Jasindo dan Pemkot Padang Panjang Perkuat Petani dengan Asuransi

Oleh : Herryy Barus | Selasa, 05 Juli 2022 - 07:16 WIB

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)
PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo berkomitmen dengan Dinas Pertanian Kota Padang Panjang untuk meningkatkan proteksi para petani melalui Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Komitmen ini dituangkan melalui penandatanganan perjanjian kerjasama yang dilakukan oleh Erwan Dallymartha, selaku Branch Manager Asuransi Jasindo Padang dan Ade Nafrita Anas selaku Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Panjang untuk membantu kelancaran program AUTP ke depannya.

Menurut Cahyo Adi selaku Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo, terjadinya kerjasama ini merupakan bentuk kepedulian bersama antara Dinas Pertanian Kota Padang Panjang dengan Asuransi Jasindo yang tergabung dalam holding asuransi BUMN, Indonesia Financial Group (IFG), dalam memberikan perlindungan kepada petani melalui program AUTP.

“Ini merupakan bukti nyata kepedulian dinas terkait dan kami sebagai perusahaan asuransi yang ditunjuk oleh pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada petani padi melalui program AUTP,” tuturnya.

Kerjasama ini bertujuan untuk meringankan petani dalam pembayaran premi 20 persen yang seharusnya dibayar oleh petani secara mandiri dan memberikan kesempatan kepada petani yang mendapatkan program ini agar dapat merasakan efek positif dari hadirnya asuransi.

Cahyo menambahkan, program kerjasama Asuransi Jasindo dengan Dinas Pertanian Kota Padang Panjang ini dapat menjadi stimulus bagi kabupaten lainnya di wilayah Sumatra Barat agar melakukan hal yang sama.

“Program kerjasama ini diharapkan dapat mendorong daerah lainnya untuk melakukan hal yang sama, karena dengan adanya program kerjasama seperti ini dapat memberikan kemudahan kepada petani dalam merasakan manfaat asuransi sehingga kedepannya para petani merasa harus menyisihkan penghasilannya untuk membayar premi asuransi secara mandiri,” ujarnya

Asuransi Jasindo juga secara intens melakukan koordinasi dengan dinas terkait di propinsi lainnya dalam mendukung program AUTP, selain itu dengan sudah terdigitalisasinya proses pendaftaran pada system aplikasi SIAP sampai dengan pengajuan klaim untuk Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) menjadi nilai tambah sehingga dinas dan penyuluh pertanian semakin dipermudah dalam mendukung program AUTP sekaligus membantu petani agar terlindungi dari risiko gagal panen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) (thepresidentpost)

Selasa, 09 Agustus 2022 - 09:08 WIB

Bappenas: Indonesia Dorong Dunia Serius Wujudkan Ekosistem Karbon Biru

Jakarta – Indonesia mendorong dunia khususnya negara anggota G20 mengelola ekosistem blue carbon (karbon biru) secara berkelanjutan.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi

Selasa, 09 Agustus 2022 - 09:00 WIB

Ekonomi RI Tumbuh di Atas Rata-rata Global, Pengamat 'Acungi Jempol' Kinerja Pemerintah di Bidang Ekonomi

Pengamat Ekonomi Mohammad Faisal mengapresiasi kinerja pemerintah di bidang ekonomi setelah pertumbuhan ekonomi Indonesia dipastikan berada di atas rata-rata global. Dikatakan Faisal, pertumbuhan…

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:19 WIB

Peduli Lingkungan, Allianz Indonesia Ajak Masyarakat Kelola Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli kembali melanjutkan kegiatan pembuatan eco enzyme bersama para guru SDN 07 Pulogadung sebagai mitra kolaborasi, para Kader Posyandu dan Bank…

Allianz Indonesia panen ECO enzyme

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:14 WIB

Peduli Lingkungan, Allianz Indonesia Ajak Masyarakat Kelola Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli kembali melanjutkan kegiatan pembuatan eco enzyme bersama para guru SDN 07 Pulogadung sebagai mitra kolaborasi, para Kader Posyandu dan Bank…

Menko Airlangga Hartarto saat menjajal mobil listrik Wuling Air ev

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:10 WIB

Jajal Mobil Listrik Wuling Air ev, Menko Airlangga: Tidak Ada Suaranya..

Wuling Motors (Wuling) resmi meluncurkan produksi perdana kendaraan listrik, Wuling Air ev di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Dengan kapasitas produksi mencapai 10.000 unit per…