Terus Mendunia! Menteri Trenggono Jajaki Potensi Kerja Sama Kelautan dan Perikanan dengan Norwegia

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 13 Mei 2022 - 12:08 WIB

Menteri Trenggono Jajaki Potensi Kerja Sama Kelautan dan Perikanan dengan Norwegia
Menteri Trenggono Jajaki Potensi Kerja Sama Kelautan dan Perikanan dengan Norwegia

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Norwegia Henrik Thune dan Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin di Kantor Pusat KKP, Jakarta, Kamis (12/5/2022). Pertemuan ini salah satunya membahas potensi kerja sama di bidang perikanan budidaya yang produktif dan ramah lingkungan.

Menteri Trenggono menjelaskan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memiliki program prioritas guna mendongkrak produktivitas sektor kelautan dan perikanan Indonesia dengan tetap mengutamakan keberlanjutan ekosistem perairan. Program tersebut di antaranya mencakup pengembangan budidaya perikanan modern yang ramah lingkungan, pengelolaan sumber daya alam perikanan berkelanjutan melalui kebijakan penangkapan terukur yang didukung dengan teknologi pengawasan berbasis satelit, serta memperluas kawasan konservasi untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim.

“Hal-hal itu yang sedang kami fokuskan, untuk menjaga sumber daya, bukan hanya ekonominya, tapi keberlangsungan ekologi di laut,” tegas Menteri Trenggono.

Menteri Trenggono berharap ke depan dapat terjalin kerja sama antara Indonesia dan Norwegia khususnya di bidang teknologi budidaya. Mengingat negara Eropa tersebut merupakan produsen salmon terbesar di dunia.

Adapun komoditas perikanan budidaya yang menjadi fokus utama KKP untuk terus dikembangkan adalah udang, lobster, kepiting, dan rumput laut. Menteri Trenggono berharap di masa depan Indonesia mampu menjadikan komoditas budidaya tersebut sebagai produk perikanan unggulan di pasar internasional.

Pada kesempatan itu, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Tb Haeru Rahayu mengatakan bahwa selama ini telah banyak mempelajari industri perikanan budidaya di Norwegia, dan diperlukan diskusi lebih lanjut terkait perikanan budidaya di Norwegia, agar kerja sama yang akan dilakukan antara Indonesia dan Norwegia dapat memberikan dampak yang baik bagi kemajuan industri perikanan kedua negara.

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Norwegia, Henrik Thune mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh KKP dalam memajukan industri perikanan di Indonesia. Henrik menyampaikan bahwa Norwegia sangat terbuka dalam membangun kemitraan dan mempertimbangkan untuk melakukan transfer teknologi khususnya terkait teknologi pengelolaan perikanan budidaya dengan Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…