DMMX Catat Pendapatan 1H22 Melonjak 154,2% YoY Menjadi Rp924,3 Miliar

Oleh : Hariyanto | Rabu, 24 Agustus 2022 - 09:05 WIB

DMMX’s signage yang terpasang pada kafe yang terletak di dalam minimarket di Jakarta
DMMX’s signage yang terpasang pada kafe yang terletak di dalam minimarket di Jakarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta - DMMX mencatat pertumbuhan top-line sebesar 154,2% YoY, melonjak menjadi Rp 924,3 miliar di 1H22, naik dari Rp 363,6 miliar di 1H21. Hal ini terutama didukung oleh kinerja yang kuat di segmen Trade Marketing (+150,7% YoY) dan segmen Advertising Exchange Hub (+119,5% YoY), ditambah dorongan tambahan dari dua aliran pendapatan baru: segmen Digital Wholesale (Rp130,6 miliar) bersama dengan Konten & Segmen Hiburan (Rp1,4 miliar).

"Pendapatan segmen Trade Marketing melonjak 150,7% YoY menjadi Rp 712,5 miliar di 1H22. Jumlah anggota trade marketing DMMX tumbuh 34,4% YoY, berjumlah 132.193 outlet di 1H22, naik dari 99.189 anggota di 1H21," kata Zefanya Angeline, Vice President Group Head of Investor Relations of MCAS group PT Digital Mediatama Maxima Tbk yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (24/8/2022).

Sementara itu, produktivitas outlet juga meningkat secara signifikan, karena penjualan rata-rata per outlet melonjak 86,5% YoY, dari Rp2,9 juta di 1H21 menjadi Rp5,3 juta di 1H22. Hal ini menegaskan bahwa DMMX telah berhasil mengubah pelaku pasar tradisional dari praktik bisnis kuno menjadi operasi digital.

Pendapatan segmen Advertising Exchange Hub tumbuh 119,5% YoY menjadi Rp842 juta di 1H22, meroket dari Rp384 juta di 1H21. Secara triwulanan, segmen bisnis ini juga mencatat pertumbuhan besar sebesar 504% YoY di 2Q22, naik dari Rp 25 juta di 2Q21 menjadi Rp 151 juta di 2Q22. Ini sebagian besar berasal dari Erafone, Mahaka Visual dan Media Indonesia.

Sementara itu, laba kotor berhasil tumbuh dengan memuaskan, sebesar 37,1% YoY, dari Rp28,4 miliar di 1H21 menjadi Rp39,0 miliar di 1H21. Namun, jika kita mengecualikan segmen Hardware Sales, laba kotor DMMX sebenarnya melonjak 77,4% YoY, melonjak dari Rp17,7 miliar di 1H21 menjadi Rp31,4 miliar di 1H22.

Pada tahun 2022, DMMX telah mengambil langkah berani, merambah ke bisnis konten & hiburan serta grosir digital, sehingga menegaskan posisinya sebagai pemain ekosistem utama.

Singkatnya, ini memerlukan dorongan besar dalam biaya operasional, terutama dalam penjualan & pemasaran dan biaya personalia. Akibatnya, DMMX hanya membukukan pertumbuhan laba usaha 2,7% YoY, menjadi Rp 12,8 miliar pada 1H22, dibandingkan dengan Rp 12,5 miliar pada tahun sebelumnya.

"Kami menilai ini sebagai langkah yang diperlukan untuk memperluas kapasitas dan kemampuan Perusahaan, mempercepat cakupan dan skala masa depan. Dari sisi EBITDA, DMMX sebenarnya berhasil membukukan kinerja pertumbuhan yang menggembirakan sebesar 37,9% YoY, naik dari Rp20,8 miliar di 1H21 menjadi Rp28,7 miliar di 1H22," katanya.

Di bawah garis, DMMX mencatat keuntungan Rp1,6 miliar di Investasi Lainnya, dibandingkan dengan keuntungan Rp105,0 miliar di 1H21. Akibatnya, laba bersih hanya Rp 10,3 miliar di 1H22, dibandingkan Rp115,8 miliar di 1H21.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…