Kabar Terbaru! APJII Dan Matrix NAP Hadirkan Super MMR dan Super Node IIX di MDC-JK3 untuk Perkuat Layanan Internet Indonesia

Oleh : Kormen Barus | Senin, 08 Agustus 2022 - 04:41 WIB

Salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terkemuka di Indonesia, PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan kerja sama strategis dalam rangka menjaga, mendorong serta memperkuat keberlangsungan layanan internet di Indonesia.
Salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terkemuka di Indonesia, PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan kerja sama strategis dalam rangka menjaga, mendorong serta memperkuat keberlangsungan layanan internet di Indonesia.

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terkemuka di Indonesia, PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melakukan kerja sama strategis dalam rangka menjaga, mendorong serta memperkuat keberlangsungan layanan internet di Indonesia.

Berlangsungnya kerjasama ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan perjanjian kerjasama antara Matrix NAP Info dengan APJII dalam menghadirkan Super MMR dan Super Node IIX bertepatan dengan peresmian Hall B di MDC (Matrix Data Center)-JK3, Plaza Kuningan pada hari ini.

Melalui kerjasama ini, MDC-JK3 menjadi opsi POI (Point of Interconnection) alternatif baru bagi lebih dari 780 anggota APJII untuk saling terhubung satu sama lain, dan dengan kehadiran Super Node IIX di MDC-JK3 ini menambah redundansi untuk dapat terhubung dengan Route Server Indonesia IX (IIX). Selain daripada itu, hadirnya APJII Super MMR dan IIX Super Node di MDC-JK3 ini juga diharapkan akan membantu mengurangi resiko Single Point Of Failure (SPOF) yang dapat mencegah terjadinya gangguan internet dalam skala besar.

Thomas Dragono, selaku Managing Director Matrix NAP Info yang hadir langsung dalam penandatanganan perjanjian ini menjelaskan “Merupakan kebanggaan bagi kami untuk dapat menghadirkan APJII Super MMR dan IIX Super Node ini untuk menjadi suatu solusi bagi percepatan teknologi informasi Indonesia.” ujar Thomas.

Disaat yang bersamaan, Matrix NAP Info juga menghadirkan layanan MCX (Matrix Cable Xchange) yang melayani rute internasional dan domestik secara redundan dan mandiri. Matrix Cable International Xchange (MCIX / AS55818) terhubung ke 13 Global IX yang terletak di AS, Eropa dan Asia. Sedangkan Matrix Cable Domestic Xchange (MCDX / AS149760) terhubung ke 8 IX berbeda di Jakarta & Surabaya, termasuk diantaranya Matrix Internet Xchange (MIX / AS149918).

Hadir dalam acara ini, Muhammad Arif Angga, selaku Ketua Umum APJII mengatakan “Seperti yang kita tahu, pertumbuhan ISP di Indonesia saat ini semakin tinggi. Hal ini terlihat dari semakin bertambahnya pula anggota APJII yang sudah menyentuh 780. Kami berfikir Data Center di Cyber ini sudah tidak dapat menampung kapasitas lagi, sehingga kami harus melakukan perluasan jangkauan dengan berkolaborasi bersama Matrix NAP Info dalam menghadirkan Super MMR dan Super Node IIX. Kami berharap kedepannya kami dapat bersama-sama mengembangakan ISP di Indonesia agar dapat dinikmati bagi seluruh anggota APJII.” ujar Angga.

Thomas menambahkan melalui MDC-JK3, Matrix NAP Info hadir untuk memfasilitasi anggota APJII dalam menyediakan layanan yang lebih stabil, dan andal bagi para masyarakat Indonesia. Matrix NAP Info berkomitmen untuk meningkatkan kualitas internet Indonesia dengan menjawab kebutuhan infrastruktur TIK sebagai bagian daripada Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024.

PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) adalah perusahaan telekomunikasi terkemuka yang berbasis di Jakarta, Indonesia dan didirikan pada tahun 2000. Kami mengoperasikan Matrix Cable System (MCS), Matrix Cable Xchange (MCX), Matrix Internet Xchange (MIX), Matrix Data Center (MDC), Matrix Cloud dan Matrix Line & Internet. MCS merupakan sebuah system kabel bawah laut internasional swasta pertama yang menghubungkan Jakarta <> Singapura. Sementara MCX telah menjadi pintu gerbang bagi penyedia lokal untuk menjangkau Internet Xchange internasional kelas dunia secara global melalui MCIX dan Internet Xchange domestik melalui MCDX.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto Doc Golkar

Kamis, 29 September 2022 - 20:14 WIB

Ekonomi Digital Indonesia akan Capai 150 Miliar US di 2025, Pemerintah Harus Siapkan Infrastruktur dan Tingkatkan SDM

Jakarta - Pertumbuhan Ekonomi digital akan sangat dinikmati oleh kaum muda Indonesia. Untuk itu, pemerintah diminta tidak hanya menyiapkan infrastruktur, tetapi juga meningkatkan sumber daya…

Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu, namun tertunda. Doc DPR

Kamis, 29 September 2022 - 20:06 WIB

Pertemuan Airlangga-Puan Bakal Buka Peluang Koalisi Pilpres 2024

Jakarta- Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu,…

forum diskusi bertema “Kelola Rencana Keuangan Ala Milenial Miliki Properti,”

Kamis, 29 September 2022 - 19:48 WIB

Synthesis Huis Berikan Solusi Keuangan Bagi Executive Milenial untuk Miliki Rumah di Jakarta

Hadirnya Synthesis Huis di wilayah Cijantung, Jakarta Timur dapat dijadikan pilihan hunian bagi semua kalangan termasuk executive milenial. Hal ini diungkapkan oleh Managing Director Synthesis…

dr. Amin Tjubandi, Sp.BTKV(K) dan dr. Hasril Hadis, Sp.JP(K), FIHA

Kamis, 29 September 2022 - 19:36 WIB

Diperlukan Penanganan Cepat untuk Serangan Jantung, Cardiac Ward RS Premier Jatinegara Jadi Andalan

Bertepatan dengan hari jantung sedunia Rumah Sakit Premier Jatinegara (RSPJ) bersama dengan tim Cardiac Center menggelar media gathering sekaligus seminar kesehatan jantung. Acara ini bertujuan…

Cangkang sawit

Kamis, 29 September 2022 - 19:00 WIB

Kemenperin Dorong Ekspor Produk Biomassa Cangkang Sawit ke Jepang

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu perluasan pasar ekspor untuk industri pengolahan kelapa sawit, seperti pengapalan produk biomassa cangkang sawit ke Negeri Sakura.