Sambut G20 & Dukung Ekonomi Kreatif, KEK Morotai Gelar Pameran Lukisan Bertajuk "Wanderlust Indonesia"

Oleh : Ridwan | Jumat, 20 Mei 2022 - 18:35 WIB

Pameran lukisan bertajuk Wanderlust Indonesia
Pameran lukisan bertajuk Wanderlust Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menyambut G20 yang diadakan di Indonesia pada bulan November 2022 sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022 dan mendukung ekonomi kreatif, salah satu anak usaha PT Jababeka Tbk, yakni Jababeka Morotai selaku pengembang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai menyelenggarakan pameran lukisan bertema “ART Exhibition :Wanderlust Indonesia”.

Adapun acara pameran lukisan tersebut menampilkan pelukis-pelukis berbakat dari Perupa Jakarta Raya (Peruja) yaitu karya Cak Kandar, Nadia Iskandar, Andi Suandi, Novandi, dan Gogor Purwoko. 

Pameran bersama ini terbuka untuk umum yang dimulai dari 18 hingga 25 Mei 2022, pukul 10.00 WIB – 16.00 WIB di President Lounge- Menara Batavia, Jl. K.H. Mas Mansyur No.Kav. 126, Jakarta Pusat.

Adapun Cak Kandar merupakan pelukis yang identik dengan lukisan bulu karena sejak tahun 1969 ia sudah mengembangkan lukisan dengan media bulu unggas. 

Sedangkan Nadia Iskandar merupakan pelukis wanita yang identik cat air yang baru saja menarik perhatian publik lewat karya lukisannya berjudul "Kota". 

Kemudian, Andi Suandi merupakan sosok pelukis lukisan abstrak karena sejak awal kemunculannya konsisten mengembangkan lukisan abstrak. 

Lalu Novandi, seorang pelukis yang memiliki karakter lukisan yang atraktif dan lebih menonjolkan kontras warna yang tegas. Sedangkan Gogor Purwoko merupakan sosok pelukis yang telah dikenal dengan lukisan gaya abstraknya.

Pada grand opening pameran lukisan pada Rabu (18/5) lalu, sejumlah tamu dan pengunjung terlihat ramai mengamati lukisan-lukisan. Mulai dari Madame Lyudmila Georgievna Vorobieva selaku Duta besar Rusia untuk Indonesia; Aliaksei Lachymau dari Kedutaan Besar Republik Belarus di Republik Indonesia; Prof. Raldi Koestoer dari kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus advisor dari PERUJA.

Kemudian, Fadjar Hutomo selaku Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia; Basuri Tjahaja Purnama selaku Direktur Utama PT Jababeka Morotai; dan Fachruddin Tukuboya selaku kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku Utara.

Susan Wijaya selaku General Manager Jababeka Morotai sekaligus Ketua penyelenggara Pameran Lukisan ART Exhibition:Wanderlust Indonesia, berharap pameran lukisan bisa memberikan pemahaman akan keindahan Indonesia pengunjung dan membangun optimisme bagi rekan-rekan seniman akibat pandemi, khususnya pelukis.

“Menyambut hari kebangkitan nasional 2022, kami ingin pameran lukisan menjadi tonggak untuk kita semua yang telah lama terdampak pandemi Covid-19 bisa bangkit dan kembali produktif. Total lukisan yang ditampilkan dalam pameran lukisan bersama ini sebanyak 30 lukisan,” terang Susan, di President Lounge, Jakarta, Selasa (18/5/2022)  

Sementara itu, Andi Suandi selaku Ketua Perupa Jakarta Raya, menyampaikan kegembiraan sekaligus bangga atas terselenggaranya pameran bersama ini. Karena hal tersebut merupakan dari visi Peruja sendiri sebagai gerakan budaya.

“Semoga pameran ini memberikan pandangan yang berbeda mengenai aktivitas dan gerakan pelukis yang ada di Jakarta,” terangnya.

Tak lupa Susan pun menerangkan progres mengenai Kawasan Ekonomi Khusus Jababeka Morotai. Dijelaskannya, bahwa KEK Morotai di Provinsi Maluku Utara KEK Morotai terus mengembangkan kawasan industri terpadu dan kawasan pariwisata dan bergerak maju. 

Hingga 2020, sudah banyak investor asing yang berinvestasi, baik di Kawasan Industri Jababeka Morotai semisal membangun Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS), maupun Kawasan Pariwisata dengan membangun resort baru dan membangun exhibition hall untuk memamerkan karya seni dan budaya di Morotai.

Akomodasi bagi wisatawan pun beragam, mulai hotel D’aloha dan Marahai sampai Apartemen Falila Loft Studio yang juga dioperasikan sebagai hotel. 

Sementara itu, kebetulan di President Lounge yang merupakan tempat pameran lukisan terdapat show unit Falila Loft Studio yang ada di KEK Morotai, sehingga pengunjung pameran selain melihat lukisan-lukisan juga bisa melihat show unit di sana jika tertarik liburan ke KEK Morotai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI insurance saat menyerahkan klaim asuransi alat berat

Minggu, 21 Juli 2024 - 06:03 WIB

BRI Insurance Bayarkan Klaim Asuransi Alat Berat Sebesar Rp. 300 Juta di Jambi

BRI Insurance lakukan pembayaran klaim Asuransi Alat Berat pada hari kamis 11 Juli 2024, penyerahan klaim diserahkan secara simbolis oleh Vierdhy Yosua Rb Simamora selaku Pinca BRI Jambi serta…

Jackson Suwargo memberi sambutan di ajang Jackson Kids Star 2024 yang digelar di Senayan Park Jakarta (20/7/2024)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 23:52 WIB

Jackson Kids Star 2024 Lakukan Pencarian Ambassador Cilik di Senayan Park

Jackson Kids Star 2024 adalah ajang tahunan yang digelar untuk mencari brand ambassador Jakcson Kids.

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani, salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) memberikan sambutan penutup International Conference bertajuk "Synchronizing the application of FIDIC Contracts with specific related project country's regulation to avoid disputes", di Jakarta

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:47 WIB

Hakim MA Berharap Penyelesaian Sengketa Konstruksi Bisa Lebih Baik

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani sebagai salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) mengingatkan agar PADSK selaku stakeholder APS dapat menyampaikan usulan perbaikan…

Peragaan Busana Muslim dan Audisi Model MUFFEST+ di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta.

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:13 WIB

MUFFEST+ Gelar Peragaan Busana dan Audisi Model di Stasiun MRT Bundaran HI

MUFFEST+ ditargetkan menjadi jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan industri fesyen muslim Indonesia yang siap merambah pasar global dari segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi,…

Ustadz Bachtiar Nasir bersama jajarannya menyatakan persiapan konvoi Bela Palestina

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:42 WIB

Bela Palestina Segera Digelar dengan Konvoi Kendaraan

Membela Palestina sangat banyak ragamnya. Untuk membuktikan kepedulian Indonesia, para Ustadz mengajak masyarakat membela Palestina. Ajakan berupa Konvoi menggunakan kendaraan.