GenPI Dukung Pemulihan Sektor Parekraf di Solo Raya

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 12 Mei 2022 - 12:45 WIB

Grojogan Sewu, Solo, Jawa Tengah (Ist)
Grojogan Sewu, Solo, Jawa Tengah (Ist)

INDUSTRY.co.id - Seiring dengan melandainya kasus aktif Covid-19 di Indonesia dinilai dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat, terutama di sektor pariwisata.

Maka dari itu, Generasi Pesona Indonesia (GenPI), yang merupakan bagian dari komunitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berkomitmen untuk mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif di Solo Raya usai pandemi Covid-19.

"Di Solo sudah kental dengan nuansa budaya, bahkan saat liburan Solo menjadi salah satu destinasi utama pariwisata karena aksesibilitas yang begitu mudahnya baik dari timur maupun barat ke Solo," kata Ketua GenPI Nasional Khotijah dilansir dari laman Antara, Rabu (11/6/2022).

Lebih lanjut, ia juga melihat selama ini perkembangan pariwisata di Solo dan sekitarnya cukup baik, salah satunya terlihat dari munculnya destinasi wisata baru. 

Sementara, destinasi wisata tradisional tetap menjadi primadona, seperti kampung batik.

"Kami juga berharap agar dari sisi kekhasan jangan sampai hilang, yang dicari di Solo jangan sampai hilang. Selama ini orang begitu antusias dengan kulinernya, dengan hiknya, dengan Pasar Gedenya, itu jangan sampai hilang," ujarnya.

Namun, pihaknya khawatir ketika terjadi revitalisasi di berbagai titik justru menghilangkan kekhasan Solo.

"Semoga ini tetap terjaga sehingga Solo mendapatkan recall tourism, orang yang berkunjung ke Solo ingin selalu kembali ke Solo," jelasnya.

Pada bulan November 2022, sebagai salah satu upaya memulihkan pariwisata di Solo, GenPI akan menyelenggarakan rapat kerja nasional (Rakernas) di Kota Solo dengan melibatkan GenPI di 212 kabupaten/kota di Indonesia.

"Rakernas diselenggarakan selama tiga hari, ada rapat evaluasi, bincang kreatif mas wali (Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming) sebagai keynote speaker dan mas Menparekraf (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)," katanya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga akan menyelenggarakan city tour dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata unggulan.

"Kami masih menunggu destinasi mana yang menjadi rekomendasi dari mas wali dan teman-teman di Solo,"  tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

WINGS Group Indonesia Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:03 WIB

WINGS Group Indonesia Dukung Potensi UMKM Bangka Belitung

Wings Group Indonesia, mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi…

Logo Starbucks Coffee

Selasa, 24 Mei 2022 - 12:15 WIB

Tutup 130 Gerai, Starbucks Resmi Keluar dari Rusia

Setelah hampir 15 tahun, Starbucks Corp mengatakan pada Senin (23/5/2022) akan keluar dari pasar Rusia. Hal ini dikarenakan jaringan kopi bergabung dengan McDonald's Corp dalam menandai berakhirnya…

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Selasa, 24 Mei 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI: 50 Motor Besar Siap Ikuti Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring 2022

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Direktur Mobilitas Sepeda Motor IMI Pusat Joel D. Mastana dan jajaran Anpreso International mematangkan…

Peternakan sapi perah (Doc: Kementan)

Selasa, 24 Mei 2022 - 11:50 WIB

Singgung Impor Vaksin! DPR Ini Ingatkan Pemerintah Perhitungkan Rencana Vaksinasi PMK

Jakarta-Anggota Komisi IV DPR RI Haerudin menekankan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk benar-benar memperhitungkan persiapan pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di Indonesia…

Peresmian Paviliun Indonesia di Davos

Selasa, 24 Mei 2022 - 11:48 WIB

Sejumlah Menteri Jokowi Secara Resmi Buka Paviliun Indonesia di Davos

Paviliun Indonesia yang diselenggarakan bersamaan dengan rangkaian kegiatan World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos, Swiss secara resmi dibuka.