Ini Para Penerima Penghargaan Achmad Bakrie

Oleh : Wiyanto | Senin, 15 Agustus 2022 - 09:09 WIB

Tim arkeolog penerimaan penghargaan Achmad Bakrie
Tim arkeolog penerimaan penghargaan Achmad Bakrie

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Para keturunan Achmad Bakrie menggagas penghargaan kepada para anak bangsa yang menorehkan karya-karya mereka dari berbagai bidang.

Ketua Penyelenggara PAB XVIII 2022, Aninditha Anestya Bakrie, menyebutkan penghargaan ini merupakan ke 18 kali, malam penganugerahan Minggu 14 Agustus 2022.

"Bersama kita melihat untuk merayakan hari jadi kelompok usaha Bakrie ke 80,maka kita gelar penghargaan ke 18, dua dekade, mewakili Achmad Bakrie, apresiasi tokoh institusi penerima Achmad Bakrie award," katanya.

“Kecintaan kakek saya, Achmad Bakrie, terhadap ilmu pengetahuan dan sastra yang menjadi dasar kami mengadakan PAB. Untuk ikut menghargai dan memberikan tempat serta apresiasi kepada orang-orang yang telah berkontribusi dan berjasa bagi Indonesia di bidang ilmu pengetahuan dan kesusastraan,” ujar Ditha yang merupakan putri kedua Aburizal Bakrie.

Penghargaan diberikan kepada

Nirwan Dewanto (Sastra) Untuk aneka karya yang secara sadar membebaskan diri dari batasan sejarah sastra nasional, dan yang mengolah khazanah Indonesia dengan cara yang peka pada perkembangan sastra dunia.

Mohtar Mas’oed (Pemikiran Sosial) Untuk kepeloporan pendekatan analisis struktural non-Marxian atas kenyataan ekonomi-politik di Indonesia dan dunia internasional yang memperkaya khazanah pemikiran akademik tanah air.

Tim Peneliti Arkeologi Lukisan Gua Purba Indonesia (Sains): Adhi Agus, Pindi Setiawan, Basran Burhan, Budianto Hakim, Dan Rustan LP. Santari. Untuk rentetan temuan aneka lukisan figuratif tertua di dunia, di gua purba Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan yang menggeser paradigma arkelogi Indonesia dan memperkaya pengetahuan tentang evolusi kognitif di Bumi.

Erlina Burhan dan Tonang Dwi Ardyanto (Kedokteran) Untuk sumbangsih sinergis antara bidang klinis-epidemologis dan pulmonologis-kesehatan publik yang membantu Indonesia menghadapi pandemi global Covid-19 dengan hasil yang dipujikan oleh dunia internasional.

R. William Liddle (Ilmuwan Internasional Berjasa Untuk Indonesia) Untuk pengabdian intelektual sepanjang enam dekade menelaah aneka perkembangan politik dan pelembagaan demokrasi, disertai kerja membangun generasi baru ilmuwan politik di Indonesia.

"Melalui Bakrie award beri inspirasi berbuat bagi dunia kita, semua berpulang apakah lebih cerah. Kedepan tantangan tidak ringan tapi optimis mampu hadapi semuanya," ungkap Bambang Soesatyo, Ketua MPR saat menghadiri acara tersebut.

Salah satu penerima penghargaan Mohtar Mas’oed menyatakan apa yang dilakukan keturunan Achmad Bakrie merupakan sedekah kepada masyarakat.

"Niat baik Freedom Institut dan Achmad Bakrie semoga diterima sodaqoh jariah, panitia beri penghargaan ke saya sebagai kategori Pemikiran Sosial. Agak malu berpikir serius, apalagi pensiun tiga tahun," jelas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…