Rayakan HUT RI ke-77, BWJ Gelar Athlete Gowes dari Jakarta ke Tanjung Lesung

Oleh : Hariyanto | Rabu, 17 Agustus 2022 - 07:59 WIB

Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo melepas Pesepeda
Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo melepas Pesepeda

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam rangka memeriahkan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun, Tanjung Lesung menggelar Parade Merdeka Tanjung Lesung Tanam Kembali yang dilaksanakan pada tanggal 16 hingga 17 Agustus 2022. 

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan PT Banten West Java selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dalam menyambut Kemerdekaan RI dengan mengusung tema yang segar setiap tahunya. 

Sebagai rangkaian acara, dilaksanakan kegiatan Athlete gowes (Jakarta - Tanjung Lesung) sepanjang 206 km dengan membawa bendera merah putih yang nantinya akan dikibarkan di Lalasa Beach Club Tanjung Lesung, yang dimulai dari Menara Batavia, Jakarta hingga Tanjung Lesung yang di ikuti oleh sebanyak 17 pesepeda yang berasal dari beberapa komunitas.

Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo mengungkapkan kegiatan Athlete Gowes ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap sport tourism di kawasan Tanjung Lesung. Kegiatan ini sekaligus menjadi bentuk kecintaan lingkungan untuk tanah air khususnya Tanjung Lesung.

"Pagi ini kita melepas 17 pesepeda dari Menara Batavia menuju Tanjung Lesung dengan membawa bendera merah putih yang akan dikibarkan besok pada tanggal 17 Agustus. Mengapa kita bersepeda dari Jakarta ke Tanjung lesung adalah iuntuk mewujudkan bagaimana keramahan lingkungan dengan sport turism bisa di kembangkan dengan baik," kata Poernomo saat ditemui di Menara Batavia, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Ke-17 pesepeda memulai kegiatan di Menara Batavia pukul 07.00 wib dan mengakhiri perjalanan di Tanjung Lesung sekitar pukul 19.00 wib. Dengan jarak yang ditempuh mencapai 206 km, para pesepeda ini menghabiskan waktu hanya sekitar 12 jam saja.

Para pesepeda tiba di Lalasa Beach Club Tanjung Lesung

Poetoet (38) selaku ketua komunitas sepeda mengaku  senang menjadi bagian dari acara Parade Merdeka Tanjung Lwsung Tanam Kembali ini. Dia mengatakan, selain Tanjung Lesung memiliki tempat yang indah dan nyaman sebagai tempat berkumpul anggota komunitas, pihaknya bisa memberi kontribusi positif kepada masyarakat dengan mengkampanyekan bersepeda untuk mengurangi dampak pemanasan global.

“Kami berharap bisa membantu mendongkrak pariwisata di Tanjung Lesung, dan mengurangi dampak pemanasan global yang sudah jadi masalah mendesak,” terang Poetoet.

Dalam acara kali ini, dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Athlete gowes (Jakarta - tanjung Lesung) 206km yang dimulai dari Menara Batavia, Jakarta hingga Lalasa di Tanjung Lesung. Selain itu, ada juga Live Music & Tasyakuran, Upacara Bawah Laut, Bazaar & Pesta Rakyat, serta Penanaman Bibit Pohon, dan Transplantasi Terumbu Karang.

Kawasan wisata Tanjung Lesung merupakan salah satu dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) yang merupakan amanat Presiden Jokowi. Kawasan wisata Tanjung Lesung masuk dalam destinasi prioritas karena keunggulan keindahan alamnya serta berbagai fasilitasnya yang atraktif, seperti water sports, snorkeling, diving, hingga sunrise spot di pesisir pantai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Federasi Serikat Pekerja Panasonic GOBEL (FSPPG) - KSARBUMUSI

Sabtu, 03 Desember 2022 - 13:39 WIB

Panasonic GOBEL Group Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Panasonic Gobel Group mengirimkan 5.285 bantuan logistik untuk para korban bencana alam pasca gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 yang terjadi di Cianjur pada 21 November 2022 lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:17 WIB

Upacara Hari Bakti PUPR ke-77, Menteri Basuki: Jaga Kepercayaan Publik dan Kredibilitas

Dalam rangka memperingati Hari Bakti PUPR ke-77, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77 dengan tema, “77…

Minyak makan merah

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:00 WIB

MenKopUKM Pastikan Pabrik Minyak Makan Merah di Sumut Bakal Beroperasi Awal Tahun

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) memastikan kesiapan pabrik minyak makan merah di Deli Serdang, Sumatera Utara, yang direncanakan akan beroperasi pada awal 2023.

Founder Helwa Beautycare Nabila Attamimi

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:00 WIB

Helwa Beautycare Berikan Apresiasi Khusus Bagi Pelanggan Setianya

Saat ini skincare menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama yang peduli dengan kecantikan dan perawatan. Selain itu, skincare juga sudah menjadi gaya hidup yang menunjang…

Ilustrasi jantung

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:34 WIB

Elixir Medical Corporation Perkenalkan Teknologi Baru Perawatan Jantung di ISICAM 2022

Bioadaptor adalah teknologi terbaru dalam pengobatan penyakit jantung koroner yang dikembangkan dan diproduksi oleh Elixir Medical Corporation, sebuah perusahaan teknologi medis yang berbasis…