Kabar Terbaru! APJII Dan Matrix NAP Hadirkan Super MMR dan Super Node IIX di MDC-JK3 untuk Perkuat Layanan Internet Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Senin, 08 Agustus 2022 - 04:41 WIB

Salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terkemuka di Indonesia, PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan kerja sama strategis dalam rangka menjaga, mendorong serta memperkuat keberlangsungan layanan internet di Indonesia.
Salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terkemuka di Indonesia, PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan kerja sama strategis dalam rangka menjaga, mendorong serta memperkuat keberlangsungan layanan internet di Indonesia.

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terkemuka di Indonesia, PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan kerja sama strategis dalam rangka menjaga, mendorong serta memperkuat keberlangsungan layanan internet di Indonesia.

Berlangsungnya kerjasama ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan perjanjian kerjasama antara Matrix NAP Info dengan APJII dalam menghadirkan Super MMR dan Super Node IIX bertepatan dengan peresmian Hall B di MDC (Matrix Data Center)-JK3, Plaza Kuningan pada hari ini.

Melalui kerjasama ini, MDC-JK3 menjadi opsi POI (Point of Interconnection) alternatif baru bagi lebih dari 780 anggota APJII untuk saling terhubung satu sama lain, dan dengan kehadiran Super Node IIX di MDC-JK3 ini menambah redundansi untuk dapat terhubung dengan Route Server Indonesia IX (IIX). Selain daripada itu, hadirnya APJII Super MMR dan IIX Super Node di MDC-JK3 ini juga diharapkan akan membantu mengurangi resiko Single Point Of Failure (SPOF) yang dapat mencegah terjadinya gangguan internet dalam skala besar.

Thomas Dragono, selaku Managing Director Matrix NAP Info yang hadir langsung dalam penandatanganan perjanjian ini menjelaskan “Merupakan kebanggaan bagi kami untuk dapat menghadirkan APJII Super MMR dan IIX Super Node ini untuk menjadi suatu solusi bagi percepatan teknologi informasi Indonesia.” ujar Thomas.

Disaat yang bersamaan, Matrix NAP Info juga menghadirkan layanan MCX (Matrix Cable Xchange) yang melayani rute internasional dan domestik secara redundan dan mandiri. Matrix Cable International Xchange (MCIX / AS55818) terhubung ke 13 Global IX yang terletak di AS, Eropa dan Asia. Sedangkan Matrix Cable Domestic Xchange (MCDX / AS149760) terhubung ke 8 IX berbeda di Jakarta & Surabaya, termasuk diantaranya Matrix Internet Xchange (MIX / AS149918).

Hadir dalam acara ini, Muhammad Arif Angga, selaku Ketua Umum APJII mengatakan “Seperti yang kita tahu, pertumbuhan ISP di Indonesia saat ini semakin tinggi. Hal ini terlihat dari semakin bertambahnya pula anggota APJII yang sudah menyentuh 780. Kami berfikir Data Center di Cyber ini sudah tidak dapat menampung kapasitas lagi, sehingga kami harus melakukan perluasan jangkauan dengan berkolaborasi bersama Matrix NAP Info dalam menghadirkan Super MMR dan Super Node IIX. Kami berharap kedepannya kami dapat bersama-sama mengembangakan ISP di Indonesia agar dapat dinikmati bagi seluruh anggota APJII.” ujar Angga.

Thomas menambahkan melalui MDC-JK3, Matrix NAP Info hadir untuk memfasilitasi anggota APJII dalam menyediakan layanan yang lebih stabil, dan andal bagi para masyarakat Indonesia. Matrix NAP Info berkomitmen untuk meningkatkan kualitas internet Indonesia dengan menjawab kebutuhan infrastruktur TIK sebagai bagian daripada Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024.

PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) adalah perusahaan telekomunikasi terkemuka yang berbasis di Jakarta, Indonesia dan didirikan pada tahun 2000. Kami mengoperasikan Matrix Cable System (MCS), Matrix Cable Xchange (MCX), Matrix Internet Xchange (MIX), Matrix Data Center (MDC), Matrix Cloud dan Matrix Line & Internet. MCS merupakan sebuah system kabel bawah laut internasional swasta pertama yang menghubungkan Jakarta <> Singapura. Sementara MCX telah menjadi pintu gerbang bagi penyedia lokal untuk menjangkau Internet Xchange internasional kelas dunia secara global melalui MCIX dan Internet Xchange domestik melalui MCDX.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…