BWJ Gelar Parade Merdeka Tanjung Lesung Tanam Kembali

Oleh : Hariyanto | Rabu, 17 Agustus 2022 - 10:20 WIB

Pengibaran bendera merah putih oleh Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo
Pengibaran bendera merah putih oleh Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung tengah bersolek menghadapi geliat pariwisata yang mulai pulih kembali setelah menghadapi dampak pandemi selama dua tahun terakhir. Beberapa kegiatan pun sudah mulai dilakukan oleh destinasi wisata yang ditetapkan sebagai KSPN oleh Presiden Jokowi tersebut.

Dalam rangka memeriahkan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun, PT Banten West Java (BWJ) sebagai pengelola kawasan wisata Tanjung Lesung menggelar Parade Merdeka Tanjung Lesung Tanam Kembali. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan PT Banten West Java dengan mengusung tema yang segar setiap tahunya.

Direktur utama PT Banten West Java, Poernomo mengatakan, gelaran Parade Merdeka Tanjung Lesung Tanam Kembali merupakqn kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meriahkan Kemerdekaan Indonesia ke 77 tahun dan juga lebih perduli terhadap lingkungan hidup terutama alam sekitar Tanjung Lesung, Provinsi Banten.

"Kita juga kembangkan bersama sama dengan teman teman Untirta melakukan transplantasi terumbu karang dan pengibaran bendera merah putih di bawah laut yang merupakan simbol bahwa Indonesia menghargai lingkungan laut," ungkap Poernomo.

Transplantasi Terumbu Karang

Dalam acara kali ini, dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Athlete gowes (Jakarta - tanjung Lesung) 206km yang dimulai dari Menara Batavia, Jakarta hingga Lalasa di Tanjung Lesung. Selain itu, ada juga Live Music & Tasyakuran, Upacara Bawah Laut, Bazaar & Pesta Rakyat serta Penanaman Bibit Pohon, dan Transplantasi Terumbu Karang.

"Kami juga melakukan penanaman penanaman pohon dibeberapa tempat yang didukung oleh kementerian lingkungan hidup, ini juga untuk menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan hijau di Kawasan Tanjung Lesung," imbuhnya.

Penanaman pohon oleh Dirut PT Banten West Java,  Poernomo Siswoprasetijo 

Sementara itu menanggapi kegiatan Athlete gowes (Jakarta - tanjung Lesung) sepanjang 206km yang telah dilakukan, Poernomo mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap sport tourism di kawasan Tanjung Lesung. Kegiatan ini sekaligus menjadi bentuk kecintaan lingkungan untuk tanah air khususnya Tanjung Lesung.

"Alasan mengapa kita bersepeda dari Jakarta ke Tanjung lesung, adalah untuk mewujudkan bagaimana keramahan lingkungan dengan sport turism bisa di kembangkan dengan baik," ucapnya.

Pelepasan pesepeda oleh Dirut BWJ Poernomo Siswoprasetijo 

Poernomo menjelaskan, untuk aktivitas Tanjung Lesung saat ini lebih mengarah ke sport turism dan lingkungan adventure sehingga wisatawan banyak yang menikmati keindahan ke pantai, laut dan gunung kemudian juga melakukan kegiatan aktivitas sport baik bersepeda, terbang layang, diving, dan juga snorkeling. 

"Jadi kita lakukan kegiatan kegiatan ini untuk membangkitkan wisatawan ini bisa aware kembali dan berkunjung ke tanjung lesung untuk bisa menikmati kegiatan alamnya, pantai, darat, laut bahkan udara," ujarnya.

Dia berharap, kegiatan Parade Merdeka Tanjung Lesung Tanam Kembali ini mampu membakar semangat kemerdekaan dan memupuk rasa nasionalisme serta menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan khususnya di kawasan Tanjung Lesung.

"Harapanya kita sebagai bangsa Indonesia tetap menjaga semangat kemerdekaan dengan baik dan harus tetap kita gelorakan dan juga mencintai lingkungan kita dan menjaga kesehatan dengan olahraga serta berwisata ke Tanjung Lesung," pungkas Poernomo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…

Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Jumat, 26 April 2024 - 09:41 WIB

Ingin Sukses Jadi Digitalpreneur, Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Cyber University atau Universitas Siber Indonesia dikenal sebagai kampus fintech pertama di Indonesia dengan fokus pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan memiliki kurikulum CLP (Company…

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…