Sucofindo Fasilitasi 26 UMK untuk Sertifikasi Halal

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 23 Juni 2022 - 07:20 WIB

SUCOFINDO Fasilitasi 26 UMK untuk Sertifikasi Halal
SUCOFINDO Fasilitasi 26 UMK untuk Sertifikasi Halal

INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Sucofindo, melalui Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan Unit Halal, memfasilitasi 26 pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) terpilih untuk proses sertifikasi halal melalui pelatihan dan audit.

Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, Direktur Utama PT SUCOFINDO, mengatakan bahwa program pendampingan sertifikasi halal mampu meningkatkan daya saing bagi pelaku UMK. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, yaitu produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal.

“Kami berharap sertifikat halal ini dapat mendorong UMK naik kelas dan bisa memperluas ke pasar ekspor. Penyelenggaraan jaminan produk halal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan produk. Selain itu, bertujuan meningkatkan nilai tambah bagi para pelaku usaha dalam memproduksi dan menjual produk halal,” ujar Mas Wigrantoro.

Pendampingan sertifikasi halal ini berlangsung sejak bulan Mei sampai Juli 2022. Kegiatan ini mencakup kurasi UMK, pelatihan awareness Jaminan Produk Halal, workshop dokumentasi sertifikasi halal, dan audit untuk sertifikasi halal.

Kepala Unit Halal PT SUCOFINDO Agus Suryanto mengatakan bahwa para UMK telah melewati tahap pelatihan awareness Jaminan Produk Halal (JPH) dan workshop dokumentasi sertifikasi halal. “Proses saat ini tengah berlangsung tahap verifikasi dan audit untuk sertifikasi halal,” kata Agus.

Selanjutnya, Agus Suryanto menargetkan proses sertifikasi halal akan rampung pada Juli 2022. “Oleh karena itu, sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) SUCOFINDO, kami terbuka untuk konsultansi, jika para UMK terpilih tersebut mengalami kendala selama proses sertifikasi. Untuk saat ini, kami berharap para UMK konsisten dan komitmen dalam memahami dan menyiapkan administrasi sesuai dengan kebutuhan sertifikasi,” ujar Agus.

Sementara itu, Juli Ustriliadi, salah satu pelaku UMK asal Pontianak, Kalimantan Barat menyampaikan terima kasih kepada PT SUCOFINDO atas fasilitas sertifikat halal yang diberikan. “Terima kasih kepada SUCOFINDO yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mendapatkan sertifikat halal secara gratis. Bantuan ini sangat bermanfaat di masa transisi (pemulihan Covid-19) karena mampu memberikan nilai tambah dan sertifikat halal dapat memberi keyakinan kepada konsumen. Saya merasakan manfaat menjadi UMK binaan SUCOFINDO, sehingga saya mendapatkan anugerah UMKM terbaik se-Kalbar,” tutur Juli.

Sebagai Digital Testing, Inspection, and Certification (TIC) Company, PT SUCOFINDO memiliki layanan digital, yaitu aplikasi Sistem Aplikasi Halal dan Informasi Halal (SAHIH) pada halal.sucofindo.co.id. “Aplikasi SAHIH terintegrasi dengan aplikasi SIHALAL BPJPH, sehingga pelaku usaha cukup sekali mengisi dan mengunggah data dan informasi persyaratan permohonan sertifikasi halal ke aplikasi SIHALAL dan otomatis terhubung dengan aplikasi SAHIH SUCOFINDO, setelah dokumen diperiksa oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan diteruskan ke SUCOFINDO sebagai LPH yang dipilih pelaku usaha. Selanjutnya data dan informasi tersebut digunakan dalam proses pemeriksaan kehalalan produk sampai pelaporan dan diproses menggunakan SIHALAL. Semoga layanan digital ini memudahkan pelaku usaha,” kata Agus Suryanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…