Selain Menjadi Asupan Gizi, Susu Kini Juga Bertransformasi Menjadi Bagian Gaya Hidup

Oleh : Hariyanto | Jumat, 03 Juni 2022 - 08:41 WIB

Webinar Frisian Flag Indonesia
Webinar Frisian Flag Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Merayakan Hari Susu Sedunia & Hari Susu Nusantara yang diperingati setiap tanggal 1 Juni, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) kembali menggaungkan pentingnya penerapan gaya hidup sehat, diantaranya dengan rutin minum susu dan aktif bergerak.

FFI juga menekankan peran penting susu di setiap tahap kehidupan dan berbagai sisi kehidupan. Hal ini disampaikan pada webinar yang melibatkan narasumber Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS; Pengamat Gaya Hidup, Dwi Sutarjantono; Pasangan & Keluarga Muda, Ayudia C & Dittopercussion serta Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro.

Setiap individu membutuhkan pemenuhan asupan gizi yang berbeda di setiap tahap kehidupan. Sebagai salah satu asupan bergizi baik, susu menjadi sumber gizi yang dibutuhkan di setiap tahap - mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Tak hanya terkait kesehatan, nyatanya susu telah menjadi bagian dari keseharian dan secara tak langsung menjadi bagian dari gaya hidup kekinian.

"Memperingati Hari Susu Sedunia dan Hari Susu Nusantara, Frisian Flag kembali ingin menegaskan manfaat kebaikan susu, serta peran pentingnya dalam setiap tahap kehidupan serta penerapan gaya hidup sehat dan aktif bergerak," kata Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (3/7/2022).

Peran susu dalam mendukung pemenuhan gizi di setiap tahap kehidupan, ditegaskan oleh Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS. Menurutnya, setiap individu membutuhkan pemenuhan asupan gizi yang berbeda di setiap tahap kehidupan. Tubuh membutuhkan 20 jenis asam amino - 9 di antaranya adalah asam amino esensial dan sisanya adalah asam amino non esensial.

"Protein hewani termasuk susu memiliki asam amino esensial yang lebih lengkap, serta dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang juga dibutuhkan tubuh. Pada 1.000 HPK, susu dalam bentuk ASI merupakan makanan alami yang memainkan peran krusial dalam pertumbuhan otak," sebutnya.

Dirinya menambahkan, ditahap anak dan remaja, susu mendukung pertumbuhan tulang dan otot. Sementara pada tahap dewasa dan lansia, susu berperan penting dalam menjaga sistem hormon dan imunitas tubuh, serta mencegah osteoporosis. Tak hanya asupan, kesehatan di setiap tahap kehidupan juga akan semakin optimal melalui penerapan gaya hidup aktif dan sehat.

Faktanya, kebaikan susu bukan hanya penting untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan di tiap tahap kehidupan. Dari berbagai sisi dan momen kehidupan, susu telah sejak lama dikenal sebagai bagian dari aneka minuman dan makanan tradisional juga modern - baik yang memanfaatkan susu sebagai bahan utama, maupun memanfaatkannya sebagai bahan pelengkap kuliner, seperti STMJ, kopi dan teh susu kekinian, boba, puding, aneka kue, martabak, dan lain-lain.

Susu juga kerap menemani di berbagai momen penting, mulai dari sarapan, waktu snacking, menemani olahraga dan berbagai aktivitas, serta menghabiskan momen bersama keluarga dan kerabat.

"Berbicara tentang gaya hidup, tentu kita perlu meninjau ke belakang, tentang bagaimana pola tertentu menjadi bagian dan kebiasaan dalam suatu masyarakat. Terkait susu, sejak lama asupan ini telah diyakini dan terbukti memiliki peran baik dalam menunjang kesehatan," kata Pengamat Gaya Hidup, Dwi Sutarjantono.

Tak berhenti di situ, lanjut Dwi, seiring berjalannya waktu, susu juga terus bertransformasi menjadi asupan yang bukan hanya kaya manfaat, tapi juga kaya rasa, dan hadir dalam ragam rupa. Hal ini menjadikan susu secara tidak disadari, telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat.

"Kian meningkatnya kesadaran akan urgensi pola hidup sehat dan olah raga, juga menguatkan peran susu sebagai bagian dari penerapan gaya hidup sehat saat ini," katanya.

Ditambahkan Dwi, kehadiran sosial media dan aneka kuliner kekinian, baik makanan dan minuman yang memanfaatkan susu sebagai bahan asupan, menjadikan peran susu di kehidupan saat ini kian tak terelakkan.

"Dengan kolaborasi dan dukungan semua pihak, harapannya berbagai upaya dan seruan terkait pentingnya penerapan pola hidup dapat terus digaungkan, sehingga bersama-sama kita dapat membangun generasi Indonesia yang Sehat, Sejahtera dan Selaras,” tambah Andrew.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pekerja Migran Indonesia (foto Ist)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:21 WIB

Sedih! Muhaimin Iskandar: 3-4 Juta Pekerja Migran Indonesia Belum Jadi Peserta BP Jamsostek

Jakarta- Warga kita yang berada di luar negeri seperti Hongkong, Taiwan, Malaysia, Arab Saudi, dan lain-lain, yang tentu membutuhkan perhatian serius dan belum menjadi peserta BP Jamsostek.…

Presiden Jokowi di Ukraina

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:21 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Kyiv Ukraina

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 11 jam, Kereta Luar Biasa (KLB) yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina sekitar pukul 08.50…

Jajaran Komisaris dan Direksi BEI yang hadir pada RUPST BEI 2022. (Foto: Humas BEI)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:14 WIB

Iman Rachman Resmi Jadi Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Hingga 2026

Para pemegang saham PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2021 telah menyetujui pengangkatan Iman Rachman sebagai Direktur Utama BEI…

Suasana Pengisian BBM (Pertamina)

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:01 WIB

Pembelian Pertalite Melalui Aplikasi MyPertamina Jangan Sampai Menyulitkan Rakyat Kecil di Daerah

Mulai 1 Juli 2022, pembeli BBM jenis Pertalite dan Solar subsidi harus mendaftar ke website MyPertamina atau aplikasi MyPertamina. Dengan begitu, hanya konsumen terdaftar saja yang bisa membeli…

Ilustrasi SPBU Coco

Rabu, 29 Juni 2022 - 13:59 WIB

Soal Beli Solar dan Pertalite Pakai Aplikasi! DPR: Penggunaan MyPertamina untuk Hindari Kebocoran Subsidi

Jakarta-Rencana penggunaan aplikasi MyPertamina untuk mengakses solar dan Pertalite bagi masyarakat ditujukan untuk menutup kebocoran subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang selama ini dianggarkan.…