Menperin Agus Siapkan BBSPJIA Pacu Pertumbuhan Industri Agro Indonesia

Oleh : Hariyanto | Minggu, 04 September 2022 - 19:22 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus meningkatkan mutu pelayanan kepada sektor industri, termasuk dalam hal jasa pengujian. Di tengah dinamika situasi global, Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa yang dimiliki Kemenperin meningkatkan perannya dalam mendukung kekuatan sektor manufaktur di Indonesia.

“Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Agro (BBSPJIA) adalah salah satu balai besar yang dimiliki Kemenperin. Perannya menjadi sangat penting di kala terjadi dinamika global yang juga berdampak bagi Indonesia, yaitu food security. Karenanya, BBSPJIA perlu ikut berkontribusi dalam mitigasi ketahanan pangan,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat meninjau BBSPJIA di Bogor, Kamis (1/9/2022).

Subsektor industri agro merupakan salah satu kontributor terbesar terhadap PDB manufaktur, termasuk di dalamnya industri makanan dan minuman. Pada triwulan II – 2022, industri makanan dan minuman tumbuh 3,68% (yoy) dan memberikan kontribusi 38,38% bagi PDB industri pengolahan nonmigas, terbesar dibandingkan subsektor industri lainnya.

“Ke depan, kondisi global akibat dampak geopolitik Rusia-Ukraina dan juga di wilayah lain akan semakin menimbulkan tantangan bagi sektor industri. Sehingga amat penting untuk mendorong dan menyiapkan BBSPJIA untuk dapat mendukung pertumbuhan industri agro di Indonesia,” ujar Menperin.

Menperin Agus memberikan perhatian terhadap BBSPJIA untuk menjadi lembaga pengujian terdepan dengan dukungan peralatan instrumentasi yang lengkap sehingga dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik. Saat ini, BBSPJIA didukung dengan peralatan instrumentasi yang lengkap sehingga dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik. 

Peralatan laboratorium instrumentasi seperti Liquid Chromatography Mass Spectrometry (LC MS/ MS) dan Gas Chromatography Mass Spectrometry (GC MS/ MS) sangat penting untuk mendukung pengujian halal, pengujian mikotoksin yang menjadi persyaratan SNI dan ekspor.

“Pengujian pangan merupakan layanan primadona di BBSPJIA dengan dukungan 7 (tujuh) laboratorium, 195 komoditi dan lebih dari 300 parameter menjadikan BBSPJIA Jaminan Pangan Baik Indonesia,” jelas Kepala BBSPJIA Kemenperin Siti Rohmah Siregar.

Dalam mengembangkan metode pengujian atau peningkatan kompetensi, BBSPJIA melakukan kerja sama dengan lembaga di dalam maupun luar negeri. Salah satu contohnya yaitu BBSPJIA telah menjadi bagian dalam kerjasama ARISE Plus yang merupakan Kerjasama Ekonomi Indonesia dan Uni Eropa. 

BBSPJIA juga merupakan salah satu anggota Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia (JLPPI) yang telah ditetapkan menjadi Laboratorium Rujukan Pengujian Pangan Indonesia (LRPPI) pada tanggal 10 September 2018 oleh Komisi Laboratorium Pengujian Indonesia (KLPPI) untuk ruang lingkup parameter pengujian cemaran logam berat dan mikotoksin pada bahan baku dan bahan antara pangan.

“Lebih dari seratus tahun BBSPJIA memberikan karya dan menebarkan energi positifnya bagi pembangunan industri agro tanah air khususnya industri makanan dan minuman. Saat ini BBSPJIA juga menyiapkan diri untuk mendukung implementasi Making Indonesia 4.0, terutama bagi industri makanan dam minuman yang merupakan salah satu dari tujuh industri prioritas,” jelas Kepala BBSPJIA.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…