Apkasi 2022, Mentan SYL Disebut Panutannya Bupati Seluruh Indonesia

Oleh : Wiyanto | Minggu, 24 Juli 2022 - 13:41 WIB

Mentan SYL memetik cabai rawit
Mentan SYL memetik cabai rawit

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengapresiasi pemulihan ekonomi yang dilakukan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melalui sektor pertanian.

Meski belum sepenuhnya cerah, namun kata dia, upaya tersebut telah memberi dampak baik terhadap pertumbuhan ekonomi ditengah pandemi.

"Kita bisa optimis melihat Indonesia sudah melewati badai terberat dari krisis, kita mulai melangkan ke dalam pemulihan. Memang hari belum sepenuhnya cerah, namun track pemulihan semakin meningkat bersama kita mewujudkan semangat," ujar Sutan Riska yang juga sebagai Bupati Dharmasraya, Rabu, 20 Juli 2022.

Sebagaimana data BPS, pertanian memberi andil besar dalam pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi. Seperti diketahui, ekspor pertanian dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, produksi beras surplus dan nilai tukar petani meningkat tinggi.

Sebatas Informasi, roduksi beras nasional pada tahun 2019 mencapai 31,31 juta ton, meningkat di tahun 2020 menjadi 31,36 juta ton dan di tahun 2021 sebesar 31,33 juta ton. Disisi lain, ekspor pertanian dari tahun ke tahun juga mengalami kenaikan tinggi yang diikuti kenaikan NTP maupun NTUP.

Bagi Sutan Riska, SYL merupakan sosok dibalik berbagai capaian tersebut. SYL adalah pemimpin berpengalaman dan memiliki track record birokrat cukup panjang. Dia juga memiliki semangat tinggi dalam kemajuan bangsa dan negara. Terutama dalam kemajukan sektor pertanian Indonesia.

Bahkan dalam kesempatan ini, Sutan memberi pantun khusus untuk SYL yang hadir bersama Mendagri Tito Karnavian. SYL sendiri membuka langsung Apkasi Otonom Ekspo 2022 di Jakarta.

"Jembatan barelang terlihat indang nian, duduk sendiri sambil menikmati roti, selamat datang bapak menteri pertanian pendiri apkasi dan panutan bupati"

Penutup kita ada pantun dua, "Bunga selasih tumbuh di plataran tangkainya berjumlah delapan, terimakasih atas kehadiran pak Menteri Pertanian." demikian pantun penutup Sutan Riska.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Melalui Kolaborasi Produk Merchandise Sharp X The Goods Dept, Galang Dana Untuk Pembiayaan Pelatihan Garuda INAF

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:55 WIB

Sharp Indonesia Dukung Timnas Berlaga di Piala Dunia 2022

Jakarta – Dunia sepak bola Indonesia makin menancapkan taringnya, tidak hanya tingkat Asia namun juga dunia. Berita bahagia hadir melalui tim Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI)…

Setelah Meresmikan Pabrik Baru di Mojokerto, PT. Arwana Citramulia Tbk (ARNA) juga Mulai Operasikan PLTS Atap

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:44 WIB

Keren! Setelah Meresmikan Pabrik Baru di Mojokerto, PT. Arwana Citramulia Tbk (ARNA) juga Mulai Operasikan PLTS Atap

Jakarta - PT Arwana Citramulia Tbk (Arwana Ceramics), sebagai emiten pabrik keramik dan porselen di Indonesia mulai beralih menggunakan tenaga surya (PLTS Atap) untuk kegiatan operasional di…

Rayakan HUT ke-30, BRI Danareksa Sekuritas Tawarkan Promo Fee Transaksi 0,1% Hingga 1 Tahun

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:34 WIB

Rayakan HUT ke-30, BRI Danareksa Sekuritas Tawarkan Promo Fee Transaksi 0,1% Hingga 1 Tahun

Jakarta– Dalam rangka memeriahkan HUT ke-30, BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) memberikan penawaran promo khusus kepada nasabah BRI pengguna aplikasi BRI mobile (BRImo) berupa promo fee transaksi…

 Menko Airlangga Hartarto Berperan Penting Dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:24 WIB

Menko Airlangga Hartarto Berperan Penting Dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Jakarta-Menko Airlangga Hartarto disebut strategis dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Daftar Serentak ke KPU, Soliditas KIB Masih Terjaga

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:21 WIB

Daftar Serentak ke KPU, Soliditas KIB Masih Terjaga

Jakarta- Tiga partai anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mendaftarkan diri bersamaan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan Koalisi Indonesia…