Gadis Asal India Berusia 10 Tahun Ini Berhasil Puncaki Everest Base Camp

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 25 Mei 2022 - 14:30 WIB

Gadis Mumbai, India Berusia 10 Tahun Puncaki Base Camp Gunung Everest (Foto: Twitter)
Gadis Mumbai, India Berusia 10 Tahun Puncaki Base Camp Gunung Everest (Foto: Twitter)

INDUSTRY.co.id - Rhythm Mamania, seorang skater juara berusia 10 tahun dari Worli, Mumbai, India telah menjadi salah satu pendaki gunung India termuda yang mencapai puncak Everest Base Camp (EBC) di Nepal.

Rhythm tidak memiliki pelatihan formal atau pelatih, dan biasa berlatih dengan berlari naik turun tangga panjang di dekat Shastri Garden pada pukul 5 pagi.

Kondisi saat itu oksigen rendah pada ketinggian 5364 m di atas permukaan laut, medan curam, salju, dan suhu yang sangat rendah tidak dapat menghalangi semangat gadis pemberani ini. Dia berangkat untuk perjalanannya pada 25 April dan, sekitar pukul 1 siang pada 6 Mei, dia mencapai puncak Everest Base Camp (EBC) dengan orang tuanya yang bangga.

Saat berbicara tentang pencapaiannya, Rhythm berkata, Itu adalah tujuan saya untuk mencapai KTT EBC sehingga saya tidak peduli tentang dingin. "Saya menikmati olahraga. Ya, hujan es sesekali adalah hal baru," katanya seperti dilansir dari laman Times of India, Rabu (25/5/2022).

Sementara, ibunya, Urmi menambahkan bahwa Rhythm adalah skater tingkat nasional sehingga otot pahanya kuat. Rhythm juga mengumpulkan semua sampahnya dan membawanya kembali ke Kathmandu daripada membiarkannya tergeletak di pegunungan di mana ia tidak akan membusuk selama bertahun-tahun, ibunya menambahkan.

Rishi Bhandari dari Satori Adventures, Nepal, menyelenggarakan ekspedisi 11 hari ini. Dia menambahkan bahwa dia tidak memiliki catatan lengkap tentang usia dan kebangsaan semua orang yang berada di puncak EBC. Namun, sebagian besar berasal dari India, terutama Mumbai dan Maharashtra, dan Rhythm tentu saja yang termuda dalam hal ini.

Dia lebih lanjut menambahkan bahwa dia terinspirasi untuk melihat bahwa dia tidak mengeluh meskipun mual dan lelah oleh pendakian yang sulit. 

"Para pendaki lainnya yang terengah-engah harus diterbangkan, tetapi Rhythm seperti seorang prajurit yang memotivasi orang lain dengan kekuatan, kebugaran, energi, dan antusiasmenya," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infrastruktur listrik PLN

Senin, 27 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dugaan PLN Hambat Industri Pasang PLTS Atap, Ketua Umum AESI: Menteri ESDM Harus Lapor Presiden

Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa, menyarankan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan perihal kesulitan industri mendapatkan izin pemasangan…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Senin, 27 Juni 2022 - 11:10 WIB

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Gubernur NTB Zulkiflimansyah menyerahkan trophy juara kepada pemenang MXGP Indonesia 2022 Tim Gajser dari…