Jungle Ventures Tutup Pendanaan US$600 Juta, Total Dana Kelolaan (AUM) Lampaui US$1 Miliar

Oleh : Herry Barus | Rabu, 18 Mei 2022 - 09:43 WIB

Keterangan foto (kiri-kanan): Anurag Srivastava - Founding Partner Jungle Ventures, Amit Anand - Founding Partner Jungle Ventures, dan David Gowdey - Managing Partner Jungle Ventures.
Keterangan foto (kiri-kanan): Anurag Srivastava - Founding Partner Jungle Ventures, Amit Anand - Founding Partner Jungle Ventures, dan David Gowdey - Managing Partner Jungle Ventures.

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Jungle Ventures mengumumkan telah merampungkan Fund IV senilai US$600 juta, dengan rincian US$450 juta di keranjang investasi utama dan US$150 juta masuk dalam komitmen tambahan. Dengan demikian, total Asset Under Management (AUM) Jungle Ventures melampaui US$1 Miliar. Hal ini menjadikan Jungle sebagai venture capital (VC) independen pertama, yang berkantor pusat di Singapura serta berinvestasi di Asia Tenggara dan India, untuk mencapai rekor ini.    

Berawal dari target ambisius senilai US$350 juta, Fund IV mengalami permintaan yang berlebih     (over-subscribed). Lebih dari 50% komitmen datang dari investor yang sudah ada     , termasuk di antaranya Temasek, IFC, FMO, DEG, bergabung dengan      investor global baru yang selektif seperti StepStone Group.  

Didirikan pada tahun 2012 oleh Amit Anand and Anurag Srivastava, Jungle Ventures didirikan      pertama kali dengan pendanaan senilai US$10 juta, dan sejak itu telah mengalami pertumbuhan AUM 100x dalam 10 tahun dengan berpegang teguh pada visi yang jelas, yakni “Build to Last”. Sejak didirikan,  tujuan Jungle Ventures      adalah untuk membantu generasi baru entrepreneur dari India dan Asia Tenggara membangun perusahaan besar yang tangguh teruji waktu. Melalui strategi investasi ini, yang dirancang untuk memilih perusahaan terbaik           di setiap kategori secara      terukur dan konsisten, Jungle memiliki portofolio perusahaan dengan Enterprise Value lebih dari US$12 miliar, hanya dengan US$250 juta modal diinvestasikan dan rasio kerugian kurang dari 5%.

Portofolio Jungle mencakup sejumlah perusahaan regional ternama     , di antaranya Kredivo, Livspace dan Moglix, ketiga perusahaan tersebut mendapatkan investasi seed dari Jungle hingga mencapai status unicorn.                .

Dalam perjalanannya, Jungle telah mengkurasi portofolio regional dari perusahaan      terbaik            di berbagai kategori, termasuk vertical e-commerce (Pomelo Fashion, Sociolla, Reddoorz), social commerce (Citymall, Evermos, Mio), fintech/insurTech (LeapFinance, Vayana, Turtlemint), B2B enablement (Kiotviet, Deskera, Waresix), electric vehicles (Datbike), SaaS (Builder.ai, BetterPlace) serta brand aggregators/D2C brands (Believe, Hypefast).

“Jungle merupakan VC independent pertama yang berkantor pusat di Singapura untuk berinvestasi di kawasan Asia Tenggara dan India. Sejak didirikan     , Jungle telah membantu portfolio dalam pertumbuhan      dan regionalisasi bisnis untuk menjadi pemimpin kategori di pasar konsumen yang paling luas dan berkembang paling cepat di dunia. Dengan Fund IV, Jungle bertujuan memperkuat posisi ini sambil melanjutkan pendekatan membangun ‘portofolio yang terkonsentrasi’, dengan membuat proyeksi 15-18 investasi di India dan Asia Tenggara melalui dana barunya,” ujar Amit Anand, Founding Partner Jungle Ventures. 

Jungle Ventures      telah berinvestasi di sejumlah       perusahaan      baru, termasuk Timo (bank digital pertama dan terkemuka di Vietnam), Sleek (perusahaan berbasis di Singapura yang menyediakan sistem operasi back-office untuk startup dan UMKM), Atomberg (brand elektronik direct to consumer dari India), Desty (platform social commerce enablement yang berbasis di Indonesia), Eveworld (platform komunitas social-crypto yang berbasis Web 3.0 untuk perempuan), Mio (platform social commerce di Vietnam), dan inFeedo (sebuah platform Saas pengalaman karyawan yang membantu perusahaan global mengelola budaya dan retensi tim).

Jungle Ventures terus berkembang dengan talenta-talenta terbaik      dan baru-baru ini telah mempromosikan Yash Sankrityayan, Sandeep Uberoi, dan Manpreet Ratia sebagai Managing Partner di perusahaan, bergabung dengan jajaran kepemimpinan Jungle, yang terdiri dari David Gowdey, dan Founding Partners, Amit Anand dan Anurag Srivastava.

Tentang Jungle Ventures

Jungle Ventures adalah perusahaan venture capital yang berbasis di Singapura yang berfokus pada investasi tahap awal hingga pertumbuhan di Asia Tenggara dan India, dengan fokus pada pembangunan bisnis jangka panjang. Jungle bermitra dengan para pendiri paling mengesankan di kawasan ini untuk membangun bisnis teknologi dengan pertumbuhan tinggi, hemat modal, dan mendukung pertumbuhan mereka dari tahap seed, unicorn hingga IPO. Portofolio kami mencakup pemimpin kategori regional dan global seperti Kredivo, Moglix, Pomelo, Livspace, Builder.ai, Sociolla, dan banyak lagi.

Temukan informasi lebih lanjut di www.jungle.vc, atau ikuti kami di LinkedIn, Twitter, YouTube, or Instagram.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…