Presiden RI Joko Widodo Akan Di Anugerahi Maritime Award 2022

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 17 Agustus 2022 - 15:32 WIB

Presiden RI Joko Widodo Akan Di Anugerahi Maritime Award 2022
Presiden RI Joko Widodo Akan Di Anugerahi Maritime Award 2022

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Maritime Awards merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh penyelenggara kegiatan ISPEC (International Sea Port Exhibition and Conference) bekerjasama dan didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perhubungan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta beberapa pemangku kepentingan dalam rangka memperingati Hari Maritim Nasional pada tanggal 23 September 2022.

Awards atau penghargaan yang akan diberikan terdiri dari 2 (dua) kategori utama yaitu Ir. H. Djuanda Kartawidjaja Awards dan Soedarpo Sastrosatomo Awards. Pada penyelengaraan kegiatan ISPEC nanti Presiden Joko Widodo akan di anugerahi Maritime Award 2022.

Penganugerahan Maritim Award ini diberikan oleh Keluarga besar Alm Ir Djuanda Kartawidjaja  dan Keluarga Besar Soedarpo Sastrosatomo serta Perhimpunan Maritim Muda Nusantara. Ide penganugerahan ini dicetuskan oleh Yayasan Biijana Paksi Sitengsu  sebagai wujud apresiasi kepada para tokoh nasional yang concern di bidang maritim.

Disamping itu sebagai bentuk penghormatan kepada Bapak Djuanda Kartawidjaja sebagai tokoh nasional, peletak dasar-dasar hukum kelautan Indonesia. Sekaligus wujud apresiasi kepada Bapak Soedarpo Sastrosatomo yang telah merintis dunia pelayaran di Indonesia.

Fajar Bagoes Poetranto selaku Ketua Panitia Pelaksana ISPEC dan Maritim Award menjelaskan bahwa terdapat 2 kategori utama award maritim, yaitu penghargaan Djuanda Kartawidjaja dan Soedarpo Sastrosatomo yang diberikan kepada para tokoh nasional yang berkiprah di sektor kemaritiman. Diantaranya, kata Fajar, terdapat nama Presiden  Joko Widodo atau Jokowi yang menggulirkan gagasan Poros Maritim dan Tol Laut. Selain itu, muncul pula nama Sarwono Kusumaatmadja dan Hasyim Jalal.

Selain itu, lanjut Fajar, Yayasan Biijana Paksi Sitengsu akan memberikan penghargaan khusus, Live Achievement kepada Bapak Djuanda Kartawidjaja dan Soedarpo Sastrosatomo atas jasa-jasanya.

Lebih jauh Fajar menjelaskan, penganugerahan Maritim Award juga melibatkan 21 dewan pakar ISPEC  dan insan media sebagai bagian dari Tim Penilai dan Penyeleksi.

Sementara itu, Shahandra Hanitiyo, kerabat dari H. Djuanda, mengatakan adanya Maritime Award ini merupakan penghargaan dari pihak non pemerintah untuk mengingat kembali perjuangan legasi yang di jalan kan oleh almarhum H. Djuanda. 

"Kami mengharapkan dengan adanya award ini setiap tahun orang terus mengingat tentang potensi besar maritim Indonesia, memang salah satu cikal-bakal yang diterapkan dan dicetus oleh H. Djuanda," tambahnya.

Tujuannya deklarasi Juanda, kata Shahandra, melingkupi keseluruhan dari maritim, sumber daya laut dan kandungan mineral di bawah laut masuk dalam kategori dari deklarasi H. Juanda tersebut. Dia menambahkan, "Kami mengharapkan ada award-award lain seperti yang akan digelar ISPEC ini".

Menurut Shahandra, diketahui deklarasi Juanda berlangsung pada tahun 1957. "Kami menyadari generasi sekarang dan selanjutnya belum familiar dengan Deklarasi Juanda. Barangkali karena minimnya catatan sejarah yang diberikan di pelajaran sejarah," katanya.

Dia melanjutkan,  "Maritim Award ini kita harapkan memicu semangat generasi muda untuk kembali mempelajari dan menggali sejarah kemaritiman. Sehingga nantinya, pada tahun 2045 mereka generasi muda mampu mewujudkan  kebangkitan poros maritim Indonesia," Tandas Shahandra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…