Ekonomi Global Dinilai Tak Dapat Diprediksi, Ini Lima Strategi SCG

Oleh : Hariyanto | Senin, 01 Agustus 2022 - 10:10 WIB

Roongrote Rangsiyopash, President and CEO SCG bersama Thammasak Sethaudom, VP Finance and Investment and CFO SCG
Roongrote Rangsiyopash, President and CEO SCG bersama Thammasak Sethaudom, VP Finance and Investment and CFO SCG

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Ekonomi global saat ini dinilai sangat tidak dapat diprediksi. Roongrote Rangsiyopash, Presiden & CEO SCG  mengamati situasi dan menyelaraskan operasinya lewat  5 strategi.

Kelima strategi tersebut diantaranya adalah pertama, menekan biaya dan meningkatkan pemanfaatan energi alternatif dengan mengadopsi teknologi manufaktur yang efisien, mengurangi limbah, dan meningkatkan proporsi energi alternatif seperti biomassa dan tenaga surya. Saat ini, konsumsi energi alternatif SCG mencapai 16,4%.

Kedua, pengembangan High Value Added Products & Services (HVA) secara berkelanjutan. Contoh inovasi bahan kimia (chemicals), yaitu Post-Consumer Recycled Resin (PCR) tanpa bau dan berkualitas tinggi untuk kemasan ramah lingkungan pada produk yang memerlukan retensi aroma tertentu.

"Selain itu, terdapat terobosan inovasi pembersih udara dari SCG HVAC Air Scrubber yang meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan pengurangan asupan udara luar sehingga menghemat 20-30% biaya listrik," kata Roongrote Rangsiyopash yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (1/8/2022)

Dalam inovasi konstruksi, lanjutnya, CPAC Green Solution, menggunakan teknologi untuk menciptakan desain dan layanan konstruksi untuk solusi pertanian dan solusi pom bensin. Sementara dalam inovasi kemasan (packaging), SCG menciptakan kemasan makanan Fest Chill berbahan kertas, yang dilapisi peelable film yang bisa didaur ulang karena dapat terurai secara organik sehingga cocok untuk layanan pesan antar.

Ketiga, meningkatkan likuiditas keuangan dengan pengelolaan modal yang baik, memastikan persediaan yang mampu memenuhi permintaan pasar, dan kredit penjualan yang diawasi secara ketat. Selain itu, obligasi digital SCGP akan diterbitkan pada 1 Agustus 2022.

Keempat, strategi investasi yang penuh kehati-hatian, meninjau kembali rencana investasi, menunda proyek baru yang tidak mendesak, dan menargetkan proyek pengembalian cepat yang selaras dengan strategi pertumbuhan SCG. Baru-baru ini, SCGP memperluas bisnis Peute Recycling B.V., produsen daur ulang kemasan terbesar di Belanda, serta berinvestasi di Imprint Energy Inc. AS dalam bisnis pembuatan baterai.

Terakhir, mengakselerasi implementasi ESG 4 Plus (Menetapkan net-zero – Go green – mengurangi kesenjangan – kolaborasi, dan transparansi dalam keseluruhan operasi). Pada H1/2022, penjualan inovasi produk ramah lingkungan di bawah label SCG Green Choice mencapai 153.240 miliar Thai Baht (THB), atau setara 50% dari total pendapatan penjualan.

SCG fokus mengurangi kesenjangan sosial akibat dampak dari krisis ekonomi. Setidaknya pada H1/2022, terdapat proyek sosial yang mengakomodir 4.366 peserta meliputi tiga aspek penanganan.

Pertama, meningkatkan pendapatan masyarakat melalui berbagai program pengembangan seperti ilmu wirausaha, karir bagi penyandang disabilitas, renovasi rumah, dan keterampilan lainnya yang dibutuhkan generasi muda.

Kedua, meningkatkan keterampilan kontraktor untuk stabilitas pekerjaan. Ketiga, memperluas kesempatan kerja seperti memberikan kredit bagi kontraktor untuk mempermudah pembelian material konstruksi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Kerja Bakti Bersihkan Gereja

Minggu, 05 Februari 2023 - 05:01 WIB

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Kerja Bakti Bersihkan Gereja

Pererat tali silaturahmi dalam kerukunan umat beragama, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya melaksanakan kerja bakti pembersihan Gereja Katholik Santa Theresia Calkuta Kp. Muare, Distrik Mimika…

Satgas Yonif Mekanis 203/AK Tanamkan Hidup Sehat Kepada Masyarakat Distrik Malagayneri Dengan Mengadakan Lomba Volly

Minggu, 05 Februari 2023 - 04:55 WIB

Satgas Yonif Mekanis 203/AK Tanamkan Hidup Sehat Kepada Masyarakat Distrik Malagayneri Dengan Mengadakan Lomba Volly

Personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK menghimbau kepada masyarakat Pegunungan Tengah untuk hidup sehat dengan ikut berpartisipasi dalam perlombaan bola volly yang diselenggarakan di Lapangan…

Latihan SBO Bakamla RI dengan USCG Resmi Berakhir

Minggu, 05 Februari 2023 - 04:45 WIB

Latihan SBO Bakamla RI dengan USCG Resmi Berakhir

Latihan Small Boat Operation (SBO) bagi personel Bakamla RI oleh Mobile Training Team (MTT) United States Coast Guard (USCG) resmi ditutup. Seremonial penutupan latihan dilakukan dengan khidmat…

Teken MoU dengan KCIC, bank bjb Hadirkan Berbagai Produk, Jasa dan Layanan Perbankan

Sabtu, 04 Februari 2023 - 19:39 WIB

Teken MoU dengan KCIC, bank bjb Hadirkan Berbagai Produk, Jasa dan Layanan Perbankan

Jakarta - bank bjb menandatangani perjanjian Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) untuk meningkatkan sinergi dalam optimalisasi produk, jasa dan layanan perbankan.

Tiga Artis Cantik Kunjungi Klinik Queen Plastic Surgery

Sabtu, 04 Februari 2023 - 15:26 WIB

Tiga Artis Cantik Kunjungi Klinik Queen Plastic Surgery

Tengah menjadi trend perawtan kecantikan dilakukan secara berbarengan. Hal itu dilakukan oleh tiga selebritas cantik, Vera Borneo, Indah Purnamasari dan Helena Sienca Maya yang ramai-ramai mengunjungi…