Nyaman dan Aman, Ini 5 Tips Cegah Kantuk Selama Perjalanan Mudik

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 22 April 2022 - 18:15 WIB

Ilustrasi Mudik Naik Mobil Bersama Keluarga (Shutterstock)
Ilustrasi Mudik Naik Mobil Bersama Keluarga (Shutterstock)

INDUSTRY.co.id - Setelah dua tahun lamanya, akhirnya pemerintah telah memberikan izin kepada masyarakat Indonesia untuk melakukan mudik atau pulang ke kampung halamannya. Setelah lama tidak melakukan perjalanan jauh, tentu banyak persiapan fisik yang perlu dipersiapkan, termasuk mengatasi rasa kantuk. 

Mengantuk saat mengemudi dapat membahayakan kamu bahkan dapat berakibat fatal. Salah satu studi jurnal Ergonomics menemukan bahwa rasa kantuk saat mengemudi salah satunya distimulasi oleh getaran halus ketika mobil sedang melaju, terlebih jika waktu mengemudi lebih dari 30 menit.

Namun kamu tidak perlu khawatir, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, Carsome memiliki lima tips menghilangkan rasa kantuk saat mengemudi, agar perjalanan mudikmu tetap aman dan nyaman.

Tidur yang cukup sebelum mengemudi

Kurangnya waktu tidur akan berdampak pada aktivitas sehari-hari Anda, termasuk berkendara. Menurut riset AAA Foundation for Traffic Safety, kurangnya tidur saat mengemudikan mobil dapat memunculkan risiko yang sama saat mengemudi dalam keadaan mabuk. Untuk itu, pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup sebelum mengemudi, terutama jika ingin menempuh perjalanan jarak yang jauh.

Mendengarkan musik up-beat  

Musik dengan irama dan ketukan yang kencang sering kali membuat suasana menjadi lebih ceria dan bahkan menjadikan kita lebih bersemangat. Jenis musik ini juga dapat membantu kamu mencegah kantuk saat berkendara, lho. Apalagi kalau kamu tahu liriknya, jadi bisa ikut sing along selama perjalanan. 

Perhatikan konsumsi makanan dan minuman

Sering kali kondisi tubuh kita dipicu oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi. Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi dan tidak makan dengan porsi yang terlalu besar sebelum perjalanan agar terhindar dari rasa kantuk. Selama bulan puasa, bisa dipertimbangkan melakukan perjalanan di pagi hari setelah Subuh.

Hindari mengemudi sendirian

Jika ada keluarga atau teman di dalam mobil saat kamu mengemudi, ajaklah mereka untuk sekedar berbincang-bincang mengenai hal yang santai. Dengan begitu, rasa kantuk saat mengemudi akan berangsur-angsur berkurang.

Menepi Sejenak

Jika rasa kantuk saat mengemudi sudah tidak tertahankan, ada baiknya kamu menepi sejenak untuk sekedar beristirahat sebentar. Selain dapat membantu mengembalikan energi dan fokus kamu, hal ini juga dapat menghindarkan kamu dari hal-hal fatal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Rabu, 06 Juli 2022 - 15:55 WIB

Diduga Gelapkan Dana Umat, DPR Minta Polri Usut Tuntas ACT

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menanggapi tentang kasus dugaan penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT).