Pan Brothers Tingkatkan Modal Dasar Jadi Rp647,5 Miliar

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 27 Juni 2022 - 18:31 WIB

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)
PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pan Brothers Tbk (PBRX), produsen garmen yang menjadi emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) dan berkapasitas terpasang salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, meningkatkan modal dasar perseroan dari Rp300 miliar menjadi Rp647,5 miliar.

 

“Peningkatan modal dasar itu dilakukan lewat peningkatan jumlah saham dalam portepel dari 5,521 miliar lembar saham menjadi 19,421 miliar lembar saham bernilai nominal Rp25 per saham,” ujar Fitri Ratnasari Hartono, Direktur Keuangan PBRX, pada acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Senin (27/06/2022).

 

Fitri mengemukakan, total saham yang ditempatkan dan disetor penuh saat ini adalah 6,478 miliar lembar saham. Peningkatan saham dalam portepel itu dilakukan sehubungan dengan rencana manajemen perseroan yang akan melakukan rights issue pada 2022 ini dan di masa mendatang.

 

“Jadi, peningkatan saham portepel tersebut memungkinkan perseroan dapat melakukan penerbitan saham baru ketika diperlukan. Karena itu, langkah perseroan meningkatkan jumlah saham portepel disetujui oleh para pemegang saham dalam RUPST hari ini,” papar Fitri.

 

Fitri juga menjelaskan, para pemegang saham dalam RUPST tersebut juga menyetujui realisasi penggunaan dana hasil Penawaran Umum Terbatas III (PUT III) bernilai bersih setelah dikurangi beban yang berhubungan dengan PUT III tersebut menjadi sebesar Rp1,012 triliun.

 

Fitri memberikan rincian, dana PUT III sudah terserap semuanya. Dana itu digunakan untuk membiayai peningkatan kapasitas produksi PT Eco Smart Garment Indonesia (ESGI) sebesar Rp246,5 miliar. Dana itu juga dialokasikan untuk investasi di sektor hulu dan hilir untuk memperluas posisi perseroan di bidangnya melalui tambahan penyertaan pada entitas anak sebesar Rp316,682 miliar.

 

“Sedangkan sisanya sekitar Rp449,033 miliar digunakan untuk meningkatkan modal kerja perseroan guna mendukung kegiatan operasional perseroan,” imbuh Fitri.***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:06 WIB

Dunia Properti Kembali Bergairah, Saatnya Beli Rumah

Jakarta-Sepanjang semester I tahun 2022 investasi di bidang properti mengalami pertumbuhan yang positif dengan nilai Rp 584,6 triliun atau tumbuh 8,8 persen. Hal ini terjadi sering mulai pulihnya…

Mentan SYL di HUT RI

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:59 WIB

Mentan SYL Sampaikan Terimakasih Kepada Para Petani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan terimakasih atas perjuangan para petani yang selama ini terus berproduksi.

Kementan MoU dengan Nestle

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:09 WIB

Kementan Gandeng PT. Nestle Tingkatkan Produksi Susu di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan produksi susu di Indonesia, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menggandeng PT. Nestle Indonesia.

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:08 WIB

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022, tidak hanya berlangsung khidmat, tapi juga meriah. Selain…

 Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) akan terus berkontribusi untuk bangsa," demikian disampaikan Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. kepada awak media sesaat…