Mengenal Avarta, Wallet Crypto Aman dengan Biometrik

Oleh : Hariyanto | Rabu, 25 Mei 2022 - 21:18 WIB

Ilustrasi Avarta
Ilustrasi Avarta

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Salah satu aspek penting menjaga keamanan aset adalah melakukan otentikasi, dengan begitu para pencuri akan kesulitan mencuri aset dan investor bisa lebih waspada dengan aset yang mereka miliki.

Melihat soal otentikasi ini hadirlah Avarta, perusahaan keuangan dan identitas terdesentralisasi yang menawarkan dompet cryptocurrency yang diamankan dengan biometrik dari FaceTec.

Apa Itu Avarta? 
Avarta dapat menjadi salah satu alternatif untuk menjaga keamanan aset, wallet ini menawarkan keamanan biometrik menggunakan detail wajah sebagai kunci pribadi untuk menghubungkan ke banyak wallet dan blockchain lainnya. 

Wallet ini juga memiliki kemampuan canggih yang memungkinkan penggunanya untuk mengontrol kunci pribadi mereka sesuai keinginan pengguna dan secara bebas di seluruh platform multi-rantai. Ketua dan investor utama Avarta adalah Pangeran Abdul Qawi dari Brunei.

Pengguna dapat menggabungkan semua kunci mereka dalam satu dompet Avarta yang tidak memerlukan ID dan kata sandi, tidak ada frasa awal dan tentu saja tidak perlu menyimpan frasa sebagai cadangan keamanan.

Solusi yang dibawa Avarta akan membawa standar otentikasi baru untuk melayani industri kripto. Avarta menawarkan bukti identitas terdesentralisasi yang bertentangan dengan otentikasi dari organisasi terpusat.

Cara Kerja Otentikasi Avarta
Avarta membuat proses otentikasinya bekerja melalui kombinasi biometrik dan data perangkat. Setelah pengguna berhasil login menggunakan wajah dan berhasil, pengguna memiliki akses untuk mengontrol kunci pribadinya dengan nyaman.

Tingkat keamanan dan kepercayaan pada prosedur otentikasi biometrik ini setara dengaN n militer. Ini menjadikannya solusi otentikasi yang kuat dan aman untuk penyedia dompet kripto.

Tetapi Avarta tidak hanya mengawasi keamanan otentikasi, tetapi juga memberikan skor kepercayaan berdasarkan riwayat transaksi lengkap pengguna. Buku catatan transaksi pengguna ini berfungsi sebagai kartu skor kepercayaan atau 'peringkat kredit', untuk mendukung keandalan pengguna dalam investasi, pengambilan atau peminjaman, atau jenis operasi apa pun di DeFi. Buku 'penjaga skor' ini umumnya berguna bagi investor DeFi professional.

Namun, tidak seperti peringkat kredit klasik dan terpusat, Avarta menyerahkan kendali penuh di tangan pengguna. Pengguna yang memilih kapan dan bagaimana informasi pengguna dipublikasikan. Pengguna bahkan dapat menyimpan profil 'anonim' selama diizinkan oleh platform yang digunakan.

Pada akhirnya Avarta menjadi lapisan otentikasi kripto yang aman, pribadi, dan dikendalikan pengguna yang menyerahkan kekuatan kontrol penuh ke tangan pengguna.

Keunikan Avarta
Avarta adalah solusi yang dipatenkan untuk keamanan otentikasi DeFi dan blockchain.

Empat komponen inti yang membuatnya unik adalah:
1.       Dompet blockchain multichain dengan keamanan Biometrik
2.       Teknologi anti-bot untuk daftar DEX publik
3.       Dompet multi-signature untuk perencanaan warisan dan perusahaan
4.       Manajemen identitas terdesentralisasi dengan mekanisme penilaian kepercayaan

Keunggulan Avarta
Salah satu keunggulan Avarta dibanding layanan serupa lainnya adalah skor kepercayaan yang dimiliki, dengan skor tersebut pengguna akan mendapatkan keuntungan dari pinjaman agunan yang lebih rendah meningkatkan kepatuhan akuisisi. Skor Kepercayaan Avarta memungkinkan penggunaan avatar di berbagai metaverse untuk memberikan transparansi terdesentralisasi, memungkinkan transaksi peer-to-peer dan institusional di metaverse.

Sejauh ini, manajemen Avarta telah menginvestasikan lebih dari $4 juta ke dalam platform biometrik yang ada. Memasuki peluncurannya, proyek Avarta telah mengumpulkan lebih dari $2 juta dari gabungan investasi Pangeran Abdul Qawi dari Brunei yang dikombinasikan dengan dana VC X21 Digital, Magnus Capital, Maven Capital, dan Andromeda Capital. Mereka berencana untuk mengumpulkan dana lebih lanjut ke dalam penjualan publik.

Token Asli Avarta
Token Avarta memiliki berbagai kegunaan, di antara untuk penggunaan layanan, penghargaan, dan tata kelola.

Manfaat berorientasi layanan yang dibayarkan dalam token asli Avarta ada untuk menghubungkan dan mempromosikan produk dan layanan Avarta. Mata uang kripto milik Avarta mengikuti dasar utama: persediaan token yang terbatas memberikan nilai kelangkaan yang bervariasi secara proporsional dengan permintaan produk Avarta.

Pengguna dengan tingkat keanggotaan yang lebih tinggi dalam catatan Skor Kepercayaan mereka memanfaatkan akses pengurangan biaya dan penawaran eksklusif seperti tingkat pinjaman yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar sebagai imbalan ketika dibayar dengan token asli.

Manfaat berorientasi penghargaan dimaksudkan untuk meningkatkan nilai utilitas berorientasi layanan. Dengan kata lain, penghargaan dengan token asli Avarta ini digunakan untuk mengimbangi dukungan dan kontributor pengguna awal yang sangat diperlukan untuk terus mengembangkan dan meningkatkan layanan Avarta.

Misalnya, manfaat berorientasi hadiah ini mencakup pembagian pendapatan melalui pengembalian APY, perdagangan tidak langsung untuk memastikan kenaikan nilai token tepat waktu, dan bonus rujukan pengguna baru.

Utilitas berorientasi tata kelola diimplementasikan sebagai cara untuk mengenali Pengguna sebagai pemangku kepentingan resmi dalam proses pengambilan keputusan dan definisi buku aturan dalam komunitas Avarta.

Utilitas Tata Kelola ini memberi pemegangnya sarana untuk berpartisipasi dalam proses keputusan penting yang akan memengaruhi pengembangan platform.

Cara Menggunakan Avarta

Siapkan Profil
Langkah pertama adalah siapkan profil yang mencakup menghasilkan Skor Kepercayaan, mengonfigurasi dompet multi-rantai baru dengan otentikasi pengguna biometrik, dan akhirnya mendaftar untuk whitelist.
Tiga langkah awal ini tidak selalu melibatkan penggunaan token asli Avarta, tetapi akan memungkinkan kasus penggunaan token lainnya.

Tautkan Wallet
Di Platform Avarta, pengguna membuat "Avarta" sendiri untuk dikaitkan ke alamat dompet mereka.
Pengguna mengatur Avarta-nya memilih informasi mana yang perlu diinformasikan dalam identitas digitalnya, mengkonfigurasi berbagai tingkat akses ke informasi spesifik ke pihak terpercaya.

Pengguna juga mendapatkan akses prioritas ke platform terpusat dengan persyaratan whitelist.
Itu dia penjelasan seputar Avarta, layanan yang menyediakan keamanan biometrik yang bisa menjaga dan meminimalisir risiko pencurian aset kripto pengguna.

Di kuartal kedua 2022, proyek ini berencana untuk bekerja sama dengan lapisan protokol Tier 1, kemudian di akhir tahun mainnet wallet Avarta dengan lima rantai akan merilis versi pertama dari metodologi skor kepercayaan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ibu Kota Negara (IKN) Baru dirancang untuk pemerataan dan kemajuan bangsa di masa depan.

Rabu, 06 Juli 2022 - 08:19 WIB

Presiden RI Minta Polri Kawal Perpindahan IKN Agar Lancar dan Tepat Waktu

Semarang-Presiden Joko Widodo meminta jajaran Kepolisian untuk mengawal pembangunan ibu kota Nusantara (IKN).

Presiden Jokowi

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:57 WIB

Presiden Jokowi Dijadwalkan Tinjau Sejumlah Infrastruktur dan Bagikan Bansos di Nias

Mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Utara, Rabu, 6 Juli 2022, Presiden Joko Widodo bertolak menuju Kota Gunungsitoli. Pesawat ATR-Pelita Air yang membawa Presiden dan rombongan…

Menhan Prabowo Cocok Bersanding dengan Gub Jatim Khofifah di 2024

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:44 WIB

Pengamat: Menhan Prabowo Cocok Bersanding dengan Gub Jatim Khofifah di Pilpres 2024

Pengamat Politik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto - Jawa Tengah Indaru Setyo Nurprojo mengatakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memiliki kans yang sangat…

Presiden Jokowi dan Presiden Putin

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:12 WIB

Ukraina Ingatkan RI Jangan Percaya Janji Putin ke Jokowi: Itu Sogokan

Jakarta. Ukraina melalui duta besarnya di Jakarta, Vasyl Hamianin, buka suara soal pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, pada Kamis(30/6).

Dokter Purwati Dianugerahi Rekor MURI Dunia

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:00 WIB

Peroleh HKI Terbanyak di Bidang Stem Cell, Dokter Purwati Dianugerahi Rekor MURI Dunia

Dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga DR.dr. Purwati, Sp.PD, K-PTI, FINASIM dianugerahi Rekor MURI sebagai penerima Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terbanyak di bidang stem cell atau disebut…