BWJ Gelar Parade Merdeka Tanjung Lesung Tanam Kembali

Oleh : Hariyanto | Rabu, 17 Agustus 2022 - 10:20 WIB

Pengibaran bendera merah putih oleh Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo
Pengibaran bendera merah putih oleh Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung tengah bersolek menghadapi geliat pariwisata yang mulai pulih kembali setelah menghadapi dampak pandemi selama dua tahun terakhir. Beberapa kegiatan pun sudah mulai dilakukan oleh destinasi wisata yang ditetapkan sebagai KSPN oleh Presiden Jokowi tersebut.

Dalam rangka memeriahkan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun, PT Banten West Java (BWJ) sebagai pengelola kawasan wisata Tanjung Lesung menggelar Parade Merdeka Tanjung Lesung Tanam Kembali. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan PT Banten West Java dengan mengusung tema yang segar setiap tahunya.

Direktur utama PT Banten West Java, Poernomo mengatakan, gelaran Parade Merdeka Tanjung Lesung Tanam Kembali merupakqn kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meriahkan Kemerdekaan Indonesia ke 77 tahun dan juga lebih perduli terhadap lingkungan hidup terutama alam sekitar Tanjung Lesung, Provinsi Banten.

"Kita juga kembangkan bersama sama dengan teman teman Untirta melakukan transplantasi terumbu karang dan pengibaran bendera merah putih di bawah laut yang merupakan simbol bahwa Indonesia menghargai lingkungan laut," ungkap Poernomo.

Transplantasi Terumbu Karang

Dalam acara kali ini, dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Athlete gowes (Jakarta - tanjung Lesung) 206km yang dimulai dari Menara Batavia, Jakarta hingga Lalasa di Tanjung Lesung. Selain itu, ada juga Live Music & Tasyakuran, Upacara Bawah Laut, Bazaar & Pesta Rakyat serta Penanaman Bibit Pohon, dan Transplantasi Terumbu Karang.

"Kami juga melakukan penanaman penanaman pohon dibeberapa tempat yang didukung oleh kementerian lingkungan hidup, ini juga untuk menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan hijau di Kawasan Tanjung Lesung," imbuhnya.

Penanaman pohon oleh Dirut PT Banten West Java,  Poernomo Siswoprasetijo 

Sementara itu menanggapi kegiatan Athlete gowes (Jakarta - tanjung Lesung) sepanjang 206km yang telah dilakukan, Poernomo mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap sport tourism di kawasan Tanjung Lesung. Kegiatan ini sekaligus menjadi bentuk kecintaan lingkungan untuk tanah air khususnya Tanjung Lesung.

"Alasan mengapa kita bersepeda dari Jakarta ke Tanjung lesung, adalah untuk mewujudkan bagaimana keramahan lingkungan dengan sport turism bisa di kembangkan dengan baik," ucapnya.

Pelepasan pesepeda oleh Dirut BWJ Poernomo Siswoprasetijo 

Poernomo menjelaskan, untuk aktivitas Tanjung Lesung saat ini lebih mengarah ke sport turism dan lingkungan adventure sehingga wisatawan banyak yang menikmati keindahan ke pantai, laut dan gunung kemudian juga melakukan kegiatan aktivitas sport baik bersepeda, terbang layang, diving, dan juga snorkeling. 

"Jadi kita lakukan kegiatan kegiatan ini untuk membangkitkan wisatawan ini bisa aware kembali dan berkunjung ke tanjung lesung untuk bisa menikmati kegiatan alamnya, pantai, darat, laut bahkan udara," ujarnya.

Dia berharap, kegiatan Parade Merdeka Tanjung Lesung Tanam Kembali ini mampu membakar semangat kemerdekaan dan memupuk rasa nasionalisme serta menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan khususnya di kawasan Tanjung Lesung.

"Harapanya kita sebagai bangsa Indonesia tetap menjaga semangat kemerdekaan dengan baik dan harus tetap kita gelorakan dan juga mencintai lingkungan kita dan menjaga kesehatan dengan olahraga serta berwisata ke Tanjung Lesung," pungkas Poernomo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…