123 Judul Film akan Dinilai Dalam Festival Film Wartawan Indonesia

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 10 September 2022 - 12:44 WIB

Festival Film Wartawan Indonesia
Festival Film Wartawan Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII Tahun 2022 akan diikuti oleh 123 judul film.   Penjurian dilakukan dalam dua tahap, yakni  oleh Panitia dan Dewan Juri.  Panita akan menyeleksi  film yang telah ditayangkan mulai tanggal 1 Sepember 2021  hingga 30 September 2022 di bioskop dan OTT (Over The Top).

Dalam catatan wartawan budaya  Eddie Karsito, Pada tahap pertama,  penilaian akan dilakukan oleh  Dewan Juri Awal, yang  terdiri dari 31 wartawan dari  beberapa kota di Indonesia. Dewan Juri Awal diketuai Irawan Kintoko dan sekretaris Ratih Nugraini.

Dewan Juri awal akan menentukan unggulan dari empat genre film yakni Komedi, Drama, Laga dan Horor. Hasil unggulan akan diumumkan pada medio Oktobet 2022, yakni antara tanggal 15 sampai dengan 20 Oktober 2022.

Hasil unggulan penilian Juri Awal, kemudian  akan dinilai  kembali untuk menentukan pemenang oleh Dewan Juri Akhir yang  terdiri dari 9 wartawan.

Dewan Juri Akhir diketuai Hilmi Faiq dan sekretaris dr. Daniel Irawan, akan menentukan  9 kategori pemenang  dari masing-masing genre, yakni Aktor dan Aktris Utama, Aktor dan Aktris Pendukung, Penulis Skenario, Penyunting/Editor, DOP/Penata Kamera, Sutradara, dan Film Terbaik. 

Dan  kepada masing-masing  pemenang akan diberikan Piala Gunungan. Pemenang FFWI akan diumumkan pada acara Puncak FFWI yang diselenggarakan pada 28 Oktober 2022.

    Demikian rilis yang dikeluarkan Panitia FFWI 2022 pada Jumat, 9 September 2022, di Jakarta.

    Ketua Bidang Penjurian FFWI 2022, Yan Widjaya, menerangkan,  sebenarnya dalam rentang waktu 1 Sepember 2021  hingga 30 September 2022 terdapat 124 judul film  Indonesaia yang  menayang.

Masing-masing terdiri dari 98 film tayang di bioskop, dan 26 film di OTT.

     “Sementara  itu, satu film berjudul “Pesantren”  yang diproduksi Negeri Film, dan disutradarai Salahudin Siregar, ternyata batal tayang karena kendala teknis. Film itu sebetulnya sudah dijadwal tayang di bioskop pada 4 Agustus lalu,” kata Yan Widjaya.

Demikian pula film superhero “Sri Asih” tidak bisa dinilai dalam FFWI tahun ini, karena baru akan tayang di bioskop pada tanggal 6 Oktober 2022, sementara batas tayang film bioskop yang disyaratkan FFWI sampai dengan tanggal  30 September 2022. Dengan begitu  ‘Sri Asih’ bakal dinilai  FFWI tahun depan. 

    Ragam Produksi Film Meningkat

 

Panitia FFWI mengelompokan 123 judul film menjadi empat genre,  yakni  Drama, Komedi, Horor dan Laga.  Menurut Yan, banyak hal menggembirakan dari perkembangan produksi film Indonesia. Contohnya, meski masa pandemi yang belum  sepenuhnya surut, jumlah film laga yang diproduksi pada tahun 2022 meningkat sampai dua kali lipat dibanding tahun lalu.

Yan menyebut film laga  tersebut antara lain adalah “Mencuri Raden Saleh”, “Gatot Kaca”,  dan “Ben & Jody ”.

Selain itu, tahun ini beberapa film daerah juga masuk penilaian, walaupun film-film tersebut ada yang tidak tayang di Jakarta.   Misalnya  film “Before, Now & Then (Nana)”  yang berbahasa Sunda  dan tayang di OTT sejak  awal Agustus. Demikian juga film produksi dari daerah Sulawesi Selatan.

Sedangkan  film “Lara Ati” yang full berbahasa Jawa tayang di bioskop Jakarta mulai 15 September 2022.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:17 WIB

Upacara Hari Bakti PUPR ke-77, Menteri Basuki: Jaga Kepercayaan Publik dan Kredibilitas

Dalam rangka memperingati Hari Bakti PUPR ke-77, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77 dengan tema, “77…

Minyak makan merah

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:00 WIB

MenKopUKM Pastikan Pabrik Minyak Makan Merah di Sumut Bakal Beroperasi Awal Tahun

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) memastikan kesiapan pabrik minyak makan merah di Deli Serdang, Sumatera Utara, yang direncanakan akan beroperasi pada awal 2023.

Founder Helwa Beautycare Nabila Attamimi

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:00 WIB

Helwa Beautycare Berikan Apresiasi Khusus Bagi Pelanggan Setianya

Saat ini skincare menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama yang peduli dengan kecantikan dan perawatan. Selain itu, skincare juga sudah menjadi gaya hidup yang menunjang…

Ilustrasi jantung

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:34 WIB

Elixir Medical Corporation Perkenalkan Teknologi Baru Perawatan Jantung di ISICAM 2022

Bioadaptor adalah teknologi terbaru dalam pengobatan penyakit jantung koroner yang dikembangkan dan diproduksi oleh Elixir Medical Corporation, sebuah perusahaan teknologi medis yang berbasis…

Menteri BUMN Erick Thohir bersilaturahim bersama tokoh dan sesepuh Jawa Barat

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:27 WIB

Silaturahmi dengan Tokoh Sunda, Erick Thohir: Ini Saya Pulang Kampung

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku selalu gembira saat berkunjung ke Jawa Barat (Jabar). Ia merasa seperti pulang kampung mengingat sang ibu berasal dari Kadipaten,…