Tumbuh 36,62%, Metland Catatkan Laba Rp372 Miliar

Oleh : Ridwan | Sabtu, 02 Juli 2022 - 10:30 WIB

Jajaran Direksi Metland seusai agenda RUPST (Foto:Ridwan/Industry.co.id)
Jajaran Direksi Metland seusai agenda RUPST (Foto:Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bekasi - PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) mencatatkan laba bersih tahun buku 2021 yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp372 miliar pada laporan tahun buku yang berakhir 31 Desember 2021. 

Jumlah tersebut meningkat 36,62% dari tahun sebelumnya sebesar Rp272 miliar.

"Tahun 2021 Metland mencatatkan kinerja yang baik dan membukukan peningkatan laba, walaupun pandemi masih merupakan salah satu tantangan yang harus dilalui,” ujar Olivia Surodjo, Direktur PT Metropolitan Land Tbk, usai pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Jumat (1/7).

Dari jumlah laba tersebut, Metland membagikan dividen sebesar 17,5% dari laba bersih tahun buku 2021 yaitu sebesar Rp65,07 miliar kepada pemegang saham sebanyak 7.655.126.330 lembar saham atau sebesar Rp8,50 per saham. 

Rapat juga memutuskan laba yang akan dialokasikan sebagai cadangan sebesar Rp2 miliar. Sedangkan sisanya dibukukan sebagai laba ditahan untuk menambah modal kerja perseroan.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Metropolitan Land, Anhar Sudradjat menjelaskan bahwa perseroan juga berhasil mencatat pertumbuhan aset tahun 2021 sebesar 8,04% menjadi Rp6,4 miliar dan peningkatan ekuitas sebesar 8,08% menjadi Rp4,4 miliar.

Total nilai pendapatan perseroan selama tahun 2021 juga telah kembali tumbuh positif yaitu sebesar Rp1,199 miliar meningkat 7,96% dari tahun sebelumnya Rp1,111 miliar.

"Peningkatan tersebut dikontribusi oleh penjualan tanah dan bangunan kepada konsumen," jelasnya. 

Adapun pembukuan penjualan terbesar berasal dari proyek Metland Menteng dan Wisteria, Metland Cyber City dan Metland Cibitung.

Dari total penjualan di sepanjang 2021, semua proyek perseroan turut memberikan kontribusi dengan besaran 73% dari usaha penjualan properti residensial dan penjualan properti strata title.

Kemudian 18% dari pendapatan sewa pusat perbelanjaan, 6% dari pengoperasian hotel dan 3% dari pengoperasian pusat rekreasi, perkantoran dan pendapatan lain-lain.

Sepanjang tahun 2021, perseroan melakukan strategi pemasaran dengan menyelenggarakan kegiatan virtual expo bertajuk 'Metland Expo Blanjaproperti'21'.

Perseroan juga melakukan penambahan fasilitas komersial dalam kawasan yaitu wahana bermain Waterland di Metland Cibitung.

Selain itu, perseroan melalui anak usahanya PT Sumber Tata Lestari mulai mengoperasikan Hotel Horison Ultima Kertajati. Hotel berbintang empat ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akomodasi penumpang pesawat udara serta masyarakat lain yang beraktivitas di Bandara Kertajati serta kebutuhan MICE tang terletak di Majalengka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SoPa akuisisi NusaTrip

Senin, 15 Agustus 2022 - 20:12 WIB

Akuisisi Nusatrip, Society Pass Resmi Masuki Pasar Indonesia

Society Pass Inc. (SoPa), ekosistem e-commerce dan loyalty terkemuka di Asia Tenggara secara resmi mengumumkan akuisisi atas NusaTrip, agensi travel online (OTA) yang bermarkas di Jakarta, dan…

Sarihusada

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:34 WIB

68 Tahun Berdiri, Sarihusada Konsisten Berikan Nutrisi untuk Keluarga Indonesia

Sarihusada sebagai perusahaan penyedia nutrisi untuk ibu, anak dan keluarga Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-68 pada 14 Agustus 2022, dengan menegaskan komitmennya untuk memberikan nutrisi…

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih penghargaan dari organisasi independen internasional atas upaya perseroan dalam penerapan ekonomi hijau untuk memerangi perubahan iklim.

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:07 WIB

Keren! BTN Raih Apresiasi dari Carbon Disclosure Project

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih apresiasi dari Carbon Disclosure Project (CDP) atas partisipasi, inisiatif, dan konsistensi perseroan dalam menerapkan berbagai strategi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:54 WIB

Strategi Sukses Swasembada Beras Perlu Diadopsi untuk Komoditas Pangan Lain

Jakarta- Indonesia menerima penghargaan dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) karena telah memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras pada periode…

SUCOFINDO Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:32 WIB

Sucofindo Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

Jakarta- PT Sucofindo mendukung Kementerian Perindustrian dalam optimalisasi penyerapan garam lokal, yaitu melalui verifikasi neraca komoditas garam.