Gandeng Indonesia Eximbank, Kemenperin Kembangkan Klaster Eskpor Gula Semut

Oleh : Ridwan | Sabtu, 27 Agustus 2022 - 14:10 WIB

Gula semut
Gula semut

INDUSTRY.co.id - Purbalingga - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank) dalam rangka pengembangan IKM berorientasi ekspor.

Sinergi yang dilakukan, antara lain melalui pendekatan pengembangan klaster komoditi ekspor berbasis pemberdayaan masyarakat atau komunitas, atau yang dikenal dengan Program Desa Devisa.

“Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banyumas sebagai daerah yang telah lama dikenal sebagai penghasil gula palma Indonesia, menjadi pilot project kerja sama tersebut," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Reni Yanita di Purbalingga, Sabtu (27/8).

Pada 26 Agustus 2022, Ditjen IKMA dan LPEI, yang juga menjalin kerja sama dengan produsen keramik PT Arwana Citramulia Tbk, telah menyerahkan bantuan berupa keramik, biaya pemasangan keramik, serta wadah penyimpanan gula semut kepada empat kelompok atau koperasi IKM penghasil gula semut di Kabupaten Purbalingga dan Banyumas.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian program pembinaan bagi Desa Devisa Klaster Gula Semut di Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banyumas, sehingga tercipta ekosistem yang produktif dalam meningkatkan ekspor IKM gula semut," tandasnya.

Dirjen IKMA menambahkan, Desa Devisa Klaster Gula Semut ini menjadi salah satu pilot project kolaborasi, dengan penerima manfaat sebanyak empat kelompok/koperasi, yaitu KUB Central Agro Lestari dan KUB Agro Berkah Mandiri dari Kabupaten Purbalingga, serta Koperasi Semedo Manise dan Koperasi Liga Sirem dari Kabupaten Banyumas.

Sementara itu, LPEI memberikan biaya pemasangan keramik untuk pembangunan dapur bersih kepada 60 petani dan kotak penyimpanan gula semut kepada 120 petani.

Sedangkan, PT. Arwana Citramulia Tbk juga berkomitmen menyediakan 10.000 meter persegi keramik lantai bagi Sentra IKM pangan binaan Kemenperin, dengan 2.300 meter persegi keramik lantai diserahkan untuk pembuatan ruang produksi gula semut pada empat kelompok/koperasi anggota Desa Devisa Klaster Gula Semut.

Adapun rinciannya, Koperasi Liga Sirem menerima 500 m2 keramik, serta Koperasi Semedo Manise, KUB Central Agro Lestari dan KUB Agro Berkah Mandiri masing-masing menerima 600 m2 keramik.

"Dengan bantuan ini diharapkan dapat membantu keempat kelompok/koperasi peserta program dalam upaya memenuhi standar keamanan pangan CPPOB dan HACCP," pungkas Reni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit dan PNS Denma Mako Kormar Laksanakan Olahraga

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:30 WIB

Prajurit dan PNS Denma Mako Kormar Laksanakan Olahraga

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh serta Stamina, Prajurit dan PNS Denma Mako Kormar selesai apel laksanakan olahraga di Markas Komando Korps Marinir Jl. Prajurit KKO Usman…

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono: Program Kerja TNI AL Harus Sesuai Prioritas Nasional

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan dan Anggaran Keuangan (Renaku) II UO TNI Angkatan Laut (TNI AL) tahun anggaran 2023…

Ketua MPR RI Bersama Ajik Krisna Berikan Bantuan 800 Paket Sembako kepada Warga Desa Tangguwisia Bali

Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:48 WIB

Ketua MPR RI Bersama Ajik Krisna Berikan Bantuan 800 Paket Sembako kepada Warga Desa Tangguwisia Bali

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Bali sekaligus Founder Krisna Holding Company Ajik Krisna memberikan bantuan 800 paket sembako…

Babinsa Koramil 1710-03 Kuala Kencana Laksanakan Musrenbang dengan Jajaran

Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:30 WIB

Babinsa Koramil 1710-03 Kuala Kencana Laksanakan Musrenbang dengan Jajaran

Dalam mendampingi Pemerintah Distrik melaksanakan pembangunan, Koramil 1710-03/Kuala Kencana bersama-sama dengan jajaran melaksanakan musyawarah kepada masyarakat, Jumat (09/12/2022). Hal tersebut…

Babinsa Koramil 1710-01 Kokonao Dampingi Kegiatan Monitoring Program Kerja Distrik

Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:00 WIB

Babinsa Koramil 1710-01 Kokonao Dampingi Kegiatan Monitoring Program Kerja Distrik

Di Balai Kampung Aparuka, Distrik Mimika Barat, Kabupaten Mimika, Babinsa Koramil 1710-01/Kokonao dipimpin Serka Hendrik Renyaan turut menghadiri kegiatan monitoring program kerja Distrik Mimika…