Tingkatkan Industry Knowledge Digital bagi Talenta Muda, HashMicro Terima Kunjungan UBM

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 17 Juni 2022 - 15:05 WIB

Guna memberikan wawasan kepada mahasiswa terhadap dunia kerja di industri teknologi, Universitas Bunda Mulia (UBM) melaksanakan kunjungan industri ke HashMicro pada Sabtu (28/05/2022)
Guna memberikan wawasan kepada mahasiswa terhadap dunia kerja di industri teknologi, Universitas Bunda Mulia (UBM) melaksanakan kunjungan industri ke HashMicro pada Sabtu (28/05/2022)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Guna memberikan wawasan kepada mahasiswa terhadap dunia kerja di industri teknologi, Universitas Bunda Mulia (UBM) melaksanakan kunjungan industri ke HashMicro pada  Sabtu (28/05/2022) secara daring. Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen HashMicro melalui HashMicro Academy untuk mengedukasi talenta digital muda Indonesia seputar pengembangan keterampilan dan karier pada industri teknologi.

Kunjungan industri atau industry visit ini mengusung tema ‘Bagaimana Membangun Karier di Industri IT yang Menjanjikan?’ dan dihadiri oleh mahasiswa dari jurusan Sistem Informasi (SI) dan Desain Komunikasi Visual (DKV). “Kami ingin menunjukkan kepada mahasiswa bahwa banyak peluang untuk memulai karier mereka di industri teknologi, khususnya perusahaan ERP. Tentunya melalui role yang mereka minati,” ujar Syifa Nur Fadiyah, Academic Partnership dari HashMicro.

Nadya, selaku University Lecturer UBM berharap, dengan  kunjungan industri ini para mahasiswa mampu melakukan perencanaan karier dengan matang, dibekali dengan materi yang telah disampaikan. Adanya kunjungan industri ini juga diharapkan dapat memicu rasa penasaran mereka dengan karier di bidang digital, khususnya terhadap posisi Product Owner dan UI/UX Designer. “Berkarier di industri teknologi ini sangat menjanjikan, melihat bagaimana tingginya perkembangan dan kebutuhan terhadap teknologi. Maka akan  baik sekali apabila para mahasiswa dapat berkecimpung di industri ini,” ujarnya.

Sesi pertama dari acara ini dibawakan oleh Saepi Ridwan sebagai Product Owner HashMicro. Ia menyatakan bahwa lulusan Sistem Informasi punya banyak peluang untuk berkarier. Dengan teknologi yang kian berkembang, ruang bagi para talenta muda untuk berinovasi dan berkreasi sangat tersedia melalui posisi seperti product owner, product developer atau posisi-posisi teknikal lainnya. “Dalam berkarier sebagai product owner dan role teknikal lainnya, khususnya di HashMicro, kita akan terbiasa dengan sistem kerja agile method yang sangat melatih resiliensi dan critical thinking,” ujarnya.

Pada sesi kedua bersama Ressa Novardy yaitu UI/UX Designer HashMicro yang menyampaikan bahwa UI/UX Designer memiliki peran krusial di era digital ini, dengan eksistensi kebutuhan teknologi berupa aplikasi yang memerlukan design interface dan menunjang experience. “Karena itu, dalam UI/UX designing, para designer harus memperhatikan estetika dan fungsionalitas dari produk desain yang mereka buat, serta bagaimana desain mereka membawa keuntungan bagi klien,” ujarnya.

Selain memaparkan peran sebagai Product Owner dan UI/UX Designer, kedua pembicara juga menekankan pentingnya skill komunikasi demi kelancaran pekerjaan. Karena membutuhkan tingkat kolaborasi antar tim yang tinggi, para pekerja harus mampu menghindari dan mengatasi tantangan-tantangan komunikasi supaya produk dan projek yang dieksekusi dengan hasil yang memuaskan.

Demi memupuk potensi para talenta muda, HashMicro  membuka kesempatan paid internship untuk para mahasiswa. Mereka akan belajar dengan para mentor yang ahli di bidang Digital Marketing, System and Product, Business Development, HRGA, Finance, dan masih banyak lagi. Ketika mengikuti program magang HashMicro, peserta magang akan ditempatkan pada role yang sesuai dengan potensi mereka. Selain program magang, HashMicro juga memiliki wadah untuk para talenta digital muda yang sudah lulus dan memiliki minat untuk mempelajari keterampilan digital melalui HIT Bootcamp HashMicro 2022.

Melalui kedua kesempatan ini, peserta berpeluang untuk memulai karier di industri teknologi dengan bergabung secara full-time di HashMicro. Selanjutnya, HashMicro melalui HashMicro Academy  berkomitmen untuk meningkatkan edukasi digital bagi talenta muda melalui kegiatan dan kerja sama dengan berbagai institusi dan organisasi lain.

“Kami percaya bahwa talenta para pemuda dapat bermanfaat bagi kemajuan masa depan industri teknologi. Karena itu, kami akan terus memupuk potensi dan membuka wawasan mereka terhadap dunia teknologi,” tutur Syifa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik dan Serahkan Bantuan Pendidikan Bagi Penyandang Cerebral Palsy

Selasa, 30 April 2024 - 22:23 WIB

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik dan Serahkan Bantuan Pendidikan Bagi Penyandang Cerebral Palsy

Jakarta – Bank DKI secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam mendukung tujuan pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals melalui perwujudan 2 program Tanggung Jawab Sosial…

 PT Uni-Charm Indonesia Tbk meresmikan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dengan total 12 MWp yang terpasang di 3 pabrik.

Selasa, 30 April 2024 - 20:36 WIB

Resmikan PLTS, Uni-Charm Indonesia Umumkan Pembelian REC Dari PLN

Dengan upaya PT Uni-Charm ini, ada 16,000,000 kWh/tahun energi yang dihasilkan dari 3 pabrik berhasil dialihkan ke green energy, dan berkontribusi mengurangi lebih dari 14,000 ton CO2 yang dihasilkan…

DEMO ANARKIS YANG DILAKUKAN DI KANTOR PUSAT BTN

Selasa, 30 April 2024 - 19:35 WIB

BTN Sayangkan Demo Anarkis yang Dilakukan di Kantor Pusat BTN

Jakarta-Aksi Demonstrasi yang terjadi di Kantor Pusat PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mulai meresahkan, pada hari kedua aksi unjuk rasa yang mengatasnamakan Kelompok Anti Korupsi (KAK)…

Penandatanganan Land Purchase Agreement antara Subang Smartpolitan & BYD

Selasa, 30 April 2024 - 19:30 WIB

Kucurkan Investasi Jumbo, BYD Segera Bangun Pabrik Mobil Listrik di Subang Smartpolitan

Subang Smartpolitan "Green, Smart and Sustainable City dengan bangga menyambut BYd, salah satu pionir industri kendaraan listrik (EV) global sebagai tenant terbesar terbarunya. Pendirian pabrik…

Ilustrasi

Selasa, 30 April 2024 - 19:24 WIB

Cara Menguji Perangkat Anda Sesuai Standar Pengisian Nirkabel Rezence VN88

Pengisian daya wireles menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, menawarkan cara yang nyaman dan bebas repot untuk mengisi daya perangkat Anda tanpa memerlukan kabel yang kusut.…