Rayakan 4th Anniversary, Faxtor Indonesia Dukung Potensi Industri Test Publisher

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 02 Juli 2022 - 12:55 WIB

Faxtor Indonesia Dukung Potensi Industri Test Publisher
Faxtor Indonesia Dukung Potensi Industri Test Publisher

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Inovasi Pemuda Indonesia (Faxtor Indonesia) merayakan ulang tahun ke-4 pada Sabtu (2/7/2022). Dalam rangka perayaan ulang tahun, Faxtor Indonesia menggelar webinar sekaligus virtual launching Faxtor Indonesia sebagai perusahaan Test Publisher di Indonesia. 

Bertajuk ‘Peran Test Publisher dan Urgensi Pengembangan Alat Ukur di Indonesia’, webinar ini terbagi ke dalam dua sesi dan diisi oleh pembicara ahli, seperti CEO Association of Test Publisher (ATP) Global William G Haris, Behavioral Science Expert Aulia Iskandarsyah, Ahli Program Asesmen dan Intervensi Whisnu Yudiana, dan Ahli Psikometri Wahyu Widhiarso.

Puncak acara perayaan ulang tahun ini diisi dengan virtual launching dari layanan Faxtor sebagai test publisher. Launching ini menjadi ajang perkenalan Faxtor Indonesia kepada masyarakat sebagai perusahaan test publisher pertama di Indonesia. Dengan itu, Faxtor Indonesia resmi terdaftar sebagai bagian dari Association of Test Publishers (ATP) dan menjadi perusahaan yang berperan untuk menjaga integritas layanan dan produk asesmen.

“Dalam rangka ulang tahun ke-4 Faxtor Indonesia, perayaan ini menjadi sebuah grand gestures untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat sebagai perusahaan test publisher pertama Indonesia. Sebagai test publisher, Faxtor Indonesia terus berfokus dalam pengembangan alat ukur psikologi dengan tetap menjaga integritas alat ukur di Indonesia. Kami juga akan berkolaborasi dengan para praktisi dan akademisi dalam pengembangan alat ukur psikologi di Indonesia,” ungkap Anjar Kartapura, CEO Faxtor Indonesia, Sabtu (2/7/2022).

Melalui layanan ini, para professional psikolog maupun pelaku industri dapat mempercayai alat ukur yang dipublikasikan oleh Faxtor Indonesia untuk digunakan dalam pengetesan psikologi. Para psikolog dapat dengan mudah mengakses alat ukur dan layanan asesmen tanpa perlu khawatir dengan hak cipta alat ukur maupun kebocoran tes.

Kualitas alat ukur yang dipublikasikan dapat dijamin oleh Faxtor Indonesia yang telah berkomitmen untuk menjaga integritas alat ukur psikologi di Indonesia. Dalam hal ini, perusahaan berpegang teguh pada kaidah ilmiah, kode etik psikologi, dan koridor psikometri yang ada.

“Kami mengajak para professional di bidang psikologi untuk berkolaborasi dalam pengembangan alat ukur sendiri yang dapat digunakan kembali oleh praktisi psikolog atau industri lain di Indonesia. Alat ini dapat digunakan untuk melakukan asesmen psikologi, baik untuk kepentingan riset, pendidikan atau bahkan recruitment pada industri,” tutur Anjar.

Dengan peresmian ini, diharapkan masyarakat terutama kalangan psikologi maupun profesional pengguna jasa asesmen, dapat lebih mengenal peran test publisher. Selain itu, harapannya akan semakin banyak stakeholders yang berkontribusi dalam pengembangan alat ukur di Indonesia melalui kolaborasi dengan Faxtor Indonesia.

“Kami ingin membentuk awareness di masyarakat dan psychometric landscape di indonesia. Kami juga ingin memberikan kontribusi kepada komunitas psikologi dalam menghadirkan validitas dan jaminan untuk pengembangan alat ukur psikologi di Indonesia,” ujar Anjar.

Selain mengadakan webinar dan virtual launching, Faxtor Indonesia juga akan melaksanakan program asesmen yang diberikan kepada sejumlah siswa SMP sebagai rangkaian perayaan ulang tahun perusahaan. 

Asesmen dilaksanakan untuk siswa dengan berkolaborasi dengan dua komunitas  dua organisasi pemuda non profit di Indonesia, yaitu Pengajar Muda dari Gerakan Indonesia Mengajar dan Komunitas Muda Bermula. Keduanya merupakan organisasi yang didirikan oleh pemuda Indonesia dalam visinya untuk peningkatan kualitas pendidikan bagi anak bangsa. 

Program asesmen ini ditujukan untuk memberikan deskripsi dan dinamika minat dari para siswa untuk eksplorasi karier siswa. Peserta dari asesmen ini adalah siswa SMA di Kabupaten Maybrat, Papua Barat, juga siswa SMP Juara.
 
Program ini juga dilaksanakan melalui kolaborasi dengan biro psikologi di Indonesia. Para biro berperan dalam menyediakan laporan asesmen untuk para siswa, berupa laporan dinamika minat dan bakat siswa yang terdiri dari hasil tes kognitif, inventori minat, serta gaya belajar. Faxtor Indonesia berperan sebagai penyedia alat ukur dan konfigurasi tes daring. 

Hasil dari program asesmen ini akan berbentuk laporan yang dibuat oleh para psikolog associate yang berpengalaman dalam melakukan asesmen, khususnya menggunakan alat ukur Faxtor Indonesia. Laporan ini dapat digunakan oleh siswa, guru, maupun, orang tua dalam memetakan minat dan potensi karier siswa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…