Festival Musik Indonesia 2022

Oleh : Herry Barus | Minggu, 07 Agustus 2022 - 11:55 WIB

EKI Dance Company
EKI Dance Company

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Festival Musikal Indonesia (FMI) diadakan pada tanggal 20-21 Agustus 2022 di Ciputra Artpreneur. Ada 7 grup yang bakal pentas, yakni Artswara, EKI Dance Company, FlodanzSoka, Kampus Betawi, Jakarta Movin, Swargaloka, dan TEMAN Musicals.

Festival ini juga akan menampilkan Gigi Art of Dance (GAOD), Jakarta Musical Crew (Jaksical), Jakarta Performing Arts Community (JPAC), ASKARA dan Yayasan Prima Unggul (YPU), lima komunitas yang akan bermain di Panggung Karya. Pameran seminar dan workshop tentang musikal di Indonesia akan melengkapi festival ini.

Dan tentu saja tak ketinggalan sajian kuliner khas Nusantara yang bisa dinikmati sepanjang dua hari festival tersebut.

Para penampil akan menyajikan kisah-kisah yang berangkat dari sejarah Indonesia. Seperti Artswara yang mengangkat "Dien", kisah kepahlawanan Cut Nyak Dien.

Menurut Maera Panigoro, executive producer dari Artswara minggu (7/8/2022) , "Dien bakal jadi pentas musical berformat acapella.”

“Ken Dedes” adalah lakon yang dibawakan oleh EKI Dance Company. Titien Wattimena yang menulis skenarionya, akan mengangkat sisi lain dari Ken Dedes, "Kali ini Ken Dedes tak hanya berbicara tentang kisah cinta Ken Dedes dan Ken Arok yang sudah melegenda, tapi juga tentang rahasia-rahasia di balik itu: ambisi, pengkhianatan, dan keberadaan seorang perempuan yang selama ini tak dibicarakan dalam kisah mereka bernama Ken Umang," katanya.

Sedangkan Kampus Betawi menyajikan kisah cinta dan persaudaraan dalam sebuah musikal yang berjudul "BloodBrothers".

Sang sutradara, Atin Supriatin, mengaku berhadapan dengan banyak tantangan dalam menggarap koreografi dalam musikal ini. "Saya mengangkat sisi lain dari kehidupan seorang Jawara Wanita Betawi dengan latar belakang percintaannya dengan dua pria yang ternyata bersaudara kandung tetapi sejak lama terpisah oleh keadaan," Atin Supriatin menjelaskan.

TEMAN Musicals akan mengangkat kisah seorang tokoh aktivis era transisi orde lama, Soe Hok Gie. “Konsep teatrikal musical menggunakan teknik yang terinspirasi dari tulisan-tulisan Gie. Semoga menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu berani berdiri atas nama keadilan,” kata Chriskevin Adefrid, Producer/Writer/Co-Director.

“Tahta Mas Rangsang” adalah musikal yang disajikan oleh Swargaloka.

Bathara Saverigadi Dewandoro menyatakan, "Karya ini akan terasa sangat kekinian dalam kemasan dan penampilannya tanpa meninggalkan tradisi yang telah menjadi signature Swargaloka selama ini. Kami mencoba menempatkan pendekatan tradisi dalam balutan industri musikal yang dapat diterima oleh jaman," katanya.

FlodanzSoka yang mengkhususkan diri dalam menggarap tradisi Flores dan wilayah NTT lain, mengusung lakon “Teka Iku Bo’a Ga’i” sosok pejuang Flores yang melawan penjajah. “Lewat koreografi dan dramaturgi kami akan membawa roh perjuangan di masa itu untuk penonton masa kini,” kata Aidil, sutradara FlodanzSoka.

Sedangkan Jakarta Movin menghadirkan “9 Sembilu” yang mengangkat petikan peristiwa awal tahun 2020 , yaitu perjuangan sembilan perempuan asal Kendeng yang menolak pembangunan pabrik semen di desa mereka. “Kami menyuarakan perjuangan perempuan atas tanah mereka” jelas Barly Amandita dan Pradipta Kartika, selaku produser dan sutradara. nFestival Musikal Indonesia ini adalah festival musikal pertama di Indonesia yang direncanakan akan hadir sebagai festival tahunan.

Diharapkan Festival Musikal Indonesia akan menjadi festival yang dapat mengapresiasi kerja pelaku seni yang terlibat dalam pertunjukkan musikal dari seluruh penjuru Indonesia.

Tiket Festival Musikal Indonesia dapat diperoleh tanpa biaya (gratis) sejak tanggal 8 Agustus melalui loket.com

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Kamis, 18 April 2024 - 06:11 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama para Pejabat utama Mabes TNI, dan segenap Prajurit serta PNS Mabes TNI, melaksanakan Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal 1445…

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe

Kamis, 18 April 2024 - 06:04 WIB

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe Digadang Maju Pilkada Lembata

Tokoh masyarakat Lembata sekaligus politisi senior Herman Yosef Loli Wutun menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam perhelatan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lembata pada Pemilihan…