Resso Coaching Clinic Dorong Musisi untuk Berkreasi dalam Lagu dan Memahami Selera Pendengar

Oleh : Herry Barus | Senin, 27 Juni 2022 - 10:19 WIB

Resso Indonesia
Resso Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Resso, aplikasi streaming musik sosial pertama di Indonesia, kembali menyelenggarakan Resso Coaching Clinic sebagai komitmen dalam mendukung musisi muda independen berbakat. Forum berbagi yang masih dilakukan secara virtual belum lama ini lalu ini mengangkat topik "Menulis Lagu: Mengasah Rasa & Kreativitas, Menangkap Selera Pasar".

Hadir sebagai pembicara tamu, penulis lagu, pemain gitar dan vokalis Reality Club, Faiz Novascotia Saripudin, serta Mahavira Wisnu Wardhana, CEO Wonderland Records. Coaching Clinic kali ini juga mengajak dua pembicara yang mewakili platform yang berada di bawah naungan perusahaan yang sama dengan Resso, yaitu Vanessa Intan, Growth Operations Manager TikTok Indonesia, dan Christo Putra, Head of Music and Artist Operations SoundOn Indonesia, selain tentunya, Matthew Tanaya, Artist Promotion Lead Resso Indonesia.

 Perjalanan sebuah lagu, mulai dari tangan musisi yang membuatnya hingga dapat didengar di berbagai kanal musik, mulai dari platform streaming musik digital, broadcast, dan media sosial, tentunya telah melalui berbagai proses yang tidak hanya melibatkan musisi dan pelaku industri musik, namun juga audiens atau pendengar. Pembahasan topik kali ini dilakukan untuk memahami proses kreatif yang dilalui musisi, bagaimana record label atau manajemen artis dapat menghadirkannya di telinga pendengar melalui berbagai platform, serta menyesuaikan dan menangkap selera pasar yang dapat mempengaruhi keberhasilan lagu tersebut.

 Penulis dan pelantun lagu 'You Let Her Go Again', Faiz Novascotia Saripudin menceritakan bahwa, "Tidak ada aturan dalam berkreasi di musik. Membuat lagu bisa dari liriknya dulu atau musiknya, itu terserah kalian. Kalau gue biasanya barengan, cuma dapat inspirasinya yang lama, dan biasanya datang dari pengalaman atau perasaan pribadi. Yang penting dalam membuat lagu adalah you like what you make and have fun doing it." Faiz melanjutkan bahwa sebagai musisi yang berkolaborasi dengan label, harus sama-sama terbuka atas masukan yang diberikan, harus bisa saling berkompromi dan berkomunikasi dengan baik. Dari input yang diberikan, bisa jadi lagu awal yang diciptakan akan berbeda dengan versi akhir yang dipasarkan.

 Tentunya, record label memiliki pandangan yang berbeda dalam menilai sebuah karya lagu. Menurut Mahavira Wisnu Wardhana - biasa dipanggil Inu - yang mewakili Wonderland Records, dan memiliki pengalaman mengkurasi musik dan musisi, diperlukan intuisi yang kuat dalam menilai sebuah lagu. "Antara lagu dan penyanyi yang cocok untuk membawakannya harus setara dan saling menunjang, tidak ada yang overshadow. Singer-songwriter biasanya memiliki keuntungan karena dapat menampilkan musik yang sesuai dengan karakter mereka sendiri," jelas Inu. Namun, saat mereka masuk dalam label, musisi diharapkan bisa fokus dalam membuat musik dan memberikan kepercayaan bagi label untuk mengurus semua hal terkait bisnis, mendeliver lagu untuk market yang lebih besar.

 Dalam proses bergulirnya lagu masuk ke ranah pendengar, Matthew Tanaya, Artist Promotion Lead Resso Indonesia mengungkapkan bahwa experience pendengar menjadi fokus platform streaming musik seperti Resso. "Ada kurasi atas lagu-lagu yang kami lakukan untuk playlist, tapi playlist hanya salah satu cara bagaimana users discover lagu. Yang juga penting adalah, kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses lagu, serta memahami selera lagu seperti apa yang selanjutnya akan didengar oleh mereka."

 Masih dalam konteks bagaimana lagu mencapai pendengar, "Peran TikTok saat ini sudah merupakan platform untuk music discovery, baik untuk artis pendatang baru maupun yang sudah terkenal," tutur Vanessa Intan, Growth Operations Manager TikTok Indonesia. "Terdapat simbiosis yang powerful antara kreator konten dengan artis; bagaimana artis menginspirasi kreator konten untuk berkreasi, dan sebaliknya, kreator mendukung karya artis dengan membuat musik tersebut trending." Vanessa juga mendorong artis untuk berinteraksi dengan komunitas pendukungnya melalui komen-komen yang dilakukan di video tersebut atau berpartisipasi dalam tren.

 Opsi lain yang ditawarkan bagi musisi dalam mendistribusikan karyanya agar dapat masuk ke pasar adalah melalui SoundOn. Seperti yang disampaikan Christo Putra, Head of Music and Artist Operations SoundOn Indonesia, "SoundOn menawarkan musisi yang mendaftar di platform kami untuk mendistribusikan karya asli mereka ke berbagai platform musik digital. Kami juga memberikan laporan performa lagunya, serta mengarahkan bagaimana konten TikTok mereka dapat lebih menjangkau audiens yang relevan."

 Menutup pembahasan topik Coaching Clinic #5 yang dihadiri hampir seratus peserta ini, Matthew Tanaya kembali menekankan, "Penting untuk menjaga hubungan yang baik antara musisi dengan record label atau distributor, karena mereka yang memiliki direct access dengan streaming platforms, dan yang bisa memastikan karya musik kalian masuk dalam playlist."

 Sebagai pamungkas, Faiz Novascotia Saripudin membawakan dua buah lagu karyanya dengan iringan gitar, 'You Let Her Go Again' dan 'Alexandra'.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

Menperin Agus Antisipasi Dampak Gejolak Geopolitik Dunia Bagi Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin memanas dengan adanya konflik Iran dan Israel baru-baru…

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Kamis, 18 April 2024 - 09:46 WIB

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Penyaluran kredit yang dilakukan perbankan, termasuk PT Bank Sahabat Sampoerna (“Bank Sampoerna”) terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Pada akhir tahun…

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Kamis, 18 April 2024 - 09:38 WIB

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Dalam industri produk makanan, berbagai merek terus berlomba-lomba untuk menciptakan identitas unik dan menarik bagi konsumen melalui kemasan mereka. Oleh karena itu, produsen kemasan makanan…