Baznas Buka Sekolah SMP Gratis untuk Yatim

Oleh : Irvan AF | Jumat, 23 Juni 2017 - 03:28 WIB

Peresmian SMP Cendekia Baznas. (Foto: IST)
Peresmian SMP Cendekia Baznas. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka sekolah unggulan gratis.  Siswa angkatan pertama dari kalangan yatim dan dhuafa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sebanyak 60 siswa dan siswi baru angkatan 2017/2018 telah lolos seleksi dan akan memulai pendidikan pada 8 Juli 2017 mendatang.

Direktur Pendistribusian, Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Nasional Baznas Nasir Tajang mengatakan, program SMP Cendekia Baznas bertujuan untuk mendidik siswa agar memiliki akhlakul karimah, meningkatkan angka partisipasi wajib belajar dan meningkatkan derajat pendidikan mustahik. Persyaratan untuk dapat menjadi anak didik

Dari seleksi yang dilakukan oleh tim, terpilih 60 siswa dan siswi dari 16 kota di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Riau hingga Nusa Tenggara Timur. Mereka akan dididik secara intensif oleh guru-guru pilihan dan tinggal di asrama secara gratis.

“Baznas mengembangkan sekolah unggulan dari dana zakat yang ditunaikan oleh para muzaki. Ini menjadi bagian dari Program Pendidikan Baznas yang bercita-cita mengangkat derajat mustahik untuk menjadi muzaki dengan memberikan kesempatan bagi mereka menimba ilmu di tempat yang berkualitas,” katanya.

SMP Cendekia Baznas yang pertama kali didirikan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk kemudian dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia bersama Baznas tingkat Provinsi.

Kepala SMP Cendekia Baznas, Sri Nurhidayah mengatakan, Setiap provinsi Indonesia sangat memungkinkan memiliki sekolah unggulan yang berbasiskan dana zakat. Sekolah-sekolah ini akan menjadi katup pengaman adik-adik mustahik sekaligus pusat pendidikan bagi masyarakat.

“Sekolah berbasis dana zakat yang akan memiliki kebermanfaatan, bukan saja bagi para siswa tetapi juga guru dan masyarakat sekitarnya. Kebermanfaatan pertama adalah bagi para siswa, yakni mengoptimalisasi potensi dan karakter siswa,” katanya.

Selama ini, potensi-potensi akademik ataupun potensi non akademik anak-anak dhuafa sering tidak dikenali. Penyebab utamanya adalah anak-anak dhuafa biasanya bersekolah di sekolah marginal.

“Sekolah yang hidup dalam keadaan pas-pasan, kualitas guru yang memprihatinkan, jumlah siswa yang terlalu banyak, dan sarana prasarana yang sangat terbatas. Saat sekolah berhasil menemukenali potensi siswanya, maka optimalisasi potensi sangat mungkin dilakukan. Dan dengan pembinaan melalui pembiasaan serta teladan terbaik, karakter anak-anak akan terbentuk,” katanya.

 “Membangun karakter, mengoptimalkan potensi” merupakan prinsip utama pembinaan siswa. Dengan prinsip ini, SMP Cendekia memiliki kekhasan berupa proses seleksi yang menggunakan psikotes untuk mengenali potensi yang dimiliki siswa, bukan sekedar ukuran intelegensi semata.

“Dalam kegiatan belajar mengajar, seluruh orang dewasa, guru, karyawan administrasi, maupun seluruh tim operasional adalah pendidik. Bukan hanya siswa, semua sivitas akademika memiliki rencana pengembangan diri,” katanya.

Usai siswa lulus sekolah, Baznas akan memastikan bahwa siswa tetap berlanjut dan terpantau menjadi tanggung jawab pengelola sekolah. Pasca lulus, siswa akan menjadi penguat gerakan zakat, saling terhubung dan senantiasa bergerak bersama.                                                                       

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.