Gandeng President University, Jababeka Morotai Berikan Beasiswa untuk 250 Anak Berprestasi dari Indonesia Timur

Oleh : Ridwan | Senin, 29 Agustus 2022 - 16:00 WIB

Tim President University saat menyaring 250 anak berprestasi penerima beasiswa dari Jababeka Morotai
Tim President University saat menyaring 250 anak berprestasi penerima beasiswa dari Jababeka Morotai

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memiliki pendidikan yang tinggi merupakan modal penting agar anak-anak muda Indonesia mempunyai daya saing di era globalisasi saat ini. Hal itu tak terkecuali bagi anak-anak yang tinggal di Indonesia Timur (Maluku, Papua, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Barat). 

Namun demikian, tak sedikit karena keterbatasan ekonomi, minimnya sarana dan prasarana, atau keadaan medan dan iklim yang ada di Indonesia Timur membuat anak-anak yang notabene berprestasi akhirnya harus menguburkan mimpinya untuk bisa bersekolah hingga pendidikan tinggi.

Melihat kondisi tersebut, salah satu anak PT Jababeka Tbk, yakni Jababeka Morotai tergerak untuk membantu. Dalam tajuk “Beasiswa Jababeka Morotai untuk 250 anak berprestasi Indonesia Timur”, Jababeka Morotai bekerjasama dengan President University memberikan beasiswa bagi 250 anak berprestasi dari Indonesia Timur untuk menempuh pendidikan Sarjana Strata 1 di President University.

Adapun Jababeka Morotai merupakan badan usaha di Pulau Morotai-Provinsi Maluku Utara yang mengembangkan dan mengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai. Di mana memiliki keunggulan geostrategis, historis dan wisata bahari dengan keindahan pantai dan bawah laut yang mempesona.

Sementara President University merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia (terakreditasi A). 

Beralamat di Kota Jababeka-Cikarang, President University memiliki keunggulan pada lingkungan penelitian dan pembelajaran internasional yang kuat. Saat ini President University memiliki empat fakultas yang dalam perkuliahannya memakai bahasa inggris, yaitu Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, dan Fakultas Humaniora.

Susan Wijaya selaku General Manager Jababeka Morotai mengungkapkan, program beasiswa hingga sarjana yang diberikan berupa beasiswa sebesar 75%, beasiswa sebesar 90% hingga beasiswa beasiswa 100%. 

Menurut Susan, seberapa besar beasiswa yang didapat oleh calon mahasiswa President University hal itu mengacu pada hasil penilaian yang dilakukan oleh tim President University saat menyaring nilai rapor SMA Kelas X dan XI, serta hasil interview secara online. 

Adapun syarat rata-rata dalam tahap penyaringan rapot, nilai pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris harus di atas 80.

“Saat ini, menurut informasi LoA (letter acceptance) yang kami dapatkan dari President University, dari 250 siswa dari Indonesia Timur yang diterima termasuk siswa dari Pulau Morotai, beasiswa yang didapat rata-rata 75 persen hingga 90 persen. Dengan total beasiswa kurang lebih Rp2,592,000,000, “ terang Susan, di Menara Batavia Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih dalam, Susan menerangkan bahwa  jurusan-jurusan yang didapat 250 peraih beasiswa adalah adalah (1) Teknik Industri, (2) Teknik Elektro, (3) Teknik Mesin, (4) Teknik Sipil, (5) Teknik Lingkungan, (6) Arsitektur, (7) Digital Agribisnis, dan (8) Design Interior. 

“Dan, beasiswa akan diberikan untuk 9 semester hingga lulus wisuda sarjana dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku,” urai Susan.

Ia pun berharap program beasiswa hasil kerja sama antara Jababeka Morotai dengan President University bisa berjalan lancar dan kelak bisa membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia Timur.

“Saya berharap semua beasiswa yang tersedia dapat dimanfaatkan oleh para anak anak dari Indonesia timur. Sehingga ilmu yang didapat nanti bisa berguna bagi kemajuan Indonesia Timur, termasuk anak-anak yang tinggal di Pulau Morotai,” tutup Susan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…