Apresiasi Terobosan Menteri ATR/BPN, LBH HKTI Siap Bantu Pemerintah Berantas Mafia Tanah

Oleh : Kormen Barus | Senin, 01 Agustus 2022 - 14:49 WIB

Ketua Lembaga Bantuan Hukum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (LBH-HKTI) H. Apriyansyah
Ketua Lembaga Bantuan Hukum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (LBH-HKTI) H. Apriyansyah

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Ketua Lembaga Bantuan Hukum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (LBH-HKTI) H. Apriyansyah, SH.MH, mengapresiasi langkah Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto yang meluncurkan Hotline kontak pengaduan masyarakat melalui WhatsApp di 081110680000 dan melalui aplikasi LAPOR dalam memerangi Mafia Tanah.

 “Sebagai Ketua LBH Himpunan Kerukunan Tani Indonesia yang sering turun kemasyarakat petani, saya sangat mengapresiasi langkah Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN ) Hadi Tjahjanto dalam memerangi mafia tanah," ujar Apriyansyah kepada media di Jakarta 31 Juli 2022.

Menurut  Apriyansyah, masyarakat petani menaruh harapan besar atas terobosan yang dilakukan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) dalam memerangi mafia tanah, di tengah kebutuhan tanah untuk lahan pertanian dalam mewujudkan Ketahanan pangan bangsa Indonesia.

 Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa persoalan mafia tanah yang dilatari oleh motif ekonomi  telah merambat ke semua tingkatan pemerintahan mulai dari tingkat desa, kecamatan,kabupaten/kota di seluruh Indonesia, sehingga untuk memberantasnya tidak bisa sendirian, dalam hal ini Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) tidak bisa berjuang sendiri.

 "Menteri ATR/Kepala BPN tentu saja tidak bisa berjuang sendirian, harus bekerjasama dengan semua stakeholder seperti  Kementerian Keuangan, Kemenkumham dan penegak hukum lain seperti Kehakiman, Kejaksaan dan Kepolisian dan partisipasi masyarakat,” ucap Apriyansyah.

Sebagai Lembaga Batuan Hukum yang bersentuhan langsung ditengah masyarakat petani dalam menyelesaiakan banyak kasus konflik agraria yang dihadapi petani, LBH Himpunan Kerukunan Tani Indonesia siap dan bersedia menjadi mitra strategis Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) dalam memberantas mafia tanah sampai ketingkat pedesaan.

“Kita siap menjadi mitra strategis pemerintah dalam hal ini Menteri Agraria dan Tata Ruang Bapa Hadi Tjahyanto dalam memberantas mafia tanah sampai ke desa-desa,”tegas Apriyansyah. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.