WhatsApp API Menjadi Inovasi Berbisnis di Era Digital

Oleh : Hariyanto | Jumat, 17 Juni 2022 - 15:02 WIB

Whatsapp (Ist)
Whatsapp (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tren berbelanja online maupun bisnis digital makin digemari oleh pelaku bisnis maupun konsumen di Indonesia. Tren go digital tentu juga dipengaruhi oleh perilaku konsumen yang turut bergeser setiap harinya.

Studi dari McKinsey menyebutkan sebanyak 80% responden memiliki perilaku konsumen yang baru dan setengahnya telah menggunakan saluran baru dalam berbelanja. Hal tersebut juga didorong dengan adanya perubahan aktivitas konsumen yang semakin go digital untuk memenuhi kebutuhannya.

Salah satu sistem yang populer di kalangan pebisnis saat ini adalah WhatsApp API. Data dari Hootsuite mencatat bahwa sekitar 61,8% penduduk Indonesia menggunakan media sosial, dengan penggunaan WhatsApp dan Instagram di posisi tiga teratas sebagai media sosial yang paling banyak digunakan.

WhatsApp (WA) kini menjadi platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, sehingga banyak bisnis yang memanfaatkan WhatsApp API sebagai media pemasaran dan promosi. WhatsApp Business API adalah platform yang dapat digunakan oleh bisnis untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dalam skala besar serta dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti CRM dan Omnichannel.

Pemasaran lewat sosial media juga lebih mudah diakses, hemat biaya serta memberikan jangkauan yang lebih luas. Kegiatan layanan pelanggan juga perlahan mulai berpindah dari telepon langsung menjadi menggunakan pesan singkat (chat).

“WhatsApp Business memiliki peran penting dalam pemasaran yakni menarik perhatian pelanggan. Sehingga wajar jika API WhatsApp dinilai cukup efektif untuk meningkatkan penjualan, pemasaran, hingga pelayanan pelanggan” ujar Brendan, SVP Growth Marketing Mekari yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (17/6/2022).

Untuk meningkatkan pelayanan dan mempermudah kegiatan bisnis melalui WhatsApp API ini, diperlukan sistem aplikasi yang dapat mengintegrasikan berbagai saluran media sosial ke dalam satu aplikasi. Sistem ini disebut dengan Omnichannel CRM (Customer Relationship Management).

Aplikasi omnichannel CRM Mekari Qontak mengintegrasikan berbagai media sosial maupun email kedalam satu aplikasi sehingga membantu agen customer service atau pelaku bisnis bekerja lebih terkoordinasi. Mekari Qontak merupakan perusahaan Omnichannel CRM nomor 1 di Indonesia yang juga merupakan Mitra Bisnis Resmi dari WhatsApp Business API

Berikut keuntungan dari WhatsApp Business API:

1. Hanya dengan satu akun bisnis bisa menangani pelanggan sekaligus hanya dengan satu nomor WhatsApp (WhatsApp multiple device)
2. Mengirim pesan Broadcast WhatsApp secara cepat, tanpa limitasi, dan otomatis
3. Kirim pesan WhatsApp blast tanpa takut terblokir
4. Integrasi dengan sistem CRM yang mampu meningkatkan pengalaman pelanggan
5. Dilengkapi Chatbot untuk merespon dan membalas pesan pelanggan secara otomatis
6. Mendapatkan centang hijau WhatsApp sehingga terverifikasi resmi dan meningkatkan kredibilitas di mata pelanggan
7. Keamanan yang terjamin karena dilengkapi dengan sistem enkripsi end-to-end yang menjaga kerahasiaan data pengguna WhatsApp serta tersertifikasi ISO 27001

Lebih dari 3000 bisnis termasuk Ajinomoto, Glints Indonesia, Telkom Indonesia, iPot Sekuritas, serta Alodokter sudah mempercayakan bisnisnya pada Mekari Qontak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jajaran Komisaris dan Direksi BEI yang hadir pada RUPST BEI 2022. (Foto: Humas BEI)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:14 WIB

Iman Rachman Resmi Jadi Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Hingga 2026

Para pemegang saham PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2021 telah menyetujui pengangkatan Iman Rachman sebagai Direktur Utama BEI…

Suasana Pengisian BBM (Pertamina)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:01 WIB

Pembelian Pertalite Melalui Aplikasi MyPertamina Jangan Sampai Menyulitkan Rakyat Kecil di Daerah

Mulai 1 Juli 2022, pembeli BBM jenis Pertalite dan Solar subsidi harus mendaftar ke website MyPertamina atau aplikasi MyPertamina. Dengan begitu, hanya konsumen terdaftar saja yang bisa membeli…

Ilustrasi SPBU Coco

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:59 WIB

Soal Beli Solar dan Pertalite Pakai Aplikasi! DPR: Penggunaan MyPertamina untuk Hindari Kebocoran Subsidi

Jakarta-Rencana penggunaan aplikasi MyPertamina untuk mengakses solar dan Pertalite bagi masyarakat ditujukan untuk menutup kebocoran subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang selama ini dianggarkan.…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:43 WIB

Menperin Agus: Mitsubishi Komitmen Jadikan Indonesia Basis Produksi dan Hub Ekspor

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan para pelaku usaha di Jepang, di antaranya dengan prinsipal otomotif Mitsubishi Motors Corporation (MMC).┬áDalam…

PT Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma)

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:16 WIB

Ungggul dalam Bioteknologi dan Riset Ilmiah, Assosiated Capsule Group India Tertarik Kerjasama dengan Nucleus Farma

Jakarta-PT Natura Nuswantara Nirmala (Nucleus Farma) kembali membuktikan eksistensinya serta membuka peluang kerjasama dengan pihak nasional maupun internasional.