Pertama di Dunia, Venesia Akan Terapkan Biaya Reservasi untuk Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 04 Juli 2022 - 15:00 WIB

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)
Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

INDUSTRY.co.id - Mulai Januari 2023, Venesia akan mewajibkan wisatawan harian untuk melakukan sistem reservasi serta membayar biaya masuk untuk wisatawan.

Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk mengelola dan membatasi jumlah wisatawan yang masuk Venesia karena menyebabkan jalan-jalan umum menjadi sempit karena padatnya wisatawan.

Melansir dari laman Times of India, seorang pejabat Venesia pada hari Jumat meluncurkan aturan baru untuk pelancong harian, yang mulai berlaku pada 16 Januari 2023.

Pendekatan reservasi dan biaya telah dibahas beberapa tahun yang lalu, tetapi ditunda selama pandemi. Pembatasan perjalanan Covid-19 membuat pariwisata di Venesia hampir lenyap.

Lonjakan kunjungan wisatawan ke Venesia dimulai pada pertengahan 1960-an. Jumlah pengunjung terus meningkat, sementara jumlah orang Venesia yang tinggal di kota itu terus berkurang, kewalahan oleh kemacetan, tingginya biaya pengiriman makanan dan barang-barang lainnya di Venesia tanpa mobil, dan seringnya banjir yang merusak rumah dan bisnis.

"Dengan aturan baru itu, Venesia bertujuan untuk menemukan keseimbangan antara penduduk (Venesia) dan pengunjung jangka panjang dan jangka pendek," kata Wakil Dewan Pariwisata Venesia Simone Venturini.

Dia menyebut Venesia sebagai kota pertama di dunia yang menerapkan sistem seperti itu untuk wisatawan.

Pejabat pariwisata itu menyatakan harapan bahwa kewajiban biaya dan reservasi akan mengurangi gesekan antara pengunjung harian dan penduduk. 

Pengecualian untuk biaya perjalanan sehari termasuk anak-anak di bawah 6 tahun, penyandang disabilitas dan mereka yang memiliki apartemen liburan di Venesia, asalkan mereka dapat menunjukkan bukti bahwa mereka membayar pajak real estat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:06 WIB

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Jakarta-Sepanjang semester I tahun 2022 investasi di bidang properti mengalami pertumbuhan yang positif dengan nilai Rp 584,6 triliun atau tumbuh 8,8 persen. Hal ini terjadi sering mulai pulihnya…

Mentan SYL di HUT RI

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:59 WIB

Mentan SYL Sampaikan Terimakasih Kepada Para Petani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan terimakasih atas perjuangan para petani yang selama ini terus berproduksi.

Kementan MoU dengan Nestle

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:09 WIB

Kementan Gandeng PT. Nestle Tingkatkan Produksi Susu di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan produksi susu di Indonesia, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menggandeng PT. Nestle Indonesia.

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:08 WIB

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022, tidak hanya berlangsung khidmat, tapi juga meriah. Selain…

 Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) akan terus berkontribusi untuk bangsa," demikian disampaikan Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. kepada awak media sesaat…