Resmi Diluncurkan, Juvara Antigen & C-Saliva PCR Mampu Diagnostik Covid-19 Tanpa Rasa Sakit

Oleh : Ridwan | Kamis, 19 Mei 2022 - 20:45 WIB

Peluncuran Juvara Antigen & C-Saliva PCR
Peluncuran Juvara Antigen & C-Saliva PCR

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Jayatunggal Sekarmulia, produsen dan distributor alat kesehatan secara resmi meluncurkan dua (2) produk tes diagnostik untuk mendeteksi virus Covid-19.

Adapun kedua produk tersebut yaitu, Juvara tes deteksi antigen mandiri (self-test) dan C-Saliva PCR yang telah sesuai dengan arahan WHO serta Kementerian Kesehatan RI. 

Direktur PT. Jayatunggal Sekarmulia, Michael Rusli, mengatakan bahwa pihaknya akan terus berkontribusi melakukan proses kemandirian dalam tes COVID-19. 

“Kedua alat ini, Juvara self-test dan C-Saliva PCR diproduksi untuk dapat digunakan secara mandiri, tanpa rasa sakit, dan sangat aman digunakan oleh siapapun,” jelasnya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/5).

Juvara self-test adalah sebuah alat uji kualitatif immunochromatographic assay yang dirancang untuk mendeteksi protein Covid-19 secara mandiri yang dihasilkan oleh virus yang bereplikasi di area hidung (nasal). 

Salah satu keunggulan dari produk kesehatan ini adalah stick pengambil sampel cukup di rongga hidung, tidak perlu sampai masuk ke nasofaring sehingga lebih nyaman. 

Juvara self-test juga sudah diuji oleh Universitas Padjajaran (UNPAD) dengan hasil sensitivitas/spesivisitas 100%/100%. 

Sementara, C-Saliva PCR merupakan viral transport medium untuk pengambilan spesimen mikrobiologi, transportasi dan penyimpanan sampel air liur untuk dianalisis dengan uji diagnostik berdasarkan asam nukleat.

Keunggulan C-Saliva antara lain tidak memerlukan persiapan khusus (tidak perlu berpuasa) sebelum pengambilan spesimen, larutan bersifat inactivated untuk mengurangi risiko penularan, lebih aman dalam pengumpulan dan transportasi, aman disimpan dalam suhu ruang selama 7 hari (tidak perlu disimpan dalam pendingin) dengan kualitas tetap terjaga, dan sangat cocok untuk pengambilan spesimen anak kecil.

Sebagai upaya komprehensif mendukung langkah penanganan Covid-19 dalam hal tracing, ke depannya PT. Jayatunggal Sekarmulia akan membangun inovasi pemasaran alat-alat kesehatan termasuk Juvara Self-Test dan C-Saliva melalui vending machine. 

Pada tahap awal, rencana lokasi penempatan vending machine diutamakan di area publik strategis di Ibukota, seperti di shelter MRT dan di halte busway. 

Tentunya dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sangat penting dalam membangun ekosistem inovasi self-test ini terealisasi, sehingga masyarakat akan memiliki alternatif yang lebih praktis untuk memperoleh alat tes antigen secara mandiri selain di apotek, toko farmasi, dan mall. 

Komunikasi intensif antara PT. Jayatunggal Sekarmulia dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun terus dibangun agar langkah penanganan tracing Covid-19 dengan berbasis inovasi industri lokal ini dapat segera terwujud, sehingga masyarakat akan memiliki mental Bangga Buatan Indonesia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang turut hadir dalam acara peluncuran Juvara dan C-Saliva mengapresiasi langkah PT Jayatunggal Sekarmulia yang turut berpartisipasi dalam menanggulangi kasus Covid-19. 

"Atas nama Pemprov DKI Jakarta, kami mengapresiasi dan menyambut baik kolaborasi dari berbagai pihak termasuk swasta dari sektor manapaun termasuk kesehatan," jelas Wagub Riza.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub DKI Jakarta juga menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Jayatunggal Sekarmulia yang turut berkontribusi kepada bangsa Indonesia melalui produk-produk yang sudah berhasil menembus pasar ekspor. 

"Suatu kebanggaan lagi bahwa produk-produk PT Jayatunggal Sekarmulia didominasi produk lokal dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) cukup tinggi serta membuka lapangan pekerjaan yang luas," tutup Riza.

Juvara Self-Test dan C-Saliva saat ini sudah dapat dibeli di online commerce, seperti shoppee dan tokopedia, juga tersedia di retail outlet konvensional. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ibu Kota Negara (IKN) Baru dirancang untuk pemerataan dan kemajuan bangsa di masa depan.

Rabu, 06 Juli 2022 - 08:19 WIB

Presiden RI Minta Polri Kawal Perpindahan IKN Agar Lancar dan Tepat Waktu

Semarang-Presiden Joko Widodo meminta jajaran Kepolisian untuk mengawal pembangunan ibu kota Nusantara (IKN).

Presiden Jokowi

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:57 WIB

Presiden Jokowi Dijadwalkan Tinjau Sejumlah Infrastruktur dan Bagikan Bansos di Nias

Mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Utara, Rabu, 6 Juli 2022, Presiden Joko Widodo bertolak menuju Kota Gunungsitoli. Pesawat ATR-Pelita Air yang membawa Presiden dan rombongan…

Menhan Prabowo Cocok Bersanding dengan Gub Jatim Khofifah di 2024

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:44 WIB

Pengamat: Menhan Prabowo Cocok Bersanding dengan Gub Jatim Khofifah di Pilpres 2024

Pengamat Politik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto - Jawa Tengah Indaru Setyo Nurprojo mengatakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memiliki kans yang sangat…

Presiden Jokowi dan Presiden Putin

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:12 WIB

Ukraina Ingatkan RI Jangan Percaya Janji Putin ke Jokowi: Itu Sogokan

Jakarta. Ukraina melalui duta besarnya di Jakarta, Vasyl Hamianin, buka suara soal pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, pada Kamis(30/6).

Dokter Purwati Dianugerahi Rekor MURI Dunia

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:00 WIB

Peroleh HKI Terbanyak di Bidang Stem Cell, Dokter Purwati Dianugerahi Rekor MURI Dunia

Dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga DR.dr. Purwati, Sp.PD, K-PTI, FINASIM dianugerahi Rekor MURI sebagai penerima Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terbanyak di bidang stem cell atau disebut…