Dukung Hilirisasi Mineral, ZINC Genjot Produksi Smelter Timbal Pertama di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Jumat, 10 Juni 2022 - 13:34 WIB

PT Kapuas Prima Coal Tbk (ZINC)
PT Kapuas Prima Coal Tbk (ZINC)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Kapuas Prima Coal Tbk (ZINC), emiten produsen base metal di Indonesia, terus menggencarkan produksi smelter timbal yang sudah mulai diuji coba produksi sejak awal tahun 2022. Hal tersebut merupakan salah satu upaya ZINC dalam mendukung proses hilirisasi mineral yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Sebelumnya, Pemerintah sudah mulai menerapkan peraturan larangan ekspor bagi komoditas mineral tertentu yang belum memenuhi kadar pemurnian. Oleh sebab itu, bagi pelaku usaha dibidang pertambangan dituntut untuk segera menyelesaikan proyek smelter hingga batas waktu yang diberikan agar terus mendapat kuota ekspor.

ZINC sebagai salah satu emiten yang memproduksi mineral logam mulai dari timbal, seng dan juga bijih besi, terus menjalankan berbagai upaya dalam merealisasikan peraturan yang dibuat oleh Pemerintah tersebut. Dimana, ZINC telah menyelesaikan pembangunan salah satu smelter yaitu smelter timbal, dan sudah mulai beroperasi secara komersil pada awal Juni 2022 ini. Selain itu, saat ini ZINC juga tengah mengejar penyelesaian smelter seng yang ditargetkan dapat rampung pada Kuartal II-2023.

"Kami bersyukur pada tahun ini dapat menyelesaikan salah satu smelter timbal yang berada di Kalimantan Tengah. Meskipun sempat terkendala oleh Covid-19, pada awal tahun ini kami akhirnya mulai melakukan uji produksi dan pada Mei 2022, smelter timbal sudah diverifikasi 100% oleh pihak PT Surveyor Indonesia dan PT Kapuas Prima Citra resmi beroperasi secara komersial," kata Evelyn Kioe, selaku Direktur ZINC yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (10/6/2022).

"Sebagai smelter timbal pertama dan satu-satunya di Indonesia, kami menargetkan di tahun ini smelter timbal tersebut dapat memproduksi hingga 8.000 ton bullion timbal (Pb), dengan target penjualan dari smelter mencapai USD29 juta," katanya.

Sementara itu, untuk smelter seng ZINC saat ini proses pembangunan sudah mencapai sekitar 85%. Nantinya smelter tersebut ditargetkan dapat memproduksi hingga 30.000 ton ingot per tahun. Keberadaan smelter seng milik Perseroan diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan komoditas zinc di dalam negeri, dimana hingga saat ini komoditas tersebut masih 100% berasal dari impor.Disisi lain, hingga Kuartal I-2022 ZINC mencatatkan penjualan mencapai Rp204,5 miliar.

Pendapatan ZINC di kuartal pertama 2022 masih didominasi oleh penjualan dari komoditas seng (Zn) dengan kontribusi mencapai Rp95,1 miliar, sementara penjualan komoditas timbal (Pb) mencapai Rp31,6 miliar. Pendapatan ZINC juga berasal dari penjualan komoditas perak sebesar Rp39,2 miliar, dan juga penjualan konsentrat besi yang tercatat sebesar Rp38,6 miliar.

“Kami optimis, dengan ekonomi yang sudah mulai pulih serta Covid-19 yang semakin terkendali, ZINC dapat melanjutkan pertumbuhan kinerja yang baik hingga akhir tahun 2022. Didukung dengan harga komoditas yang masih stabil, kami optimis dapat mencapai target penjualan hingga Rp1,2 triliun pada tahun 2022,” tutup Evelyne.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perumahan (PUPR)

Jumat, 27 Januari 2023 - 14:43 WIB

Capaian Bantuan PSU Perumahan Tahun 2022 Lebihi Target, Tahun Ini Naik 27.825 Unit

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan dalam mendorong kepemilikan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tidak…

Super Indo luncurkan Indikator Kandungan Gula pada produk minuman.

Jumat, 27 Januari 2023 - 14:20 WIB

Bantu Pelanggan Seimbangkan Gula, Super Indo Luncurkan Indikator Kandungan Gula Pada Produk Minuman

Super Indo tunjukkan komitmennya untuk menjalankan bisnis yang lebih bertanggung jawab dengan Luncurkan Indikator Kandungan Gula pada produk minuman.

Velline Ayu

Jumat, 27 Januari 2023 - 12:10 WIB

Velline Ayu Minta Maaf Kepada Pasangan Rizky Billar & Resty Kejora

Kasus edit mengedit video sehingga tidak utuh dan menimbulkan tafsir berbeda kembali muncul. Kali ini menimpa pedangdut yang juga peramal kartu Tarot Velline Ayu.

Indomilk Hadirkan Workshop Signature Beverage di Malang

Jumat, 27 Januari 2023 - 12:03 WIB

Indomilk Hadirkan Workshop Signature Beverage di Malang

Indomilk–bagian dari PT Indofood CBP Tbk–berupaya memaksimalkan dan menerapkan prinsip ekonomi kreatif dan sirkular melalui Workshop Signature Beverage--bagian dari rangkaian kegiatan Indomilk…

Didik Junaidi Rachbini

Jumat, 27 Januari 2023 - 10:53 WIB

Stadium General LK-1 HMI Universitas Paramadina Jakarta

Peran Intelektual Muda/Mahasiswa Sebagai Episentrum Gerakan dalam Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara