Ingin Tahu Kehebatan SD778G, RAM Plus, dan Kamera 108MP di Samsung Galaxy A73 5G?

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 26 April 2022 - 15:30 WIB

Samsung Galaxy A73 5G dilengkapi kamera 108 MP OIS yang awesome. (Foto: Humas PT Samsung Electronics Indonesia)
Samsung Galaxy A73 5G dilengkapi kamera 108 MP OIS yang awesome. (Foto: Humas PT Samsung Electronics Indonesia)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perangkat smartphone Samsung Galaxy A73 5G merupakan ponsel Seri A terbaik yang bisa digunakan untuk menghasilkan konten yang awesome. Kendati ditawarkan dengan harga di bawah Rp10 juta, tepatnya sebesar Rp7.799.000 per unit, Samsung Galaxy A73 5G merupakan smartphone unggulan di kelasnya.

 

Samsung Galaxy A73 5G dibekali chipset flagship terkini yang diciptakan Qualcomm, yaitu Snapdragon 778G. Chipset ini menyasar sektor gaming untuk smartphone kelas menengah. Pasalnya, system-on-chip yang digunakan pada Samsung Galaxy A73 5G  itu sudah mendukung jaringan 5G. Chipset ini dibuat lewat fabrikasi berkapasitas 6 Nm dan ditujukan untuk perangkat smartphone kelasa menengah.

 

Kendati bukan seri 8, tapi chipset Snapdragon 778G boleh dibilang mumpuni. Pada Samsung Galaxy A73 5G, performa Snapdragon 778G tidak hanya dapat digunakan untuk kegiatan hiburan seperti main game (ngegame), tapi juga dapat menunjang para video creator untuk berkarya dengan nyaman, misalnya ketika melakukan editing video tidak lagi ngelag.

 

Pasalnya, kegiatan untuk menyatukan video-video yang sudah diambil agar menjadi satu kesatuan konten yang utuh membutuhkan performa komputasi yang cukup tinggi. Demikian pula hal yang sama dengan kegiatan lainnya, yaitu memilih filter, hingga mengatur suara/lagu.

 

Tidak hanya itu, para pengguna Samsung Galaxy A73 5G  juga dapat mengoptimalkan fitur RAM Plus untuk menunjang fitur multitasking. RAM Plus adalah fitur yang dapat menambah kapasitas RAM.

 

Pengguna Samsung Galaxy A73 5G  dapat menambahkan RAM tambahan hingga 8 GB yang diambil dari kapasitas memori internal atau ROM. Dampaknya, video creator dapat melakukan multitasking dengan lancar. Misalnya, scrolling di layar Samsung Galaxy A73 5G  dengan lancar, sambil mengutak-atik konten TikTok, juga bolak balik ke aplikasi lain untuk mencari inspirasi dengan cepat.

 

Chipset Snapdragon 778G dan RAM Plus tentunya akan menjadi ideal ketika keduanya dikombinasikan dengan kamera 108MP yang dimiliki Samsung Galaxy A73 5G dan dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization). Quad Camera 108MP merupakan resolusi tertinggi di Samsung Galaxy A Series. Bahkan, bisa disandingkan dengan ponsel flagship Samsung Galaxy S22 Ultra 5G.

 

Dampak resolusi kamera yang besar itu penting untuk merekam foto dengan lebih detail. Termasuk di pencahayaan rendah. Karena itu kamera Samsung Galaxy A73 5G  memiliki formasi 108 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro) dan 5 MP (depth).

 

Adapun OIS di smartphone kini merupakan fitur yang paling diincar para video creator karena sangat memudahkan mereka ketika merekam video. Samsung Galaxy A73 5G memang memiliki fitur Video Digital Image Stabilization (VDIS). VDIS membuat para video creator tidak perlu khawatir momen yang diambil goyang atau tidak fokus.

 

Selain itu, untuk mendapatkan video slow-motion bisa juga memanfaatkan perekaman video dengan resolusi 1080p di 60fps. Fitur lain yang bisa digunakan adalah peningkatan kemampuan zoom lewat Hybrid Optic Zoom hingga 3X. Atau, dukungan software seperti Enhanced HDR, Photo Remaster dan Object Eraser.

 

Sementara itu, layar berukuran 6,7 inci, 120 Hz dan baterai 5.000 mAh merupakan bonus untuk menambahn kemudahan para video creator membuat konten seharian penuh, termasuk saat traveling.

 

Samsung Galaxy A73 5G ditawarkan hanya dalam satu varian saja, yakni 8GB/256GB. Untuk pilihan warnanya, ada Awesome Gray, Awesome White, dan Awesome Mint.***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…