Resmi Diluncurkan, Juvara Antigen & C-Saliva PCR Mampu Diagnostik Covid-19 Tanpa Rasa Sakit

Oleh : Ridwan | Kamis, 19 Mei 2022 - 20:45 WIB

Peluncuran Juvara Antigen & C-Saliva PCR
Peluncuran Juvara Antigen & C-Saliva PCR

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Jayatunggal Sekarmulia, produsen dan distributor alat kesehatan secara resmi meluncurkan dua (2) produk tes diagnostik untuk mendeteksi virus Covid-19.

Adapun kedua produk tersebut yaitu, Juvara tes deteksi antigen mandiri (self-test) dan C-Saliva PCR yang telah sesuai dengan arahan WHO serta Kementerian Kesehatan RI. 

Direktur PT. Jayatunggal Sekarmulia, Michael Rusli, mengatakan bahwa pihaknya akan terus berkontribusi melakukan proses kemandirian dalam tes COVID-19. 

“Kedua alat ini, Juvara self-test dan C-Saliva PCR diproduksi untuk dapat digunakan secara mandiri, tanpa rasa sakit, dan sangat aman digunakan oleh siapapun,” jelasnya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (19/5).

Juvara self-test adalah sebuah alat uji kualitatif immunochromatographic assay yang dirancang untuk mendeteksi protein Covid-19 secara mandiri yang dihasilkan oleh virus yang bereplikasi di area hidung (nasal). 

Salah satu keunggulan dari produk kesehatan ini adalah stick pengambil sampel cukup di rongga hidung, tidak perlu sampai masuk ke nasofaring sehingga lebih nyaman. 

Juvara self-test juga sudah diuji oleh Universitas Padjajaran (UNPAD) dengan hasil sensitivitas/spesivisitas 100%/100%. 

Sementara, C-Saliva PCR merupakan viral transport medium untuk pengambilan spesimen mikrobiologi, transportasi dan penyimpanan sampel air liur untuk dianalisis dengan uji diagnostik berdasarkan asam nukleat.

Keunggulan C-Saliva antara lain tidak memerlukan persiapan khusus (tidak perlu berpuasa) sebelum pengambilan spesimen, larutan bersifat inactivated untuk mengurangi risiko penularan, lebih aman dalam pengumpulan dan transportasi, aman disimpan dalam suhu ruang selama 7 hari (tidak perlu disimpan dalam pendingin) dengan kualitas tetap terjaga, dan sangat cocok untuk pengambilan spesimen anak kecil.

Sebagai upaya komprehensif mendukung langkah penanganan Covid-19 dalam hal tracing, ke depannya PT. Jayatunggal Sekarmulia akan membangun inovasi pemasaran alat-alat kesehatan termasuk Juvara Self-Test dan C-Saliva melalui vending machine. 

Pada tahap awal, rencana lokasi penempatan vending machine diutamakan di area publik strategis di Ibukota, seperti di shelter MRT dan di halte busway. 

Tentunya dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sangat penting dalam membangun ekosistem inovasi self-test ini terealisasi, sehingga masyarakat akan memiliki alternatif yang lebih praktis untuk memperoleh alat tes antigen secara mandiri selain di apotek, toko farmasi, dan mall. 

Komunikasi intensif antara PT. Jayatunggal Sekarmulia dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun terus dibangun agar langkah penanganan tracing Covid-19 dengan berbasis inovasi industri lokal ini dapat segera terwujud, sehingga masyarakat akan memiliki mental Bangga Buatan Indonesia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang turut hadir dalam acara peluncuran Juvara dan C-Saliva mengapresiasi langkah PT Jayatunggal Sekarmulia yang turut berpartisipasi dalam menanggulangi kasus Covid-19. 

"Atas nama Pemprov DKI Jakarta, kami mengapresiasi dan menyambut baik kolaborasi dari berbagai pihak termasuk swasta dari sektor manapaun termasuk kesehatan," jelas Wagub Riza.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub DKI Jakarta juga menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Jayatunggal Sekarmulia yang turut berkontribusi kepada bangsa Indonesia melalui produk-produk yang sudah berhasil menembus pasar ekspor. 

"Suatu kebanggaan lagi bahwa produk-produk PT Jayatunggal Sekarmulia didominasi produk lokal dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) cukup tinggi serta membuka lapangan pekerjaan yang luas," tutup Riza.

Juvara Self-Test dan C-Saliva saat ini sudah dapat dibeli di online commerce, seperti shoppee dan tokopedia, juga tersedia di retail outlet konvensional. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…