Sucofindo Siap Jadi Lembaga Verifikasi dan Validasi untuk Informasi Lingkungan terhadap Emisi Gas Rumah Kaca

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 17 Mei 2022 - 16:48 WIB

SUCOFINDO Siap Menjadi Lembaga Verifikasi dan Validasi untuk Informasi Lingkungan terhadap Emisi Gas Rumah Kaca
SUCOFINDO Siap Menjadi Lembaga Verifikasi dan Validasi untuk Informasi Lingkungan terhadap Emisi Gas Rumah Kaca

INDUSTRY.co.id, Jakarta– PT Sucofindo siap menjadi Lembaga Verifikasi dan Validasi (LVV) Informasi Lingkungan terhadap Emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Komitmen ini merupakan upaya PT SUCOFINDO mendukung pemerintah untuk mendorong perusahaan memenuhi target Nationally Determined Contribution (NDC) dan Net Zero Emission (NZE).

Verifikasi informasi lingkungan emisi GRK ini meliputi statement GRK tingkat organisasi dan kegiatan penurunan emisi (emission reduction dan Removal Enhancement). Selain itu, LVV PT SUCOFINDO juga melayani informasi lingkungan lain, seperti reduksi emisi, pengelolaan sampah, dan air.

“Dukungan konkret SUCOFINDO yaitu sebagai Lembaga Verifikasi dan Validasi (LVV) Informasi Lingkungan, khususnya melayani jasa Verifikasi dan Validasi (VV) terhadap statement emisi GRK. Perusahaan kini bisa memastikan statement GRK yang akan dikomunikasikan kepada eksternal serta informasi lingkungan lain, seperti pengelolaan sampah, air, dan beberapa informasi lingkungan lain,” ujar Direktur Utama PT SUCOFINDO, Mas Wigrantoro.

Mas Wigrantoro menambahkan bahwa sebagai LVV, PT SUCOFINDO berkomitmen memelihara prinsip independensi, tanggung jawab, keterbukaan, kerahasiaan, serta kemampuan menanggapi keluhan dan banding, dalam setiap tahapan yang mengacu pada persyaratan LVV. Hal ini tertuang dalam ISO/IEC 17000 yang mengatur Lembaga Penilaian Kesuaian dengan basis SNI ISO/IEC 17021, SNI ISO/IEC 17065, SNI ISO/IEC 17020, dan SNI ISO/IEC 17029 (menaungi verifikasi/validasi infromasi lingkungan - ISO 14065).

PT SUCOFINDO, sebagai Holding BUMN ID Survey, juga dilengkapi dengan personil yang kompeten dan berpengalaman. Pelatihan dan sertifikasi terkait LVV telah diberikan kepada verifikator yang tersebar di 28 Cabang PT SUCOFINDO di seluruh Indonesia meliputi SNI ISO/IEC 17029, ISO 14065 dan ISO 14064 series.

Kepala Bagian Eco Framework Strategic Business Unit Sertifikasi dan Eco Framework PT SUCOFINDO, Budi Utomo menambahkan bahwa kelebihan perusahaan yang telah memiliki laporan Verifikasi dan Validasi (VV) Informasi lingkungan terhadap statement emisi dan/atau pengurangan emisi GRK mampu meningkatkan kepercayaan publik. “Informasi tersebut dapat dilaporkan secara berkala dalam laporan berkelanjutan (Sustainability Report), pemenuhan peraturan Pemerintah Indonesia (misal POJK No. 51/POJK.03/2017) dan/atau investor,” jelas Budi.

Proses VV menurut Budi dilakukan melalui bebarapa tahapan. Pertama, proses diawali dengan permohonan verifikasi/validasi GRK yang diajukan kepada LVV SUCOFINDO. Kemudain dilanjut dengan tahap pre-engagement (application review) yaitu penilaian kecukupan dan kesesuaian jenis perikatan yang diusulkan dan tahap engagement yaitu kesepakatan dengan pelanggan atas kegiatan verifikasi/validasi. Selanjutnya, proses data request and data check yaitu permintaan data kepada pelanggan dan desk review. Kemudian verification/validation (onsite), yaitu melakukan verifikasi/validasi untuk kegiatan pengumpulan bukti sesuai dengan rencana pengumpulan bukti. Kemudian tahap verification/validation Report/Issuance of opinion, yaitu proses pembuatan laporan, tinjauan mandiri, dan penetapan keputusan.

PT SUCOFINDO adalah perusahaan inspeksi pertama di Indonesia dan didirikan pada tanggal 22 Oktober 1956. PT SUCOFINDO merupakan bagian dari Holding BUMN ID Survey, dengan PT Biro Klasifikasi Indonesia sebagai induk  dan PT Surveyor Indonesia.

Bisnis SUCOFINDO bermula dari jasa pemeriksaan dan pengawasan di bidang perdagangan membantu pemerintah dalam menjamin kelancaran arus barang dan pengamanan devisa negara.

Kemudian SUCOFINDO melakukan diversifikasi jasa di bidang, laboratorium analitis, keteknikan, audit, assessment, konsultansi, pelatihan, dan berbagai kegiatan penunjang terkait, di antaranya di bidang pertanian, kehutanan, migas, pertambangan, konstruksi, industri pengolahan, kelautan, perikanan, transportasi, energi baru dan  terbarukan, dan teknologi informasi.

SUCOFINDO memiliki 66 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, dikelola secara terpadu dan didukung oleh para ahli di berbagai bidang. Jaringan 75 laboratorium yang luas menyediakan layanan dekat dengan pelanggan di seluruh Indonesia.

                                                               

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…