Menengok Maldives Versi Indonesia di Maluku Utara, Provinsi dengan Penduduk Paling Bahagia di Indonesia

Oleh : Ridwan | Senin, 11 April 2022 - 12:10 WIB

Pulau Dodola, Morotai
Pulau Dodola, Morotai

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) baru-baru ini menobatkan Provinsi Maluku Utara menjadi provinsi dengan penduduk paling bahagia di Indonesia.

Banyak faktor yang membuat Provinsi Maluku Utara menyandang gelar tersebut, salah satunya adalah Maluku Utara punya destinasi wisata yang disebut Maldives versi Indonesia di Pulau Morotai.

Pulau Morotai, Maldives versi Indonesia

Pulau Morotai merupakan pulau yang ada di Kepulauan Halmahera, Maluku Utara yang dikelilingi 33 pulau-pulau kecil. Pulau Morotai sendiri sudah dikenal sebagai pulau yang memiliki alam dan bawah laut yang indah. Bahkan saking indahnya, Pulau Morotai ditetapkan sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia Bagian Timur melalui Status Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di mana kawasan tersebut dikembangkan oleh PT Jababeka Morotai, salah satu anak usaha dari PT Jababeka Tbk.

Setiap tahun, banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara datang untuk menjelajahi Pulau Morotai dan pulau-pulau kecilnya yang cantik. Tujuannya, agar merasakan sendiri sensasi Maldives-nya versi Indonesia ini.

Tak hanya itu, bahkan saat ini di pulau-pulau cantik morotai telah dijadikan para anak muda atau publik figur untuk healing, selfie, dan bikin konten bersama teman-temannya.

Terdapat 5 pulau yang terkenal di Pulau Morotai, yaitu Pulau Dodola, Pulau Pasir Timbul, Pulau Zum-zum, Pulau Kolorai dan Pulau Kokoya. Semua pulau tersebut telah menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan untuk melakukan jelajah pulau atau island hopping. 

Mau kenal lebih dekati 5 pulau “Maldives Indonesia” itu? Di bawah ini telah terangkum 5 pulau tersebut yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Pulau Dodola

Pulau Dodola merupakan destinasi ikonik di Pulau Morotai. Pulau Dodola sendiri terdiri dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Keindahan Pulau Dodola akan terlihat saat air laut sedang surut. Jika air laut surut, kamu akan melihat pasir timbul yang membentuk jalan dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil, yaitu sekitar 500 meter. Dan pemandangan yang kamu lihat ialah terbentangnya pasir putih yang luas. Saat di sana, kamu bisa bermain pasir, membuat konten video, berenang di pinggir pantai ataupun snorkeling maupun diving.

Pulau Pasir Timbul

Pantai ini sangat unik. Bukan hanya karena pasirnya yang putih yang dikeliling air laut yang biru dan bening. Tapi karena jika dilihat dari atas, Pulau Pasir Timbul seperti kuning telur. Namun demikian, sebenarnya ini ialah pasir pantai di tengah lua yang dikeliling batu karang. Apa saja yang bisa dilakukan di sini? Kamu bisa berenang atau snorkeling untuk melihat berbagai karang yang indah dan gerombolan ikan-ikan karang yang cantik.

Pulau Zum-zum

Pulau ini menyimpan banyak barang-barang peninggalan Perang Dunia II. Itu karena, dahulu, Pulau Morotai dijadikan sebagai Pusat Komando dan Pusat Pertahanan Tentara Amerika Serikat. Oleh karenanya, jejak perang tersebut masih terekam di Pulau Zum-zum. Terdapat patung Jenderal Mc Arthur setinggi 20 meter dengan tulisan "I Shall Return". Patung tersebut dibangun sebagai pengingat bahwa Jenderal Mc Arthur pernah menetap dan mengendalikan pasukannya dari Pulau Zum-zum.

Pulau Kolorai

Salah satu pulau cantik di Pulau Morotai. Di sini, kamu bisa menikmati nuansa pantai yang tenang ditemani deburan ombak dengan air laut berwarna tosca. Kamu juga bisa berenang di laut atau bersnorkeling bersama teman atau keluarga. Pulau Kolorai juga merupakan pulau para nelayan Morotai tinggi yang terkenal akan kehangatan dan keramahannya. Sehingga Anda bisa berinteraksi dengan warga lokal maupun melihat aktivitas para nelayan saat akan pergi ke laut.

Pulau Kokoya

Pulau yang tak jauh dari Pulau Pasir Timbul juga memiliki keindahan yang menawan: pantai dengan pasir berwarna putih dan air laut sejernih kristal. Begitu sampai di pulau ini, kamu akan disambut oleh ribuan ikan-ikan kecil yang berenang bebas di dermaga. Adapun luas Pulau Kokoya kurang lebih 8 hektar dan hanya dihuni oleh satu keluarga nelayan. Kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini ? Kamu bisa berfoto ria, bermain pasir ataupun berenang di pinggir pantai atau snorkeling.

Nah, bagaimana lima pulau di atas menurut kamu? Worth it untuk jadi masuk book list destinasi liburan kamu, kan. Dan jika kamu butuh tour guide untuk ke sana, salah satu rekomendasi yang bisa kamu pilih ialah D’Aloha Resort. Sebab, paket tour dari D’Aloha Resort sudah mencakup semua yang kamu butuhkan selama di sana.

Mulai dari tour wisata-nya, penginapan di D’ Aloha Resort, sarapan pagi/ makan siang/ malam di D' Aloha Resort, antar jemput ke Bandara Leo Wattimena Morotai, transportasi darat dan laut selama wisata, snack lunch box, hingga guide profesional selama wisata.

Atau intinya, kamu tidak perlu pusing mikirin transportasi, akomodasi dan lain-lain, kecuali kalau kamu sudah pernah ke sana. Dan, jika kamu tahu itinerary lengkapnya, silahkan kunjungi di https://www.jababekamorotai.com/dodola-island/.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran eCanter di ajang GIIAS 2024 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:45 WIB

Mitsubishi Fuso Luncurkan eCanter di Ajang GIIAS 2024, Sematkan Segudang Fitur Mutakhir

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) secara resmi meluncurkan truk listrik, eCanter di pasar Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Indonesia menjadi…

(ki-ka) Dida Gardera Deputi II Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Perekonomian, Nasrullah Dirjen PKH Kementerian Pertanian, Budi Sulistyo Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Arya Seta Managing Director PT Napindo Media Ashatama secara resmi membuka penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo Agrotech ke-3, dan Indo Vet ke-4 di JCC Senayan

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:07 WIB

Indo Livestock dan Indo Fisheries 2024 Expo dan Forum Resmi Dibuka

PT Napindo Media Ashatama (Napindo) dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan pameran dan forum internasional Indo Livestock dan Indo Feed ke-17, Indo Fisheries ke-14, Indo Dairy ke-15, Indo…

CEO NeutraDC, Andreuw Th.A.F (kedua dari kiri) saat menjadi panelis dalam perhelatan forum internasional, Batam Interconnect World 2024 yang digelar di Marriot Batam Harbour Bay

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:54 WIB

NeutraDC Ungkap Potensi Ekonomi Digital Batam di Forum Internasional SIJORI

Sebagai wujud komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan, NeutraDC sebagai anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) serta NeutraDC-Nxera Batam turut berpartisipasi aktif…

Direktur Group Business Development Telkom Indonesia, Honesti Basyir (ketiga dari kiri) dan Direktur Utama Finnet, Rakhmad Tunggal Afifuddin (ketiga dari kanan, topi hitam) saat melakukan pelepasan tukik di pantai Nusa Dua, Bali beberapa waktu lalu

Rabu, 17 Juli 2024 - 18:47 WIB

Finnet Perkuat Komitmen ESG Lewat Pelepasan Tukik di Pantai Nusa Dua Bali

Sebagai langkah konkret memperkuat komitmen terhadap praktik Environmental, Social, and Governance (ESG), Group Business Development (GBD) Telkom Indonesia bersama anak perusahan, Finnet, melepas…

LLumar

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:48 WIB

Sponsori GIIAS 2024, JKIND Kenalkan Produk Unggulan Terbaru Bagi Pencinta Otomotif Tanah Air

PT Jaya Kreasi Indonesia (JKIND), penyedia kaca film dan paint protection film (PPF) terkemuka yang berpengalaman lebih dari 40 tahun dan memiliki lebih dari 100 jaringan authorized dealer di…