Gandeng Indonesia Eximbank, Kemenperin Kembangkan Klaster Eskpor Gula Semut

Oleh : Ridwan | Sabtu, 27 Agustus 2022 - 14:10 WIB

Gula semut
Gula semut

INDUSTRY.co.id - Purbalingga - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank) dalam rangka pengembangan IKM berorientasi ekspor.

Sinergi yang dilakukan, antara lain melalui pendekatan pengembangan klaster komoditi ekspor berbasis pemberdayaan masyarakat atau komunitas, atau yang dikenal dengan Program Desa Devisa.

“Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banyumas sebagai daerah yang telah lama dikenal sebagai penghasil gula palma Indonesia, menjadi pilot project kerja sama tersebut," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Reni Yanita di Purbalingga, Sabtu (27/8).

Pada 26 Agustus 2022, Ditjen IKMA dan LPEI, yang juga menjalin kerja sama dengan produsen keramik PT Arwana Citramulia Tbk, telah menyerahkan bantuan berupa keramik, biaya pemasangan keramik, serta wadah penyimpanan gula semut kepada empat kelompok atau koperasi IKM penghasil gula semut di Kabupaten Purbalingga dan Banyumas.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian program pembinaan bagi Desa Devisa Klaster Gula Semut di Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banyumas, sehingga tercipta ekosistem yang produktif dalam meningkatkan ekspor IKM gula semut," tandasnya.

Dirjen IKMA menambahkan, Desa Devisa Klaster Gula Semut ini menjadi salah satu pilot project kolaborasi, dengan penerima manfaat sebanyak empat kelompok/koperasi, yaitu KUB Central Agro Lestari dan KUB Agro Berkah Mandiri dari Kabupaten Purbalingga, serta Koperasi Semedo Manise dan Koperasi Liga Sirem dari Kabupaten Banyumas.

Sementara itu, LPEI memberikan biaya pemasangan keramik untuk pembangunan dapur bersih kepada 60 petani dan kotak penyimpanan gula semut kepada 120 petani.

Sedangkan, PT. Arwana Citramulia Tbk juga berkomitmen menyediakan 10.000 meter persegi keramik lantai bagi Sentra IKM pangan binaan Kemenperin, dengan 2.300 meter persegi keramik lantai diserahkan untuk pembuatan ruang produksi gula semut pada empat kelompok/koperasi anggota Desa Devisa Klaster Gula Semut.

Adapun rinciannya, Koperasi Liga Sirem menerima 500 m2 keramik, serta Koperasi Semedo Manise, KUB Central Agro Lestari dan KUB Agro Berkah Mandiri masing-masing menerima 600 m2 keramik.

"Dengan bantuan ini diharapkan dapat membantu keempat kelompok/koperasi peserta program dalam upaya memenuhi standar keamanan pangan CPPOB dan HACCP," pungkas Reni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…