Duh Boleh Buka Masker, Ini Aturan Damai Covid Baru Malaysia

Oleh : Kormen Barus | Senin, 02 Mei 2022 - 14:13 WIB

Malaysia
Malaysia

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin mengatakan angka kasus gejala parah Covid-19 sudah mulai menurun jauh. Ini menurutnya juga diimbangi oleh kesadaran publik dalam aturan pencegahan yang diterapkan pemerintah.

Hal ini membuat  Malaysia kembali melonggarkan pembatasan-pembatasan Covid-19. Salah satu hal yang yang mulai dilonggarkan adalah melepas masker di lingkungan outdoor mulai 1 Mei mendatang.

"Sistem kesehatan sedang membaik dan angka kasus Covid-19 yang masuk ke rumah sakit dan juga keterisian ICU menurun," ujar pria yang akrab disapa KJ itu dalam sebuah pernyataan, Rabu (27/4/2022), seperti yang dikutip industry.co.id.

Berikut beberapa hal yang akan dilonggarkan negeri Jiran itu dalam waktu dekat ini mengutip Channel News Asia dan Bloomberg:

1. Pencabutan mandat masker di ruang outdoor

Pemerintah Malaysia memutuskan untuk mencabut mandat penggunaan masker di ruang terbuka. Meski begitu, penggunaanya masih tetap disarankan.

Untuk ruang tertutup atau indoor, masyarakat diwajibkan untuk tetap menggunakan masker. Pengecualian untuk mereka yang sedang makan minum, berolahraga, pidato atau sedang tampil dalam sebuah acara, dan juga bila sedang berada seorang diri.

"Pemakaian masker di luar ruangan adalah opsional, tetapi tetap dianjurkan," tegas Khairy.

2. Tidak ada tes Covid-19 bagi pelancong yang masuk

Malaysia juga mengumumkan bahwa negara itu akan secara luas mencabut peraturan tes Covid-19 bagi beberapa pelancong mulai 1 Mei. Khairy mengatakan protokol pengujian saat sebelum dan sesudah masuk negaranya akan dihapus bagi mereka dengan tiga syarat.

Yakni, mereka yang divaksinasi penuh, mereka yang telah pulih dari infeksi Covid-19 selama enam hingga 60 hari sebelum berangkat, juga pelancong berusia 12 tahun ke bawah. Sementara itu, untuk asuransi perjalanan tidak lagi menjadi prasyarat bagi orang asing yang masuk ke negara itu.

"Namun, mereka yang belum sepenuhnya divaksinasi Covid-19 tetap harus menjalani tes ini dan menjalani karantina wajib lima hari," kata Khairy.

3. Tak perlu check in di aplikasi MySejahtera

Khairy juga mengatakan bahwa check-in melalui aplikasi pelacakan kontak MySejahtera tidak akan lagi diwajibkan saat memasuki beberapa lokasi. Hal ini juga berlaku bagi warga Malaysia yang belum mendapatkan vaksin penuh.

Meski begitu, ia menghimbau warga untuk tetap melakukan check in dalam aplikasi itu untuk kepentingan contact tracing. Ia menyebut pemerintah akan melakukan pemantauan dari data tes positif Covid-19, di mana nantinya, MySejahtera akan digunakan untuk pembaharuan data kesehatan pasien positif.

4.Potong karantina

Sementara itu, bagi mereka yang dinyatakan positif Covid-19 juga dapat dibebaskan lebih awal dari karantina. Ini dapat dilakukan bila pasien itu telah terbukti negatif pada hari keempat.

Aturan ini juga berlaku bagi kontak erat pasien. Bila mereka bisa menunjukkan bukti negatif Covid-19 saat hari keempat, mereka dapat dikeluarkan dari kewajiban isolasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…