CAK Imin, Nonton Film Pesantren , Mengaku Terkenang Ketika Jadi Santri

Oleh : Herry Barus | Selasa, 02 Agustus 2022 - 13:06 WIB

Cak Imin (tengah baju putih)
Cak Imin (tengah baju putih)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Tidak banyak produser yang mengangkat cerita seputar kehidupan santri di pesantren. Adalah rumah produksi Negeri Films serta distribusinya di bioskop dilakukan Lola Amaria Productions. Semula film Pesantren dengan konsep dokumenter, namun ditengah jalan sang sutradara Shalahuddin Siregar berkeingian film karyanya bisa dinikmati banyak orang diputar di gedung Bioskop.

"Saya mengenal bang Shalahudin Siregar udah lama, tapi mulai intens sejak ketemu di studio editing di Jerman. Suatu ketika dia bilang film Pesantren bisa tayang di bioskop. Ya, udah saya bantu keinginannya, Alhamdulillah film Pesantren bisa tayang Agustus ini," kata Lola Amaria, yang bertindak sebagai distributor. Ketika bincang dengan awak media, Senin (1/8/2022)

Saat gala premiere film yang bakal beredar di bioskop mulai 4 Agustus 2022 dihadiri Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia periode 2019–2024, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meluangkan waktu nonton bareng (nobar) gala premiere film Pesantren di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan.

Film Pesantren garapan sutradara Shalahuddin Siregar ini membuat Cak Imin mengingat masa sekolah saat duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah Negeri Jombang dan Madrasah Aliyah (MA) Negeri 1 Yogyakarta.

"Saya sangat terharu dan bangga karena film ini orisinil, asli karena belum berubah seperti waktu saya masih kecil (sekolah)," ujar Cak Imin.

Selanjutnya, Cak Imin memuji teknik pengambilan gambar lantaran ada kamera tersembuyi sehingga para santri berakting dengan natural.

"Kalau santri atau ustaz di syuting, biasanya canggung ya tapi mereka terlihat benar-benar natural," puji ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Film Pesantren digarap mengingat Indonesia adalah negara dengan populasi muslim terbesar di dunia dan diketahui memiliki 25.000 pesantren.

Lantaran terkesan tertutup, banyak stigma negatif padanya. Maka, film Pesantren mencoba membuka dan mencari tahu tentang aktivitas para santri di pesantren.

"Film Pesantren adalah usaha untuk mencari tahu tentang hal itu, tentang bagaimana kehidupan para santri di pesantren," kata Lola Amaria usai nonton film Pesantren.

Film Pesantren dibuat sejak tahun 2015 silam, film ini menceritakan tentang dua santri dan seorang guru di Pondok Kebon Jambu Al Islami. Pesantren tradisional itu dipimpin seorang perempuan yang memiliki 2000 santri di Cirebon, Jawa Barat. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.