Tingkatkan Literasi Membaca, WOM Finance Ajak Puluhan Siswa Library Tour

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 30 Juni 2022 - 22:46 WIB

Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 55 Jakarta sedang mengikuti serangkaian acara Library Tour yang diselenggarakan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta Pusat. (Foto: Humas WOM Finance)
Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 55 Jakarta sedang mengikuti serangkaian acara Library Tour yang diselenggarakan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta Pusat. (Foto: Humas WOM Finance)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Membaca adalah salah satu kegiatan memperluas wawasan tentang dunia luar. Berbagai informasi banyak diperoleh dengan cara membaca koran, buku dan lainnya. Dalam mendukung budaya minat baca para siswa sekolah, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) atau WOM Finance mengelar kegiatan yang melibatkan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri  (SMPN) 55 Jakarta.

 

Pada Kamis (30/6/2022), puluhan siswa SMPN 55 Jakarta melakukan library tour ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jl. Medan Merdeka Selatan No.11, Gambir, Jakarta Pusat, dengan didampingi beberapa guru. Selama di Perpustakaan Nasional ini, siswa berkeliling perpustakaan, menonton film edukasi bersama dan bermain permainan yang dibagi dalam beberapa kelompok.

 

Cincin Lisa Hadi, Direktur WOM Finance, mengatakan, kegiatan library tour dengan mengajak siswa-siswi SMPN 55 Jakarta ini merupakan kampanye membaca dan dukungan terhadap program pemerintah guna menggalakkan budaya membaca di masyarakat, terutama usia anak sekolah.

 

Ia berharap, anak-anak usia sekolah pada umumnya dan siswa SMPN 55 Jakarta dapat memiliki kemampuan literasi yang baik. Untuk itu, penguatan literasi terus dilakukan melalui pengenalan media baca konvensional maupun digital. Dengan adanya library tour ini, WOM Finance mengajak semua masyarakat untuk kembali ke perpustakaan. Sebab, perpustakaan adalah tempat untuk mengenal berbagai ilmu pengetahuan dan mendokumentasikan pengetahuan sesuai dengan zamannya.

 

“Oleh karena itu, kami mengajak anak-anak usia sekolah supaya lebih kenal, lebih tahu, lebih dekat dengan fungsi perpustakaan itu sendiri di zaman sekarang. Dulu kita berpikir, mungkin perpustakaan itu hanya tumpukan buku-buku saja, tapi sekarang tidak, lebih luas dapat dimanfaatkan oleh anak-anak zaman sekarang,” papar Cincin.

 

Sementara itu, Kepala SMPN 55 Jakarta, Leonora Fitri Agustina Hutabarat, M.Pd mengatakan, kegiatan library tour ini mendukung program pemerintah,sejalan dengan semangat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar pelajar berkemampuan literasi serta numerasi yang baik untuk diaplikasikan dalam kehidupan mereka masing-masing.

 

“Sekarang ini program pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat sangat beragam, dimulai dari sekolah dimana budaya literasi mulai ditanamkan, fasilitas buku murah serta pembangunan perpustakaan. Ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi membaca siswa Indonesia di kemudian hari dan tidak kalah dibanding negara lain,” imbuh Cincin.

 

 

 

Tentang WOM Finance

 

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk didirikan pada 1982 dengan nama PT Jakarta Tokyo Leasing yang bergerak di bidang pembiayaan sepeda motor, khususnya sepeda motor Honda. Pada 2000, Perseroan mengubah nama menjadi PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk. Itu sejalan dengan transformasi bisnis Perseroan yang terus berkembang dan tidak lagi hanya melayani pembiayaan sepeda motor Honda, tapi juga sepeda motor Jepang lainnya, yaitu Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

 

Pada 2005, WOM Finance menjadi bagian dari kelompok usaha PT Bank Maybank Indonesia Tbk (MBI), setelah bank tersebut mengakuisisi 43% saham Perseroan. Pada 2015, Perseroan melakukan right issue melalui Penawaran Umum Terbatas, di mana MBI bertindak sebagai standby buyer.

 

Dalam right issue ini, WOM Finance menerbitkan 3.481.481.480 saham baru. Kini, kepemilikan saham MBI di Perseroan mencapai 67,49%. Pemegang saham terbesar kedua adalah PT Wahana Makmur Sejati dengan porsi saham 25,01% dan publik 7,50%.

 

Kini, WOM Finance telah bekerja sama dengan beragam platform aplikasi digital untuk mempermudah konsumen melakukan transaksi pembayaran. Selain itu, penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk pembayaran konsumen adalah upaya WOM Finance dalam memberikan layanan berkualitas yang didukung MBI.

 

WOM Finance juga terus meningkatkan permodalan baik melalui penerbitan obligasi maupun pinjaman dari bank. Pada semester pertama 2022, Perseroan menerbitkan Penawaran Umum Berkelanjutan IV Tahap 2 Obligasi WOM Finance Tahun 2022 bernilai Rp800 miliar dan telah mendapatkan pinjaman bank senilai Rp 900 miliar.

 

Kinerja operasional WOM Finance didukung oleh 166 kantor jaringan dengan sekitar 2.400 karyawan melayani lebih kurang 340.000 konsumen aktif melalui sumber daya manusia yang unggul dan layanan yang berkualitas.***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SoPa akuisisi NusaTrip

Senin, 15 Agustus 2022 - 20:12 WIB

Akuisisi Nusatrip, Society Pass Resmi Masuki Pasar Indonesia

Society Pass Inc. (SoPa), ekosistem e-commerce dan loyalty terkemuka di Asia Tenggara secara resmi mengumumkan akuisisi atas NusaTrip, agensi travel online (OTA) yang bermarkas di Jakarta, dan…

Penandatqnganan MoU Jababeka dan Telkomsel Enterprise

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:53 WIB

Jababeka Gandeng Telkomsel Enterprise, Wujudkan Indonesia 4.0 di Correctio Road to Jababeka Silicon Valley

Setelah menggandeng BRIN, BISA AI, dan Indogen sebagai mitra strategis dalam mewujudkan kawasan Jababeka Silicon Valley yang saat ini dikenal dengan Correctio, PT Jababeka Infrastruktur kembali…

Sarihusada

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:34 WIB

68 Tahun Berdiri, Sarihusada Konsisten Berikan Nutrisi untuk Keluarga Indonesia

Sarihusada sebagai perusahaan penyedia nutrisi untuk ibu, anak dan keluarga Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-68 pada 14 Agustus 2022, dengan menegaskan komitmennya untuk memberikan nutrisi…

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih penghargaan dari organisasi independen internasional atas upaya perseroan dalam penerapan ekonomi hijau untuk memerangi perubahan iklim.

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:07 WIB

Keren! BTN Raih Apresiasi dari Carbon Disclosure Project

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih apresiasi dari Carbon Disclosure Project (CDP) atas partisipasi, inisiatif, dan konsistensi perseroan dalam menerapkan berbagai strategi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:54 WIB

Strategi Sukses Swasembada Beras Perlu Diadopsi untuk Komoditas Pangan Lain

Jakarta- Indonesia menerima penghargaan dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) karena telah memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras pada periode…