Gandeng President University, Jababeka Morotai Berikan Beasiswa untuk 250 Anak Berprestasi dari Indonesia Timur

Oleh : Ridwan | Senin, 29 Agustus 2022 - 16:00 WIB

Tim President University saat menyaring 250 anak berprestasi penerima beasiswa dari Jababeka Morotai
Tim President University saat menyaring 250 anak berprestasi penerima beasiswa dari Jababeka Morotai

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memiliki pendidikan yang tinggi merupakan modal penting agar anak-anak muda Indonesia mempunyai daya saing di era globalisasi saat ini. Hal itu tak terkecuali bagi anak-anak yang tinggal di Indonesia Timur (Maluku, Papua, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Barat). 

Namun demikian, tak sedikit karena keterbatasan ekonomi, minimnya sarana dan prasarana, atau keadaan medan dan iklim yang ada di Indonesia Timur membuat anak-anak yang notabene berprestasi akhirnya harus menguburkan mimpinya untuk bisa bersekolah hingga pendidikan tinggi.

Melihat kondisi tersebut, salah satu anak PT Jababeka Tbk, yakni Jababeka Morotai tergerak untuk membantu. Dalam tajuk “Beasiswa Jababeka Morotai untuk 250 anak berprestasi Indonesia Timur”, Jababeka Morotai bekerjasama dengan President University memberikan beasiswa bagi 250 anak berprestasi dari Indonesia Timur untuk menempuh pendidikan Sarjana Strata 1 di President University.

Adapun Jababeka Morotai merupakan badan usaha di Pulau Morotai-Provinsi Maluku Utara yang mengembangkan dan mengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai. Di mana memiliki keunggulan geostrategis, historis dan wisata bahari dengan keindahan pantai dan bawah laut yang mempesona.

Sementara President University merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia (terakreditasi A). 

Beralamat di Kota Jababeka-Cikarang, President University memiliki keunggulan pada lingkungan penelitian dan pembelajaran internasional yang kuat. Saat ini President University memiliki empat fakultas yang dalam perkuliahannya memakai bahasa inggris, yaitu Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, dan Fakultas Humaniora.

Susan Wijaya selaku General Manager Jababeka Morotai mengungkapkan, program beasiswa hingga sarjana yang diberikan berupa beasiswa sebesar 75%, beasiswa sebesar 90% hingga beasiswa beasiswa 100%. 

Menurut Susan, seberapa besar beasiswa yang didapat oleh calon mahasiswa President University hal itu mengacu pada hasil penilaian yang dilakukan oleh tim President University saat menyaring nilai rapor SMA Kelas X dan XI, serta hasil interview secara online. 

Adapun syarat rata-rata dalam tahap penyaringan rapot, nilai pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris harus di atas 80.

“Saat ini, menurut informasi LoA (letter acceptance) yang kami dapatkan dari President University, dari 250 siswa dari Indonesia Timur yang diterima termasuk siswa dari Pulau Morotai, beasiswa yang didapat rata-rata 75 persen hingga 90 persen. Dengan total beasiswa kurang lebih Rp2,592,000,000, “ terang Susan, di Menara Batavia Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lebih dalam, Susan menerangkan bahwa  jurusan-jurusan yang didapat 250 peraih beasiswa adalah adalah (1) Teknik Industri, (2) Teknik Elektro, (3) Teknik Mesin, (4) Teknik Sipil, (5) Teknik Lingkungan, (6) Arsitektur, (7) Digital Agribisnis, dan (8) Design Interior. 

“Dan, beasiswa akan diberikan untuk 9 semester hingga lulus wisuda sarjana dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku,” urai Susan.

Ia pun berharap program beasiswa hasil kerja sama antara Jababeka Morotai dengan President University bisa berjalan lancar dan kelak bisa membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia Timur.

“Saya berharap semua beasiswa yang tersedia dapat dimanfaatkan oleh para anak anak dari Indonesia timur. Sehingga ilmu yang didapat nanti bisa berguna bagi kemajuan Indonesia Timur, termasuk anak-anak yang tinggal di Pulau Morotai,” tutup Susan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Invest Islands Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan di Lombok NTB

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:42 WIB

Invest Islands Tingkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan di Lombok NTB

Mendekati akhir tahun, Invest Islands, perusahaan real estate terkemuka di Lombok, membuahkan 12 bulan yang produktif setelah meluncurkan proyek paling spektakuler hingga saat ini, Gran Meliá…

Robert C. Hauck

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:33 WIB

Mondrian Duxton Singapore Luncurkan Gerakan Bertumpu pada Sumber Daya Manusia

Sebuah keramah-tamahan, tetapi tidak seperti yang Anda ketahui pada umumnya di Mondrian Duxton Singapore, di mana seorang General Manager yang berani, cerdas dan kreatif, Robert C. Hauck membentuk…

Ketum IMI bambang Soesatyo

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI Buka Jambore Nasional IMI 2022, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Pasca Pandemi

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Bali sekaligus Founder Krisna Holdiny Company Ajik Krisna membuka Jambore Nasional IMI 2022…

CoinEx

Sabtu, 10 Desember 2022 - 11:23 WIB

Pengguna CoinEx Berpeluang Diundang ke Inggris dan Negara Lain, Begini Caranya

Pada tanggal 24 Desember mendatang, crypto exchange CoinEx akan merayakan hari jadinya yang kelima, merayakan perkembangan platform bersama dengan para pengguna setianya.

OPPO di INNO DAY 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 - 10:48 WIB

OPPO Komitmen Ungkap Teknologi Mutakhir Baru dan Komitmen Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik

OPPO mengkonfirmasi bahwa acara teknologi tahunan keempatnya, INNO DAY 2022, akan diadakan dalam format virtual pada 14 Desember 2022. Bertemakan "Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik",…