wandi di film Tampa Garam.

Dengan lawan main Muhammad Haickal Reniurwarin, seorang youtuber menjadi driver ojek di kawasan Buton.

Sebanyak 25 remaja asal Maluku terlibat menjadi talent dalam pembuatan film pendek ini.

"Diharapkan film pendek yang kami produksi menjadikan pelestarian budaya Maluku serta dapat memetik pelajaran dan motivasi bagi anak-anak muda," pungkas Yop

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…