Danone Indonesia Raih Penghargaan Kategori Manajemen Energi di Sustainable Business Award 2022

Oleh : Hariyanto | Jumat, 03 Juni 2022 - 21:06 WIB

Danone Indonesia Raih Penghargaan Kategori Manajemen Energi di Sustainable Business Award 2022
Danone Indonesia Raih Penghargaan Kategori Manajemen Energi di Sustainable Business Award 2022

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Danone Indonesia kembali meraih penghargaan dalam ajang Sustainable Business Award (SBA) Indonesia yang diselenggarakan pada Kamis, 02 Juni 2022. SBA merupakan sebuah ajang penghargaan yang memberikan pengakuan dan penghargaan tarhadap keunggulan dalam keberlanjutan perusahaan di lima negara yaitu Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Thailand.

SBA bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan praktik terbaik bisnis berkelanjutan dan menunjukkan bagaimana bisnis berkelanjutan menguntungkan perusahaan, lingkungan, dan semua pemangku kepentingan, hari ini dan untuk masa depan.

Dalam penghargaan SBA 2022 yang mencakup periode 2020/2021, Danone Indonesia berhasil keluar sebagai pemenang dalam kategori Manajemen Energi dan sebagai perusahaan dengan significant achievement untuk pengelolaan air; perubahan iklim dan emisi.

Dr.Suharso Monoarfa, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menyampaikan peran perusahaan dalam aspek keberlanjutan seperti kontribusinya dalam perwujudan Sustainable Development Goals (SDGs) sangatlah penting.

Untuk itu, saya ingin menyampaikan apresiasi saya kepada Sustainable Business Awards dan seluruh perusahaan yang memainkan peran krusialnya dalam mewujudkan aspek keberlanjutan. “Saya berharap bahwa seluruh perusahaan yang tergabung dalam komunitas ini, dapat memberikan contoh terbaiknya sebagai bentuk inspirasi kepada audiens yang lebih besar,”ujar Suharso.

Vera Galuh Sugijanto – VP General Secretary Danone Indonesia menjelaskan, pihaknya merasa bangga menjadi salah satu penerima penghargaan ini. "Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemangku kepentingan yang terus mendukung Danone Indonesia di sepanjang perjalanan kami. Meskipun pandemi telah mempengaruhi semua orang di dunia, sebagai layanan penting yang menyediakan nutrisi dan hidrasi penting bagi kami untuk mempertahankan operasional kami namun juga melakukannya dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan di setiap aspek,”pungkasnya.

Sejalan dengan visi perusahaan yakni One Planet One Health, yaitu berfokus untuk menjalankan strategi bisnis keberlanjutan dengan mengacu pada SDGs, maupun target tujuan pembangunan berkelanjutan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Sebagai bentuk perwujudan dari visi kami, Danone Indonesia berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan sumber daya air, mengelola kemasan pasca konsumsi, dan meminimalkan dampak penggunaan energi dalam operasional bisnisnya,”ujarnya.

Dilakukan dalam kemitraan dengan PwC, metodologi SBA menggabungkan fitur terbaik dari proses benchmarking dan penghargaan secara global untuk memberikan gambaran akan penerapan strategi hijau dan keuntungan bisnis. Beberapa hal yang menjadi keunggulan Danone Indonesia dalam kemenangannya pada SBA dengan kategori Manajemen Energi dan sebagai Significant Achievement untuk kategori pengelolaan air perubahan iklim dan emisi ialah:

1. Danone Indonesia telah berhasil mengurangi konsumsi energinya melalui optimalisasi proses produksi, optimalisasi pengunaan, dan regenerasi peralatan. Ketiga faktor tersebut merupakan kunci untuk mencapai target tahunan perusahaan dalam pengurangan energi sebesar 4%. Danone Indonesia juga berusaha untuk meningkatkan kesadaran energi di antara karyawan melalui ‘Blue Operation’, di mana pembahasan dan pelacakan KPI seputar topik energi dilakukan dalam pertemuan bulanan. Perusahaan juga berkomitmen untuk memiliki 'Pabrik Hijau' untuk setiap situs baru yang dikembangkan, termasuk dengan pemasangan panel surya. Di luar langkah-langkah yang ada, Danone Indonesia terus meningkatkan efisiensi energi mereka dengan menggunakan bantuan 15 auditor energi bersertifikat.

2. Dalam hal pengelolaan air, perusahaan memiliki target untuk mencapai positive water impact pada tahun 2030. Hal ini dipandu oleh tiga pilar yakni melestarikan sumber daya air dan lingkungan alam, mendorong sirkulasi air di dalam dan di sekitar lokasi produksi, dan menyediakan air yang aman air minum bagi masyarakat rentan. Salah satu tindakan khusus adalah pencatatan penggunaan/konsumsi air per pabrik, termasuk jumlah yang didaur ulang atau digunakan kembali dan di monitor oleh auditor eksternal. Sejak 2010, Danone Indonesia telah membangun lebih dari 2.300 sumur resapan masyarakat, membangun lebih dari 90.000 lubang biofor, dan 8.100 parit serta membuat 74 fasilitas pemanen hujan. Mereka juga telah bekerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk membuka akses air bersih dan sanitasi (WASH) ini telah menjangkau lebih dari 463.000 orang.

SBA disajikan dalam 12 kategori, yang mencakup beberapa topik memiliki tantangan yang paling signifikan yang dihadapi perusahaan, masyarakat, dan ekonomi. Dalam ajang SBA sebelumnya yakni pada periode 2018/2019, Danone Indonesia memenangkan dua kategori dalam ajang ini yaitu kategori Workforce atau lingkungan kerja yang inklusif dan berkelanjutan, serta Best Initiative dalam program pengelolaan limbah.

"Penghargaan ini menjadi pemicu kami untuk terus berkomitmen dalam menyeimbangkan kinerja profit dan keberlanjutan sosial, melalui operasional bisnis yang ramah lingkungan dan peduli terhadap masyarakat. Kami berharap bahwa apa yang kami lakukan ini juga dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku industri lainnya dalam mewujudkan bumi dan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.” tutup Vera.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tenaga kerja konstruksi

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi guna meningkatkan kompetensi…

KSP Indosurya

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Sah! KSP Indosurya Berstatus Koperasi dalam Pengawasan Khusus

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan menetapkan KSP Indosurya dalam status Koperasi Dalam Pengawasan Khusus menyusul belum tuntasnya proses pembayaran kewajiban terhadap anggota serta…

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:48 WIB

Kartu Emas Pegadaian Raih Penghargaan Inewsmaker Awards 2022

PT Pegadaian meraih penghargaan Inewsmaker Awards 2022 untuk kategori Innovation of Marketing, Product and Services dari Inews TV yang diserahkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di…

Sirkuit Mandalika, di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (Foto: Kemenparekraf)

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:13 WIB

ITDC Terapkan Standard Operating Procedure Beraktivitas di Pertamina Mandalika Circuit

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban di area sirkuit, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/The Mandalika telah menerapkan Standard…

Kapolri Jenderal (Polisi) Listyo Sigit Prabowo

Jumat, 01 Juli 2022 - 10:05 WIB

Hari Bhayangkara Ke-76, Kapolri Sigit Sampaikan Capaian Polri Presisi

Jakarta-Polri dalam tahap transformasi menuju Presisi, yang merupakan visi Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Presisi adalah akronim dari kata prediktif, responsibilitas…