Terus Digeber, Proyek Pengaman Pantai Tanjung Lesung Dilengkapi Dengan Plaza, Taman, Hingga Jogging Track

Oleh : Hariyanto | Rabu, 10 Agustus 2022 - 10:03 WIB

Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan pengaman pantai kawasan pesisir Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pembangunan pengaman pantai bagian dari dukungan infrastruktur untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang juga ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). 

Kawasan pariwisata Tanjung Lesung terkenal dengan keindahan destinasi wisata bahari dengan air lautnya yang jernih. Pembangunan pengaman pantai akan melindungi pantai dari risiko abrasi akibat terjangan ombak sekaligus melestarikan vegetasi serta menjaga  permukiman dan pariwisata di sekitar pantai saat pasang laut. 

“Pengaman pantai  Tanjung Lesung ini dilengkapi juga dengan ruang publik, seperti plaza, taman dan jogging track sepanjang 13 kilometer. Selain tanggul ini, Kementerian PUPR juga memberikan dukungan infrastruktur sistem air minum, rumah susun buat pekerja, serta jalan tol yang menghubungkan kota Jakarta dengan kawasan produksi dan pariwisata,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meninjau infrastruktur KEK Tanjung Lesung, Senin (8/8/2022). 

Pembangunan pengaman Pantai KEK Tanjung Lesung mulai dikerjakan pada 2020 dan ditargetkan selesai 2023 dibawah tanggungjawab BBWS Ciujung, Cidanau dan Cidurian. Konstruksi bangunan dikerjakan melalui 2 paket pekerjaan, yakni Paket 1 oleh kontraktor PT Waskita Karya, Tbk dengan nilai kontrak Rp249,9 miliar. Progres pekerjaan paket 1 sebesar 51,35% meliputi revetmen pengaman pantai sepanjang 6,2 km yang dilengkapi jogging track dengan lebar 5 meter.  

Selanjutnya Paket 2 dikerjakan oleh kontraktor PT Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk dengan nilai kontrak Rp168,3 miliar dengan progres fisik 61,22%. Pekerjaan Paket 2 meliputi revetmen pengaman pantai sepanjang 3,8 km dilengkapi jogging track sepanjang 7,6 km dengan lebar 5 meter. 

Pengaman pantai dan jogging track KEK Tanjung Lesung sepanjang 13,8 km akan melindungi kawasan wisata seperti lansekap Plaza Pantai Bodur, Groin Laguna dan Tanjung Lesung Beach Hotel, Groin Laguna Pantai Lalassa, dan Dermaga Pantai Sagna. Diharapkan dengan dibangunnya jogging track pada pengaman pantai juga dapat menjadi spot wisata dan sarana olahraga baru di sekitar KEK Tanjung Lesung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Selasa, 06 Desember 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Personel Korem 174/ATWyang dipimpin oleh Kasrem 174/ATW Kolonel Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia menerima penyuluhan hukum dari Tim Penyuluh Hukum Kumdam XVII/Cenderawasih TA. 2022 oleh Kakumdam…

Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8

Selasa, 06 Desember 2022 - 03:57 WIB

Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8 Tahun 2022. Acara pembukaan dipusatkan di Hall Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…

Ilustrasi TV produksi Panasonic terbaru

Senin, 05 Desember 2022 - 20:19 WIB

Panasonic Produksi OLED TV & Smart TV 4K Terbaru

PT Panasonic Gobel Indonesia tak henti menghadirkan inovasi teknologi Televisi. Guna memberikan kepuasan mendapatkan informasi dan hiburan dengan performa dan kualitas produk yang terbaik, Panasonic…