SWA Ganjar Dua Penghargaan ke Para Perusahaan Ini

Oleh : Wiyanto | Jumat, 12 Agustus 2022 - 13:38 WIB

Salah satu yang mendapatkan penghargaan dari Majalah SWA
Salah satu yang mendapatkan penghargaan dari Majalah SWA

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Majalah SWA dan Business Digest menyelenggarakan penghargaan Indonesia Customer Experience Champions 2022, yaitu program untuk memilih perusahaan yang memiliki tim terbaik dalam bidang customer experience, serta Indonesia Sales Team Champions 2022 yaitu program memilih tim sales terbaik di kalangan perusahaan-perusahaan terkemuka.

Kemal E. Gani, Group Chief Editor SWA Media menyampaikan, dua ajang ini telah mampu menunjukkan diferensiasi masing-masing peserta, terutama kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan menghadapi tantangan sales dan marketing di era Covid-19. Kemal pun berharap ajang ini akan menjadi pembelajaran bagi para pebisnis dan mereka yang menekuni bidang pemasaran dan penjualan.

"Kami berharap akan semakin banyak perusahaan di negeri ini yang berhasil menjalankan program customer experience sehingga hasilnya akan semakin banyak pelanggan yang puas, loyal, bahkan merekomendasikan produknya kepada keluarga, teman, dan jaringan lainnya," ujarnya dalam virtual awarding Indonesia Sales & Customer Experience Champions Conference 2022 dengan tema "Winning Customer Hearts in The Fast Changing Era", Selasa (09/08).

Ia juga berharap Indonesia Sales Team Champions 2022 akan menjadi contoh dan penyemangat bagi tim sales perusahaan lain di Indonesia untuk bisa lebih kreatif, inovatif, dan kompak dalam merancang program dan strategi penjualan. "Yang paling penting eksekusinya gemilang sehingga hasilnya berdampak pada peningkatan penjualan yang signifikan," lanjutnya.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Prof. Agus W. Soehadi PhD, Wakil Rektor I Universitas Prasetiya Mulya mengungkapkan, perkembangan teknologi digital saat ini membuat konsumen semakin terkoneksi (hyper connected consumer). Konsumen dapat dengan mudah terhubung dan mengakses media sosial untuk menyebarluaskan pendapat dan pengalaman mereka. Mereka bisa menyuarakan pujian atau bahkan keluhan dari produk dan layanan yang mereka terima.

"Maka perusahaan perlu berkolaborasi dengan perusahaan lain agar mampu memberikan pengalaman berharga yang konsumen inginkan, pengalaman yang tidak terlupakan oleh konsumen. Di sektor makanan misalnya, mereka bisa berkolaborasi dengan mitra riders, restoran, hingga mitra pembayaran," jelas Agus.

Sebelum memasuki acara puncak yakni penganugerahan Indonesia Sales & Customer Experience Champions 2022, acara dimulai dengan webinar yang menghadirkan pembicara-pembicara ahli, yaitu Bapak Ginandjar - Marketing & Solution Director Lintasarta, Bapak Burat Pangeran - General Manager Marketing Communication & Activation KG Media, serta Ibu Yuvita - Manager Commercial RRP Planning PT HM Sampoerna Tbk yang berbagi pengalaman tentang Customer Experience di masing-masing internal perusahaan. Dilanjutkan dengan Bapak Rizaludin Kurniawan - Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan Zakat, serta Bapak Imam Sedayu Pusponegoro - Chief Commercial Officer SiCepat Ekspres yang berbagi pengalaman mengenai cara mengoptimalkan penjualan.

Untuk memilih siapa saja tim terbaik di bidang CX dan Best Sales Team, digunakan empat parameter yakni kemampuan mengidentifikasi masalah, kualitas strategi dan rancangan program, tingkat inovasi, serta hasil dan dampak programnya. Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang memiliki pengalaman panjang di dunia pemasaran dan penjualan, termasuk menduduki jabatan direksi di sejumlah perusahaan.

Mereka adalah Bapak Simon Jonatan, CEO Swara Gangsing yang juga pernah menjabat sebagai President Director PT Bintang Toedjoe; Bapak Vincentius Lianto, Executive Chairman DV Medika Group; Bapak Budiman Goh, President of Aruna; Bapak Th. Wiryawan, Founder & CEO WYR Solution; Bapak Arif Wibowo, President Director PT AIRFAST Indonesia dan Former President & CEO of Garuda Indonesia; Bapak Elga Yulwardian, CEO Ivosight; Dr. Istijanto, MM., MCom, Business Consultant Faculty Member Prasetiya Mulya Business School; serta Dr. Edhy Aruman, Redaktur Senior Majalah Mix sekaligus Dosen PR FISIP UI dan LSPR.

Berikut adalah daftar penerima penghargaan Indonesia Customer Experience Champions 2022 dengan predikat Best of The Best Customer Experience Team: PT Prodia Widyahusada Tbk., PT Global Loyalty Indonesia (ALFAGIFT), PT Mandiri AXA General Insurance, PT Bank DBS Indonesia, PT Wismilak Inti Makmur, Tbk., PT Great Eastern Life Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional, (BAZNAS), dan Lintasarta.

Sementara itu perusahaan dengan tim CX berpredikat Best Customer Experience Team, di antaranya PT HM Sampoerna Tbk., PT Tribun Digital Online (Tribunnews.com), PT Nojorono Tobacco International, PT Link Net Tbk (First Media), PT Polytama Propindo, PT Lippo General Insurance Tbk., PT Multipolar Technology Tbk., PT SiCepat Ekspres Indonesia, serta PT Nusa Selaras Indonesia (Nu Skin). Kemudian perusahaan dengan predikat The Rising Customer Experience Team, di antaranya PT Chubb Life Insurance Indonesia.

Adapun deretan peserta yang sukses meraih predikat Best of The Best Sales Team dalam ajang Indonesia Sales Team Champions 2022: PT HM Sampoerna Tbk., PT Mandiri AXA General Insurance, PT SiCepat Ekspres Indonesia, serta PT Fastrata Buana.

Untuk predikat Best Sales Team diraih oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Dept. Marketing Transportasi PT Elnusa Petrofin, Telkomsel Orbit, PT Link Net Tbk (First Media), Telkomsel Digipos, dan PT Sinarniaga Sejahtera. Lalu ada PT Nusa Selaras Indonesia (Nu Skin) yang meraih predikat The Rising Sales Team.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Robert Wildner, CEO dan Co-founder AVOW

Kamis, 29 September 2022 - 21:18 WIB

Xiaomi Tunjuk AVOW sebagai Agensi Resmi Kawasan Asia Tenggara, Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin

Perusahaan spesialis akuisisi pengguna OEM (Original Equipment Manufacturer), AVOW, baru saja diumumkan sebagai agensi resmi utama produsen smartphone Android terbesar, Xiaomi untuk kawasan…

Bank Sumut (Foto Ist)

Kamis, 29 September 2022 - 20:24 WIB

Perbesar Kredit ke Sektor Riil, Bank Sumut Siap Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Medan– Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, karena menjadi basis berbagai komoditas unggulan nasional serta sentra manufaktur di luar Pulau Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto Doc Golkar

Kamis, 29 September 2022 - 20:14 WIB

Ekonomi Digital Indonesia akan Capai 150 Miliar US di 2025, Pemerintah Harus Siapkan Infrastruktur dan Tingkatkan SDM

Jakarta - Pertumbuhan Ekonomi digital akan sangat dinikmati oleh kaum muda Indonesia. Untuk itu, pemerintah diminta tidak hanya menyiapkan infrastruktur, tetapi juga meningkatkan sumber daya…

Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu, namun tertunda. Doc DPR

Kamis, 29 September 2022 - 20:06 WIB

Pertemuan Airlangga-Puan Bakal Buka Peluang Koalisi Pilpres 2024

Jakarta- Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu,…

forum diskusi bertema “Kelola Rencana Keuangan Ala Milenial Miliki Properti,”

Kamis, 29 September 2022 - 19:48 WIB

Synthesis Huis Berikan Solusi Keuangan Bagi Executive Milenial untuk Miliki Rumah di Jakarta

Hadirnya Synthesis Huis di wilayah Cijantung, Jakarta Timur dapat dijadikan pilihan hunian bagi semua kalangan termasuk executive milenial. Hal ini diungkapkan oleh Managing Director Synthesis…