Pasien Hanny Thercia Terbantu Berobat dengan Prof Terawan Putranto

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 02 Juli 2022 - 10:15 WIB

Pasien Hanny Thercia Terbantu Berobat dengan Prof Terawan Putranto
Pasien Hanny Thercia Terbantu Berobat dengan Prof Terawan Putranto

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Seorang pasien di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, bernama Hanny Thercia Santoso (63) mengaku sangat terbantu setelah berobat dengan mantan Menteri Kesehatan, Prof Dr dr Terawan Agus Putranto, SpRad(K).  

Hanny bercerita, waktu umur 22 dia dinyatakan terjangkit Leukimia. Setiap hari dirinya harus mengkonsumsi obat, mulai dari obat penahan sakit hingga obat tidur.

Hal itu, kata dia, sudah berlangsung selama kurang lebih 42 tahun.

"Bulan kemarin, saya coba DSA (Digital Subtraction Angiography). Ternyata setelah sebulan ini saya udah nggak makan antibiotik, saya nggak makan obat penahan sakit, badan saya terasa ringan," ujarnya, saat berbincang dengan wartawan, Jumat (1/7/2022).  

"Mata saya yang tadinya burem, yang sudah mau operasi katarak nggak jadi karena saya sudah bisa melihat, sudah nggak ada bayang-bayang lagi," imbuhnya warga Taman Sari, Jakarta Barat itu.

Pasien dokter Terawan itu mengatakan, sangat terbantu dengan metode pengobatan yang dilakukan pensiunan jenderal TNI berpangkat Letjen itu. 

"Alangkah sayangnya kalau kita punya dokter sampai tidak diakui, apalagi sampai ditendang ke luar, jadi kita orang Indonesia cari dokter ke luar negeri, padahal dokter kita di sini hebat-hebat. Salah satunya dokter Terawan, saya tertolong sekali dengan kondisi badan saya oleh dokter Terawan," ungkapnya.

Sebagai pasien, Hanny mengaku sangat menyesalkan jika izin praktik dokter Terawan tidak bisa diperpanjang. 

"Itu namanya merugikan, bukan kita saja (pasien) tapi merugikan negara. Karena, dokter-dokter kita yang bagus-bagus kebanyakan sudah terusir ke luar. Jadi pemasukannya ke luar, harusnya dokter kita yang baik dan bagus harus kita lindungi dan cover, pemasukan juga bagus, orang-orang berobat ke negeri kita. Perekonomian kita terbantu. Aset bangsa kita tuh dokter Terawan," tuturnya. 

Jika izin praktik dokter Terawan tidak bisa diperpanjang, lanjut Hanny, sebagai pasien dirinya akan mengajukan protes.

"Kalau sampai nggak boleh (izin praktik diperpanjang) saya sih bener-benar kesal. Kalau perlu demo saya demo, haknya kita pasien untuk demo. Karena kita terbantu banyak dengan dokter Terawan, dari yang kita sakit harus makan obat terus jadi berkurang. Makanya kalau dokter Terawan nggak bisa praktik, disetop, sedih banget. Kita demo, kita pertahankan dokter kita," tegasnya.

Kepada pemerintah, Hanny berharap agar bisa menimbang mana dokter yang benar-benar tulus menangani pasien.

"Pemerintah supaya bisa menimbang yang mana benar dan salah. Jangan nurutin aja, harus ditimbang dong, mana yang berguna," pungkasnya. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…