Kerja dan Sahur di Jalanan, Dompet Dhuafa Kejutkan Petugas Kebersihan dengan Parsel Ramadan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 15 April 2022 - 14:59 WIB

Petugas kebersihan, Mujianto
Petugas kebersihan, Mujianto

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta - Kemuliaan sebuah pekerjaan bukan diukur dari seberapa nilai upah yang diberikan, namun seberapa besar si pekerja mampu amanah dengan pekerjaan yang diberikan. Menjadi petugas kebersihan yang gajinya tak seberapa, Mujianto tetap merasa senang. 

Ia mengaku senang pekerjaan yang dijalaninya saat ini sebab ia dapat memiliki lebih banyak teman yang semuanya kompak. “Sama suka sama duka,” begitu Mujianto menyebut pertemanannya.

Menurutnya, saat bulan puasa terdapat beberapa perubahan pola kerja. Dari segi jam kerja terdapat sedikit pengurangan. Namun di sisi lain, ia harus berangkat lebih awal dari waktu biasanya. Jika pukul 03.00 WIB orang-orang sedang makan sahur, Mujianto dan rekan-rekan lainnya sudah harus berangkat dari rumah untuk bekerja. 

“Kalau hari biasa mulai jam 5 pagi sampai jam 2 siang (9 jam). Kalau Ramadan mulai jam 4 sampai 10 pagi,” rincinya. 

Bahkan, tak jarang Mujianto makan sahur di jalan-jalan yang ia bersihkan. Jika saat berbuka puasa ia bisa selalu bersama keluarga, saat sahur ia hanya 4 (empat) kali saja bareng bersama keluarga. Meski begitu, banyak orang baik yang menghampirinya saat sahur. Anak-anak muda dan mahasiswa, kata Mujianto, kerap melakukan aksi bagi-bagi makanan sahur di jalanan. 

"Biasanya kita sering sahur di jalan. Kadang juga kan ada yang bagi-bagi sahur di jalan itu," ucapnya.

Hal lain yang patut dipuji dari sosok Mujianto adalah kebaikan hati dan lakunya kepada semua orang, terutama kepada keluarganya di rumah. Selama Ramadan ia bisa pulang lebih awal dari biasanya, yaitu pukul 10.00 WIB sudah diperkenankan untuk pulang. 

Kesempatan itu dijadikannya untuk membantu istri mengerjakan pekerjaan rumah. Setelahnya, ia juga memiliki lebih banyak waktu bermain dengan anak-anak. Hal terpenting lainnya yang disyukuri Mujianto adalah dapat selalu berbuka puasa dengan keluarga setiap hari.

“Alhamdulillah yang selalu saya syukuri saat Ramadan adalah saya bisa buka bersama keluarga setiap hari di rumah. meskipun hanya dengan menu sederhana tapi bisa selalu berbuka dengan keluarga menurut saya adalah suatu kenikmatan yang besar,” ujarnya.

Atas kegigihannya tersebut, pada  Selasa (12/4/2022), Dompet Dhuafa memberikan apresiasi kepada Pak Mujianto. Setelah banyak berbincang selama waktu istirahat, tim Dompet Dhuafa kemudian memberinya sebuah bingkisan Parsel Ramadan berisi paket sembako lengkap untuk kebutuhan keluarga di rumah. Apresiasi tersebut datang dari para donatur Dompet Dhuafa yang berhasil mengumpulkan dana untuk mengapresiasi orang-orang gigih seperti Pak Mujianto. 

“Harapan untuk keluarga saya, semoga saya senantiasa diberi kelancaran rejeki untuk anak dan istri, dan semoga selalu diberi kesehatan. Harapan saya sendiri untuk anak-anak adalah yang penting berbakti kepada orangtua dan menyayangi sesama dan menjadi orang yang manfaat bagi masyarakat. Semoga para donatur Dompet Dhuafa selalu juga diberi keberkahan, kelapangan rejeki dan kesehatan,” tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…