Hadapi Hepatitis Akut, Pemerintah Minta Satuan Pendidikan Tingkatkan Kebersihan Diri & Lingkungan

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 25 Mei 2022 - 08:53 WIB

Anang Ristanto selaku Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud dalam diskusi daring yang digelar Forum Merdeka Barat 9 bertajuk "Hepatitis Akut Dicegah, Sekolah PTM Aman" pada Senin (23/5/22).
Anang Ristanto selaku Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud dalam diskusi daring yang digelar Forum Merdeka Barat 9 bertajuk "Hepatitis Akut Dicegah, Sekolah PTM Aman" pada Senin (23/5/22).

INDUSTRY.co.id, Jakarta, FMB9 – Hepatitis akut yang belum diketahui kembali mengintai ruang gerak masyarakat Indonesia, utamanya anak-anak. Pemerintah meminta satuan pendidikan hingga Dinas Pendidikan terus meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan.

Demikian disampaikan Anang Ristanto selaku Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud dalam diskusi daring yang digelar Forum Merdeka Barat 9 bertajuk "Hepatitis Akut Dicegah, Sekolah PTM Aman" pada Senin (23/5/22).

"Masyarakat, khusus pada satuan pendidikan, kami harapkan tetap tenang dan melaksanakan anjuran pencegahan penularan hepatitis akut dengan meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan serta menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat," kata Anang.

Menurutnya, protokol kesehatan hepatitis akut yang belum diketahui ini, selaras dengan protokol pembelajaran tatap muka di masa pandemi. Hal ini, tambahnya, tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri tentang panduan penyelenggaran pembelajaran di masa pandemi covid-19.

Anang menyebutkan, sejauh ini pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas berjalan aman. Dia memastikan belum ada kasus spesifik hepatitis akut menyerang satuan pendidikan.

"Laporan sejauh ini aman. Dan kami menggunakan data dari Kementerian Kesehatan, ada laporan pantauan anak kepada kami. Dan ini jadi acuan kami untuk penangangan kasus menjamin PTM berjalan baik," ujarnya.

Pihaknya, lanjut Anang, mengajak semua pihak untuk bergotong royong dalam

memenuhi hak anak-anak dalam mendapatkan layanan pendidikan, khususnya untuk mencegah terjadinya learning loss dan dampak negatif karena tidak opimalnya pembelajaran di masa pandemi.

"Dinas pedidikan dan kebudayaan tentuya harus meningkatkan kewaspadaan dan kerjasama yang solid antara orang tua, tenaga kesehatan di fasilotas pelayanan kesehatan," ujarnya.

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…