Tingkatkan Layanan Siloam Hospitals Kupang Sediakan Cath Lab Kateterisasi Jantung

Oleh : Herry Barus | Rabu, 25 Mei 2022 - 14:25 WIB

 Siloam Hospitals Kupang Sediakan Cath Lab Kateterisasi Jantung
Siloam Hospitals Kupang Sediakan Cath Lab Kateterisasi Jantung

INDUSTRY.co.id - Kupang- Siloam Hospitals Kupang yang terletak di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu rumah sakit rujukan bagi warga yang ingin mendapatkan layanan Kesehatan, termasuk penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui pengadaan layanan unit kateterisasi (Cath Lab).

"Kami telah membuka layanan kateterisasi jantung sejak awal tahun 2022. Hari ini, dua pasien telah berhasil menjalani proses kateterisasi jantung dengan melakukan pemasangan ring. Dengan layanan Cath Lab, masyarakat tidak perlu lagi bepergian jauh dari kota Kupang. Secara kualitas dan layanan, kami optimalkan sama seperti kota besar lainnya," tutur dr. Magma Purnawan Putra, SpJP (K)., Selasa (24/05/2022) usai melakukan diagnosa kepada sejumlah pasien jantung.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya, 15 dari 1.000 orang atau saat ini terdapat 4,2 juta orang yang menderita penyakit kardiovaskular, dan 2.784.064 diantaranya menderita penyakit jantung. Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) melaporkan 14,4 persen sebab kematian di Indonesia adalah penyakit jantung koroner. Tentunya penyakit ini perlu diwaspadai oleh masyarakat, dan ketersediaan layanan kesehatan untuk pencegahan dan penanganannya sangat diperlukan. Utamanya, apabila terjadi serangan jantung yang mendadak, maka penanganan yang cepat dan tepat adalah kuncinya. Hingga saat ini sebagian besar masyarakat NTT masih memilih layanan Cathlab di kota besar lain, padahal kasus serangan jantung bisa berakibat fatal dan membutuhkan penanganan segera.

"Kateterisasi jantung dilakukan untuk mendiagnosis dan menangani berbagai masalah pada jantung secara minimal invasif. Contohnya tindakan pasang ring yang mungkin sering dikenal orang sebagai prosedur untuk membuka pembuluh darah jantung yang tersumbat", tutur dr. Magma Purnawan Putra, Sp.JP (K), dari Siloam Hospitals Kupang.

Dengan dibukanya  layanan fasilitas kateterisasi jantung ini, Siloam Hospitals Kupang semakin memantapkan komitmen untuk menyediakan kualitas pelayanan berstandar internasional tapi juga terjangkau bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur. Selain Cath Lab, di bulan April tahun 2022 ini, Siloam Hospitals Kupang juga telah menambah layanan mammografi sebagai gold standard pemeriksaan  deteksi dini kanker payudara dan pada pertengahan tahun, berencana untuk membuka layanan MRI. Dengan demikian, warga kota Kupang sendiri tidak perlu jauh-jauh ke luar pulau dan menghabiskan biaya besar untuk memenuhi kebutuhan pengobatannya.

Mengenai Siloam Hospitals Kupang

Siloam Hospitals Kupang berdiri pada tahun 2014 dan hadir dengan dokter-dokter berpengalaman untuk meningkatkan standar kesehatan masyarakat provinsi Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya seperti pulau Flores, Sumba, dan Rote-Ndao.

Fasilitas lengkap di Siloam Hospitals Kupang terdiri dari Unit Gawat darurat 24 jam, Ambulans 24 jam, Radiologi 24 jam (CT Scan 128 Slices, C-arm, X-Ray Konvensional, X-Ray Mobile, USG 4 Dimensi , USG 3 Dimensi), Laboratorium 24 jam, Farmasi 24 Jam, ESWL, Cathlab, Operating Theatre (5 kamar), 4 Kamar OT tekanan positif  dan 1 Kamar OT tekanan negative, Critical unit (ICU, HCU, NICU), Unit Hemodialisa, Unit Rehabilitasi medik, Medical check-up (Treadmill & Echocardiography), Ruangan isolasi dan isolasi tekanan negatif untuk pasien Covid, Ruang External Triage ED. Siloam Hospitals Kupang selalu siap melayani kesehatan masyarakat secara komprehensif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…