Kemenperin Siap Fasilitasi Usulan Pengusaha Tekstil Sesuaikan Tarif Listrik

Oleh : Ridwan | Selasa, 14 Juni 2022 - 07:35 WIB

Ilustrasi industri TPT
Ilustrasi industri TPT

INDUSTRY.co.id - Jakarta -  Penyesuaian tarif listrik cukup disayangkan oleh para pelaku industri tekstil dan produk tekstil (TPT). Apalagi, kondisi industri TPT nasional dikatakan belum benar-benar pulih pasca terdampak pandemi Covid-19.

Ketua Umum Asosiasi Produsen Serta dan Benang Filament Indonesia (APSyFI) Redma Gita Wirawasta mencatat beberapa poin yang saat ini dinilai tidak adil mengenai ongkos listrik di industri tekstil.

Pertama, tingginya tarif waktu beban puncak (WBP). Kedua, tidak adanya pemotongan tarif atau diskon untuk pemakaian pada jam malam. 

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan memfasilitasi usulan pelaku industri tekstil dan produk tekstil (TPT) agar pemerintah menyesuaikan tarif waktu beban puncak (WBP) listrik.

"Usulan tersebut patut dipertimbangkan karena tarif listrik merupakan beban tertinggi kedua di industri hulu tekstil sehingga sangat berdampak signifikan. Dari struktur cost energi, listrik merupakan terbesar kedua setelah bahan baku, sehingga memang diperlukan penyesuaian tarif," kata Direktur Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kemenperin Elis Masitoh di Jakarta (13/6).

Dijelaskan Elis, tarif listrik di industri TPT memakan porsi di kisaran 20 - 25 persen dari total pengeluaran. Pengeluaran terbesar berasal dai bahan baku, yakni sekitar 50 - 55 persen.

Sedikit banyaknya, lanjut Elis, hal tersebut akan berpengaruh terhadap kinerja industri, terutama pada kuartal II/2022. 

Ia memperkirakan pertumbuhan industri TPT pada kuartal II/2022 akan berada di bawah 10 persen.

Hal senada juga disampaikan Ketua APSyFI yang memperkirakan pertumbuhan industri TPT melambat pada kuartal II/2022.

"Pertumbuhan industri TPT kuartal kedua tahun ini berada di bawah 10 persen," kata Redma.

Pada kuartal I/2022, industri TPT Tanah Air mencatatkan pertumbuhan sebesar 12,45 persen yang salah satunya terkerek karena meningkatnya permintaan pada momen lebaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…