Pemprov Jabar Siapkan Lima Stadion Dipakai Asian Games 2018

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 Desember 2016 - 19:16 WIB

Asian games 2018-foto IST
Asian games 2018-foto IST

INDUSTRY.co.id - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan lima stadion sepak bola di Provinsi Jawa Barat akan dipakai untuk pelaksanaan cabang olahraga sepakbola pada ajang Asian Games 2018.

"Jadi dalam rapat 5th Olympic Council of Asia (OCA) Coordination Meeting yang dipimpin oleh Ketua OCA dan Menko PMK Ibu Puan Maharani di Jakarta kemarin, lahir kepastian bahwa sejumlah venue di Jabar akan menggelar cabang olahraga Asian Games," kata Iwa Karniwa kepada Antara di Bandung, Kamis (15/12).

Kelima sadion yang diputuskan sebagai lokasi pertandingan cabang olahraga sepakbola Asian Games 2018, kata dia, ialah yakni Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Patriot Kota Bekasi, Jalak Harupat Kabupaten Bandung dan GBLA Kota Bandung.

"Kemudian untuk laga finalnya, belum ada informasi sementara keputusannya itu. Kami menyatakan siap menggelar Asian Games," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, Provinsi Jawa Barat juga siap menjadi tempat pelaksanaan pertandingan cabang olahraga lainnya untuk Asian Games 2018 seperti cabang olahraga sepeda BMX.

"Lalu ada juga untuk cabang paralayang Asian Games juga akan digelar di Gunung Mas, Bogor," kata dia.

Ia mengatakan pada awalnya Kabupaten Sumedang yang pada PON 2016 lalu menggelar cabang tersebut diajukan namun karena pertimbangan jarak, waktu tempuh dan akomodasi maka venuenya berganti ke Bogor.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam rapat tersebut Provinsi Jabar tidak terlalu mendapat banyak catatan dari OCA karena dinilai sudah sangat siap.

"Dan catatan dari cabang olahraga pun menurutnya minim, karena OCA lebih banyak menyoroti kesiapan di DKI dan Palembang. Berdasarkan hasil evaluasi OCA, venue di Jabar tidak mengalami kendala," kata dia.

Sementara itu, terkait anggaran, Iwa mengaku masih akan ada rapat teknis yang dilakukan pemerintah krena venue di Jabar sudah siap digunakan menurutnya tidak akan ada anggaran yang besar dikucurkan.

"Namun kami menyatakan siap menyusuaikan jika ada hibah dari pusat. Dan sampai saat ini juga belum ada anggaran yang menjadi beban APBD," kata Iwa. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Saleh Husin Ketua Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:00 WIB

Jelang Pemilihan Rektor UI, Majelis Wali Amanat Bentuk Panitia Penjaringan Kandidat

Guna menjaring kandidat terbaik dalam pemilihan rektor, Panitia Khusus Pemilihan Rektor Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia telah membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor…

BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:58 WIB

Perkuat Layanan dan Bisnis Logistik, BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Nota kesepahaman tersebut berisikan tentang pelayanan kegiatan bongkar muat dan integrasi sistem logistik.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:30 WIB

Sesalkan Aksi Pembakaran Mapolsek Tambelangan, Khofifah Dukung Polri Usut Tuntas

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyesalkan aksi pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Jawa Timur. Khofifah mendorong Polisi segera memproses hukum siapapun pelaku dan provokator…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:00 WIB

Digelar BCA Autoshow Padang 2019, Pelayanan Kebutuhan pada Kendaraan Bermotor

Inisiatif PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor kembali diwujudnyatakan dalam gelaran BCA Autoshow 2019 pada tanggal 21 Mei…

Dirut LPDB KUMKM Braman Setyo saat mengunjungi Kopwan SBW di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (23/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 - 11:14 WIB

Cegah Kredit Macet, LPDB Mulai Lirik Pola Tanggung Renteng Jadi Role Model

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) tertarik dengan pola tanggung renteng yang dikembangkan oleh Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita (SBW) Jawa…